Yup, musim hujan sudah datang dan sudah menjadi tradisi di indonesia bencana banjir juga nggak mau ketinggalan. Banjir salah satu momok menakutkan buat para biker, air masuk ke ruang bakar bisa terjadi water hammer alhasil stang piston bisa bengkok, air masuk ke ruang mesin bisa berakibat oli berubah jadi putih susu alias Milky oil seperti yang terjadi pada motor ini.

image

Oli milky sangat berbahaya buat mesin, ketika air masuk ke ruang mesin maka air akan bercampur dengan oli mesin karena campuran air dengan oli inilah timbul milky, Kenapa berbahaya? Oli mesin yang sudah terkontaminasi dengan air maka sifat pelumasannya akan hilang justru akan berkebalikan menjadi bersifat korosif alhasil part2 cepat aus bahkan kalau lama tidak terdeteksi piston bisa ngejem alias macet, motorpun harus turun mesin.

Kalau kita habis menerjang banjir sampai mesin tenggelam maka pastikan air tidak ada yang masuk caranya mudah kok, motor dalam posisi standar tengah /berdiri Kemudian lepas tutup oli yang atas Kemudian dilihat apakah warna oli masih normal atau sudah berubah putih atau kecoklatan. Kalau warna oli sudah putih atau coklat segeralah kuras olinya. Untuk motor yang memakai filter oli jangan lupa sekalian diganti karena filter oli pasti ikut kotor, bisa dilihat contohnya gambar diatas. Mau tahu cara kuras oli yang sudah terjadi milky? Klik disini

aripitstop.com/2014/06/16/musim-hujan-dan-banjir-datang-awas-oli-mesin-jadi-milky-plus-cara-kuras-oli-mesin-yang-milky/

Semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

  1. Itu lagi bikin kopi susu, minta dong, wkwkwk.

    Klo bisa max dibawah lobang knalpot klo mo terabas, lebih dari itu puter balik cari jalan alternatif

Ketik Komentar Anda