presentasi yamaha nmax (6)

Baru dapat link video TVC yang dikeluarkan oleh yamaha berupa Yamaha ”NMAX Engine Presentation”, video yang berdurasi 3 menit ini menjelaskan secara singkat keunggulan dari mesin yamaha NMAX.

Secara singkat video ini menjelaskan keunggulan dari jeroan sang maxi scooter,

presentasi nmax

Increasing combustion efficiency

presentasi yamaha nmax (8)

Untuk meningkatkan pembakaran yang maksimal yamaha NMAX memiliki kapastias ruang filter udara yang besar sehingga pasokan udara yang disalurkan ke ruang pembakaran bisa semakin maksimal.

presentasi yamaha nmax (9)

Terlihat dimana injektor menyemprotkan bahan bakar yang kemudian dicampurkan dengan udara yang masuk dari ruang filter udara setelah diatur oleh throtle bodi, kemudian campuran bahan bakar ini masuk melalui bukaan klep intake yang kemudian di kompresikan oleh gerakan keatas piston disaat keempat klep menutup dengan sempurna maka terciptalah kompresi campuran bahan bakar yang sempurna sehingga terciptalah pembakaran yang bagus setelah busi memercikkan api.

presentasi yamaha nmax (1)

Selain itu motor ini juga telah dilengkapi dengan VVA (variable valve actuation) yang bekerja meningkatkan performa motor setelah mesin berputar 6000 rpm.

vva nmax (1)

VVA memiliki dua profil cam yaitu low speed cam dan hig speed cam, low speed bekerja ketika mesin dibawah putaran 6000 rpm seperti halnya motor lainnya, nach bedanya ketika mesin berputar diatas 6000 rpm maka sistem VVA bekerja mengaktivkan profil cam high speed cam, saat sistem ini bekerja akslerasi motor serta power meningkat bisa dilihat dari grafik dibawah ini.

vva nmax (2)

 

Increasing cooling efficiency

Yamaha NMAX memakai sistem pendinginan air radiator dimana radiator ditempatkan disebelah kanan mesin tepat di samping rotor dimana di rotor terpasang kipas sebagai pendingin air radiator.

presentasi yamaha nmax (7)

Jalur sistem pendinginan di NMAX berbeda dengan yang lain, untuk mempercepat pemanasan di mesin air radiator hanya berputar di water jaket yang terletak di cylinder dimana air radiator diputar oleh kipas pompa radiator untuk bersirkulasi di water jacket, jika suhu mesin sudah panas dan mencapai titik suhu tertentu maka katup thermostat akan terbuka sehingga air radiator mengalir ke ruang radiator.

presentasi yamaha nmax (2)

Setelah katup thermostat terbuka dan air radiator mengalir di water jacket maka air didinginkan melewati radiator yang dibantu pendinginannya oleh kipas di rotor, sehingga air radiator yang kembali ke water jacket cylinder sudah mencapai suhu normal.

presentasi yamaha nmax (3)

Dengan Diasil cylinder dipadu dengan forged piston yang minim gesekan ikut berkontribusi dalam mendinginkan mesin.

Reducing power loss

Untuk mengurangi daya yang hilang maka di motor NMAX juga dicangkokkan roller rocker arm dimana rocker arm minim gesekan efek dari putaran roller.

 

presentasi yamaha nmax (4)

Offet cylinder untuk mengurangi kekuatan dorongan dari piston terhadap dinding silinder. Offset cylinder adalah posisi piston dan setang piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as. Manfaatnya, ketika langkah usaha atau kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Piston dan setang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder secara berlebih.

presentasi yamaha nmax (5)

Monggo dilihat videonya,

via hp klik disini.

10 KOMENTAR

  1. kang Ari mw tanya, itu pinnya bisa ketarik dan masuk kan pake selonoid. apakah selonoid jd kyk magnet atau apa?kalau pinnya menyatu ke selonoid kn gerakan klep naik turun sedangkn selonoid kn diam bsa patah donk itu pin atau pin selonoidnya?

  2. VVA..!!! kereeeeen…
    teknologinya masih 2variable posisi camshaft..
    mungkin suatu saat akan ada banyak variable posisinya, misal brubah di setiap kenaikan 2000rpm..
    ato jangan2 udah ada yah..?? :p

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini