Musim hujan belum usai, hampir setiap hari diguyur hujan bahkan tak jarang sampai ada yang kebanjiran. Kali ini kang ari akan berbagi info dan tips agar motor kita aman dari guyuran hujan.

Berbekal kejadian dihari sabtu kemarin ada konsumen telp ke bengkel dan minta bantuan karena motornya mogok. Sesuai penjelasan konsumen bahwa motor dipakai terakhir sepulang kerja sudah hampir larut malam, karena mungkin capek atau lupa motor tidak dikerudungin jas hujan motor atau kerudung motor. Pada tengah malam jakarta sekitarnya diguyur hujan sampai pagi, pada saat motor mau dipakai berangkat kerja motor dipanasin dulu dan hidup langsam normal, tetapi begitu saat mau berangkat kerja motor ditarik gasnya dan motor mbrebet tidak mau jalan.

Setelah kang ari datangin kerumah konsumen tersebut bersama mekanik kang ari,motor kita cek terlihat ada air di lubang selang box filter udara, weleh2…tanda2 air masuk karburator. Langsung saja karburator dibongkar di TKP dan benar sekali isinya air didalam karburator.Yang jadi pertanyaan kenapa air bisa masuk ke karburator karena motor tidak kemana2 setelah terakhir dipakai.

kup mx kehujanan (3)kup mx kehujanan (2)

Setelah cek & ricek disimpulkan bahwa motor diparkir tepat dibawah guyuran air hujan yang turun dari atap genteng. Saat terjadi hujan lebat maka guyuran air hujan dari atap menjadi besar karena motor tepat dibawah guyuran air maka motor seperti kebanjiran,air masuk keruang filter udara dan masuk ke karburator,guyuran air hujan dari atap bertekanan lumayan tinggi makanya air mudah masuk ke karburator lewat lubang pernafasan dan box filter.

kup mx kehujanan (1)

Kejadian seperti ini sering terjadi pada motor2 bebek dan motor sport, contohnya kejadian diatas terjadi pada motor jup.mx yang cover penutup karburatornya ada lubang kisi2nya sehingga air mudah mengguyurkarburator.Untuk motor sport air bisa masuk lewat tutup tangki seperti kejadian di motor cb150r yang dulu pernah rame diberitakan,dari tutup tangki yang murah sampai muahal pasti ada lubang pernafasannya terutama tutup tangki tipe jendhol,nach lewat lubang inilah air bisa masuk terutama air yang bertekanan tinggi begitu juga tutup tangki yang rata air bisa masuk ke tangki jika lubang pembuangan ditangki/over flow tidak sanggup menamupng luapan air .Motor matic dan bebek juga tidak tertutup kemungkinan air bisa masuk lewat lubang tutup tangki,jika guyuran air bertekanan tinggi secara terus menerus mengguyur jok bagian belakang kemudian air masuk kedalam jok,kejadian pernah terjadi dimotor mio yang pernah saya tangani juga.

Jadi apa saja yang perlu diperhatikan saat motor kita diguyur hujan :

1.Sedia payung sebelum hujan.

2.Jangan parkir motor tepat dibawah guyuran air dari atap rumah.

3.Saat hujan tiba,motor diusahakan pakai kerudung motor (jas hujan).

4.Untuk motor sport lindungi/tutupi tutup tangki dari guyuran air jika terpaksa parkir dibawah guyuran hujan.

Semoga bermanfaat,

1 KOMENTAR

  1. gara2 masalah itu juga, revo ane skrg di kasih jas hujan tiap pulang kerja, da 3x kabulator masuk air lewat saringan udara .. kirain cacat produksi

  2. biar ga masuk karbuator ini tips paling mudah: lepas karburator dan kemudian pd lubang skepnya plastik.ikat rapat sampai body karburator kmudian simpan dah dilemari.
    dijamin ga bakal kemasukan air hjan meskipun mtr diceburin klam…

    • Wah, ribet bro. Ky gitu mah sekalian aja ga punya motor. ga pusing bensin, servis, mogok, kemasukan aer, …… , dll

    • Waduh, sales oot ga baca dulu langsung nyales aja, tuh honda cb15r jg kena hujan jg ko, yg komen honda revo jg sama. Semua motor jg sama, kebetulan waktu dan tempat’y salah, motor mx ane ga da masalah kena hujan diparkiran terbuka padahal gede banget, klo kejadian ky diatas karena salah parkir, pas dipinggir atap rumah, jd wajar mogok kemasukan aer.

Ketik Komentar Anda