Baru saja terjadi kebakaran sebuh motor di jogja seperti yang dikabarkan bro Awan Sutrisno. Tampak motor terbakar hebat dan dibantu para warga motor ini akhirnya berhasil dipadamkan meski dalam keadaan sudah parah.

motor terbakar2

Banyak penyebab motor bisa terbakar,  mulai dari saluran bensin yang bocor. Saluran bensin ini antara tangki sampai karburator, sering kita temui selang bensin ngerembes bahkan paking karburator ngerembes basah bensin, kondisi ini berbahaya karena takutnya proses penguapan bensin bisa timbul percikan api apalagi ada busi atau kabel koil yang bocor… bensin ketemu api jadilah kebakaran. Konsleting listrik seperti pemasangan accesories kelistrikan pastikan sambungan2 sudah dibungkus dan bahan kabel yang kita gunakan pastikan kualitasnya bagus.

1. Lebih banyak terjadi karena faktor konsleting listrik.

Faktor kelistrikan paling banyak penyebab motor bisa terbakar, yang paling fatal adalah adanya tambahan accesories kelistrikan tambahan seperti lampu box, lampu hazard, lampu led, klakson keong dll, kenapa tambahan accesories bisa mengakibatkan kebakaran ? faktor utama karena kualitas kabel, pasti kabel accesories kecil2 dan tidak kuat menahan beban kelistrikan di motor, kabel tersebut tahanannya kecil sehingga mengakibatkan timbul panas dan kabel terbakar berakibat konsleting dan membakar keseluruh kabel kodi akhirnya motor terbakar.

Hati2 saat memasang accesories kelistrikan, pastikan yang terpasang di motor benar2 aman, jangan tergoda rayuan penjual, semua penjual pasti bilang yang di jual bagus.

Beberapa penyebab kebakaran di motor :

2. Ada kebocoran bahan bakar.

Cek selalu kondisi motor sebelum riding, cek kondisi tangki yang sudah bocor yang biasanya karena karatan, apalagi tangki yang sudah ditambal pakai lem tetap rawan kebocoran, bensin mrembes lama kelamaan netes ke mesin yang kondisi panas dan bisa menimbulkan api. Cek kondisi selang saluran bensin ke karburator apakah bocor atau tidak, jika di sekitar motor timbul bau menyengat segeralah motor di cek bila perlu segera di bawa ke bengkel. Apalagi untuk motor injeksi jika ada kebocoran di selang bensin segera ganti karena bensin di semprotkan dengan tekanan tinggi oleh fuel pump dari tangki menuju selang sehingga selang dalam kondisi ada tekanan jika selang bocor dipastikan akan ada semprotan bensin yang mengucur keluar.

3. Faktor Human Eror.

Human eror disini bisa terjadi karena kesalahan user atau faktor kecerobohan orang lain, misalkan karena saat tutup tangki terbuka sampeyan sambil merokok dan ada uap bensin menyambar api rokok dan terjadi kebakaran dll. Keasalahan mekanik karena service motor sambil merokok…( sudah kejadian dan kondisi mekanik luka bakar tingkat 2 dan motor ikut terbakar habis bahkan nyamber ke motor lain).

 

Semoga kejadian menjadi peringatan buat kita semua agar selalu berhati2 selalu waspada cek & ricek kondisi motor kita agar kejadian seperti ini tidak terjadi pada kita.

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda