Kejadian menimpa salah seorang pemakai motor matic datang ke bengkel dengan keluhan oli mesin bocor bahkan mengalir deras ketika motor dihidupkan. Yang punya motor aneh kenapa motornya tiba2 bocor oli mengalir deras.

Kemudian motor dicek oleh saah satu mekanik dan ternyata kebocoran berasal dari crankcase yang bolong disebelah kanan tepatnya dibawah magnet. Pertanyaannya kok bisa ya ?. Di cek menyeluruh akhirnya ketemu juga penyebab crankcase bolong karena terbentur sebuah mur ukuran 12, loch kok bisa ada Mur 12 didalam ruang magnet padahal diruang ini tertutup karena ada kipas mengalirkan udara sebagai pendinginan mesin ke blok mesin (cylinder dan cylinder head). Usut punya usut ini Mur 12 pengikat leher knalpot di lobang exhaust cyinder head. Mur Knalpot masuk ke ruang magnet ?.

CRANKCASE PECAH (2)

Akhirnya mekanik menanyakan ke pemilik motor, sebelumnya motor pernah diapakan/dibongkar, ternyata yang punya motor sehari yang lalu habis pasang knalpot after market sendiri di rumah, nach pada saat melepas dua pcs Mur 12 yang satunya hilang entah kemana dicari nggak ketemu dan diganti Mur 12 beli sendiri.

Dari pengakuan sang pemilik jelas sudah tahu dech… pada saat melepas Mur 12 salah satu Mur-nya jatuh masuk ke ruang magnet melalui cover penutup magnet (lihat gambar dibawah ini).

CRANKCASE PECAH (5)

Mur 12 jatuh masuk melalui celah over jalur pendingin udara dari kipas magnet, lihat celahnya dibawah ini.

CRANKCASE PECAH (6) CRANKCASE PECAH (1)

 

Mur masuk ke ke kipas dan menghantam magnet, karena putaran tinggi dari magnet maka Mur 12 menghantam crankase alhasil crankcase pecah karena hantaman keras dari Mur 12. Lihat gambar magnet dibawah ini ada bekas benturan dari Mur 12.

wpid-aviary_1425952624873.jpg

CRANKCASE PECAH (2)

Nach kalau sudah bolong gedhe gini mau tidak mau harus ganti crankcase assy, nggak mudah ganti crankcase karena ada nomor mesin maka proses inden pesan crankase bisa memakan waktu hingga 1 bulan untuk daerah jakarta (atau dekat pabrik), karena crankcase lama yang pecah ditukar ke pabrik untuk penggantian crankcase yang baru dengan nomor mesin yang lama, crankcase yang lama dilebur oleh pabrik.

Kesimpulannya, hati2 ketika melepas dan memasang knalpot motor matic dengan pendingin  udara karena motor matic dengan pendingin udara posisi lobang jalur pendinginan udara tepat di lobang knalpot, kalau ada benda asing masuk ke celah itu maka akan masuk ke ruang magnet dan bisa bahaya efeknya. Kalau pasang dan melepas knalpot sendiri pastikan Mur/baut yang kita lepas tidak hilang/tidak masuk ke ruang magnet. Kalau nggak terbiasa atau ragu2 lebih baik pasang ke bengkel bayar ongkos pasang nggak bikin kantong jebol kok…

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. The real of “rompal”

    Limbahnya dilebur lagi coyyyy

    The real of “daur ulang”

    Wkwkwkwk

    Itu bahasa bcan fby padahal.

Ketik Komentar Anda