Perawatan motor matic tidak seperti motor moped atau sport karena motor matic butuh perhatian khusus dibagian CVT, motor matic memakai V-Belt sebagai penerus tenaga ke roda yang harus sering dicek karena tingkat keausan V-Belt tergantung dari perawatan dan cara pemakaian alias gaya berkendara kita, kalau kita sering bejek gas sering berakslerasi dengan cepat maka tingkat keausan V-Belt akan lebih cepat pula.

Selain servis ringan yang biasa kita lakukan setiap dua bulan atau 3ribu km sekali dan untuk motor injeksi sekarang mesti service injeksi setiap 10ribu km sekali ada baiknya cek kondisi bagian CVT setiap 6 bulan sekali atau setiap 10ribu km sekali. Penggantian V-Belt memang dianjurkan maksimal sampai 25ribu km saja namun sparepart lainnya seperti roller dan greas (pelumas) tetap harus dicek secara berkala karena roller bagian part didalam CVT yang paling mudah aus. Jangan sampai roller sudah hancur baru diganti baru ( seperti digambar bawah ini) kalau roller sampai hancur maka sparepart lain juga akan mudah mengalami keausan terutama V-Belt yang kerjanya jadi lebih berat.

ROLLER

Selain mengetahui kondisi roller dan v-belt, service cvt secara rutin untuk mengetahui kondisi seal2 yang sudah bocor karena kalau seal bocor maka grease atau pelumas akan keluar dan bisa bikin selip v-belt dan tenaga pun loyo dan part yang seharusnya dilumasi grease bisa aus karena pelumasnya berkurang dan habis karena bocor. Lhat penampakan part yang sealnya bocor, grease pada keluar.

Ini pully belakang

V BELT PUTUS (4)

Ini pully depan

V BELT PUTUS (1)

Jadi servce rutin CVT setiap 6 bulan sekali untuk mengecek kondisi part2 cvt, pemakaian V-Belt maksimal 25ribu km, ingat…!!! maksimal pemakaian 25 ribu km jadi di kilometer 20ribu juga bisa sudah harus ganti v-belt karena tergantung cara pemakaian.

V BELT PUTUS (5) V BELT PUTUS (3) V BELT PUTUS (2)

22 KOMENTAR

  1. Waduh, sampe berantakan. Ni yg punya cuma bisa numpak or bawa doang ky’y, semoga nti’y yg punya motor lebih baik lg dalam merawat motor.

    Sip lah info’y, peringatan buat yg punya motor supaya dirawat baik2.

  2. v belt mio smuli 2009 ku ganti di 38rb km untuk pemakaian 4 tahun, itu pun waktu ganti hanya ada retak sedikit.. cuma ganti v belt saja seharga 75rb sampai km 55rb lebih atau tepatnya 5thn masih bagus saja rolernya, blm ada gejala getar2,

  3. Pernah ngalamin dulu kang di mio smile saya, vbelt haancur lebur kayak gitu padahal baru 2 minggu pemakaian, salah saya juga sih make vbelt bukan dri yamaha. semenjak tu saya kapok make yg non genuinpart yamaha

Ketik Komentar Anda