ENGINE CUTTING NMAX (15)

Pada saat peluncuran di sentul kemarin, yamaha juga memaerkan engine cutting dari yamaha NMAX ini. Kali ini saya coba utarakan satu persatu apakah ada persamaan dengan matic yang lain dan apa yang berbeda.

ENGINE CUTTING NMAX (12)

ENGINE CUTTING NMAX (22)

VVA tekonologi baru dari yamaha yang disematkan di motor matic, VVA bekerja atas perintah ECU setelah menerima sinyal sensor dari CPS ( crankshaft position sensor) ketika mesin sudah berputar lebih dari 6000rpm ECU kemudian memerintahkan selenoid untuk menggerakkan pin dan mengaktivkan rocker arm high speed profil cam, disinilah yang membuat akslerasi atas maupun bawah terasa nampol.( ada ulasan khusus untuk VVA tunggu ya).

ENGINE CUTTING NMAX (13)Yamaha membenamkan o2 sensor seperti di motor injeksi yamaha lainnya, O2 sensor berfungsi mendeteksi sisa hasil pembakaran di saluran exhaust untuk menekan emisi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan karena pasokan bahan bakar yang disesuaikan sesuai kebutuhan. Tepatnya setelah O2 sensor memberikan informasi ke ECU, kemudian ECU memberikan campuran bahan bakar yang ideal sesuai instruksi O2 Sensor. Sehingga gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.Dan alat ini pula yang membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

ENGINE CUTTING NMAX (2)Yamaha NMAX juga dibekali CPS ( crank position sensor) yang salah satunya membaca putaran mesin. Selain itu untuk menentukan timing pengapian dan semprotan bahan bakar dari injektor. Pada bagian luar magnet terdapat tonjolan atau pick up yang bersentuhan langsung dengan CPS yang membaca posisi piston sedang di atas atau di bawah. Tapi CPS saja tidak cukup untuk menentukan langkah hisap dan langkah kerja yang sama-sama memposisikan piston dalam keadaan turun. CPS harus dibantu oleh Intake Air Pressure Sensor (IAPS), karena saat langkah hisap tekanan di intake manifold akan turun.

ENGINE CUTTING NMAX (11)ENGINE CUTTING NMAX (4)Lanjut di Throtle body (TB) di dalam TB ini terdiri dari dua bagian yaitu ISC dan MAQS,

ISC ( Idle Speed Control) bisa dibilang ISC ini berfungsi menjaga idling rpm tetap stabil baik kondisi suhu dingin maupun panas dengan mengontrol jumlah udara yang disuplai ke TB.

Dan yang kedua adalah MAQS yang terdiri dari 3 sensor Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS).

ENGINE CUTTING NMAX (3)Injector yang berfungsi menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar, untuk injector NMAX memiliki 6 lubang.

ENGINE CUTTING NMAX (14)YEIS alias Yamaha Energy Induction System seperti yang pernah ditanamkan di RX King.
YEIS berfungsi menampung sisa udara yang tidak habis tersedot masuk ke ruang bakar yang diputus oleh buterfly di throtle body, sehingga dengan adanya tabung YEIS sisa gas tersebut bisa di simpan sementara yang kemudian pada akhirnya sisa gas tersebut dapat di manfaatkan kembali terutama ketika motor harus berakselerasi sehingga pasokan udara selalu terpenuhi.

ENGINE CUTTING NMAX (19)

Yamaha NMAX berpendingin air radiator yang memaksimalkan proses pendinginan lebih sempurna.

ENGINE CUTTING NMAX (1) ENGINE CUTTING NMAX (10)

Thermostat, berbeda dengan dengan jalur pendinginan air radiator yang ada di motor vixion, jalur air radiator di yamaha NMAX berputar mengelilingi cylinder body melalui water jaket yang dipompa oleh water oumo, jadi air radiator berputar tanpa melewati kisi2 radiator. Air raditor akan masuk kisi2 atau ruang radiator ketika suhu sudah panas dan klep thermostat terbuka. Sistem baru ini berfungsi agar proses pemanasan di mesin lebih cepat.

ENGINE CUTTING NMAX (17)

piston

Yamaha NMAX menggunakan piston mengaplikasi tipe forged piston. Ya, piston tempa yang tahan terhadap kompresi tinggi. Forged piston mengadopsi teknologi motor balap terbuat dari material Alumunium Alloy, dibuat dengan proses cetak Forging / Tempa dengan temperature yang sangat tinggi. Piston ini digaransi oleh yamaha sampai 5 tahun atau 50ribu km sesuai aturan yang berlaku.

cylinder gt125Sedangkan untuk cylindernya menggunakan DiASiL Cylinder (Die-Casting Aluminum Silicon Alloyed) adalah Cylinder body tanpa liner yang mengadopsi teknologi motor balap. Terbuat dari komposisi material Aluminum Alloy dengan Silicon, dengan proses tekanan dan temperature yang sangat tinggi. Keuntungannya kuat, ringan dan anti baret. Pedinginan mesin lebih baik serta tahan lama dan GARANSI 5 Tahun / 50.000 Km.

ENGINE CUTTING NMAX (8)Box filter besar membuat pasokan udara ke throtle body bisa lebih maksimal.

ENGINE CUTTING NMAX (21)

Dengan big pully power yang dihasilkan dari mesin disalurkan ke roda belakang akan lebih ber akslerasi ( artikel CVT akan saya bahas next terpisah ).

NIch posisi nomer mesin dibawah CVT samping baut pembuangan oli mesin.

ENGINE CUTTING NMAX (20)

 

Ini yang baru yaitu fitur pengereman ABS yang dibenamkan di motor matic bahkan dikedua pengereman depan dan belakang. Tampak terlihat sensor ABS.

ENGINE CUTTING NMAX (5) ENGINE CUTTING NMAX (16)

 

1 KOMENTAR

  1. kalo ganti ban ribet kali yee…vario aja ganti ban suka g mau pinggir jalan…onderdil mahal pasti apalagi kanvas rem yg udah abs..

    • dari pada beli mahalan tp dapet teknologi murahan… xixixixixi

      harga onderdil? yakin merk sebelah lebih murah banding teknologinya? xixixixixi

  2. gila ribet juga yak

    komponen ny jg bnyak bner

    oya kang, klo blok vixion yg pecah itu gimana?

    kta warung sebelah bisa nular ke nmax??

  3. Penasaran deh knp Yamaha musti masang YEIS lagi. Secara semua udh integrated electronically di sensor sensor. Menggelitik bingits nih ada YEISnya, krn itu satusatunya hal yg ngga modern di mesin yg modern ini. Bahkan di era 2 stroke YEIS ini udh diganti YPVS. Di RX king YEIS ini posisinya antara karburator sama ruang silinder, gunanya mirip kya di Nmax, tapi kalo di King bukan cm udara tapi udara yg udh bercampur bensin. Nah di Nmax ini justru sebelum throttle body. Emg sih YEIS ini di Nmax punya tugasnya, tapi apakah semua system yg udh sangat modern ini masih perlu ditambahin YEIS lagi? Nah, kalau memang YEIS punya peran yang penting di mesin blue core ini untuk menambah efisiensi, mngkn memang sebaiknya YEIS jg diinstal di generasi MIO M3. Karena YEIS ini di Nmax akan sangat berfungsi di stop and go riding. perhatiin posisi YEISnya ada pas lekukan, jadi sisa udara yg ‘batal’ masuk throttle body sebagian akan terpantul belok ke YEIS. jadi ketika buka throttle secara cepat, udara yg di YEIS akan balik lagi bareng udara dr air filter menuju throttle body. Otomatis jumlah udara besar yg dibutuhkan, lbh cepet terealisasi. cm balik lagi, ini teknologi simple yg jadul bingits cyiiinn..

  4. mntab bos ulasannya ne ane demen,,ngajarin pinter,,kliatan emang canggih tekno vva ini, sesuatu yg baru dan mmng sgt penting,bkn kek yg ono stater senyap enak buat maling,trs idel stop opo kui emng brp sih irit bensinnya???? ga pnting dan hrg mahal kibul2an, nmax ini patut untuk di coba,,dan mmng sgt worthed bgt # ohh ya itu kbr sicakil gmn yah :v mukannya udh ilang blm biru2nya dikamplengi rame2 mslh vva wakkkaakkaka..suruh nulis soal kuliner ajlah 😀

  5. Kalo mburu efisiensi mending kipas radiatornya gausah pake fan yang seporos dengan crank, diganti aja pake electric fan, dijamin lebih dingin & mesin tambah efisien tenaganya gak kurang buat muter kipas radiator

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini