humas polda

Masih ingat dengan kejadian maraknya begal di depok ? pasti lawong masih hot kok beritanya. Yup dua hari yang lalu kelompok begal ini sebagian telah dilumpuhkan oleh para gabungan klub motor di depok tiga orang tertangkap dan telah identifikasi ternyata pelaku berasal dari lampung, kelompok lampung memang sudah terkenal bengis tidak pandang bulu ketika melumpuhkan sang korban tidak ada belas kasihan bahkan tidak peduli korbannya sampai tewas.

Polisi ternyata buka suara soal klub motor tangkap begal ini, polisi beranggapak kalau klub motor ini niatnya baik tapi prosedurnya salah karena harus ada koordinasi dengan pihak kepolisian, kalau tanpa ada koordinasi nanti bisa dituduh main hakim sendiri apalagi kalau sampai begal itu benar2 ditindak dengan kekerasan.

“Niatnya memang bagus. Tapi, proses pelaksanaannya itu ada prosedurnya. Jadi bukan asal tangkap saja, apalagi sampai digebukin. Itu sama saja dengan main hakim sendiri dan telah melakukan pelanggaran,” ujar Kabid Humas

“Boleh saja klub motor ikut mengamankan Depok dari aksi kejahatan, tapi tetap dalam kapasitasnya itu, yakni melaporkan. Dan kalau pun klub motor itu mau terlibat dalam melakukan pengamanan begal, dia harus mengantongi izinnya dulu dari pihak Polres Depok,”

begal

Nach kalau pelaku begal saja sudah bengis seperti itu kenapa masih dikasih hati ya… memang ada benarnya juga sich karena nanti pasti ujung2nya melanggar HAM tapi apakah tindakan beringas ke korban dari si begal ini dikategorikan bukan pelanggaran HAM juga…?.

Intinya pihak kepolisian meminta adanya kooordinasi di kedua belah pihak saja, bagaimana agar daerah di sekitarnya menjadi aman dan nyaman serta tentram. Jika klub motor mau melakukan tindakan harus lapor ke pihak berwenang dulu.

Yang jadi pertanyaan semua orang yang ramai berkomentar di sosmed adalah mereka meneriakkan polisi dinilai lamban karena di depok sudah sering terjadi kejadian begal bahkan sudah siaga 1 tapi masih saja ada begal yang beraksi.

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Percuma lapor polisi, orang polisinya cuma diam di kantor aja begal mana bisa ke tangkap ???
    Polisi cuma keluar kalau ada ” perlu ” untuk razia kendaraan bermotor.

  2. Apa kita yakin polisi bisa menegakkan hukum seadil2nya? Bersihkan dulu POLRI dari oknum2nya…..baru kita bisa percaya….

  3. “kalau tanpa ada koordinasi nanti bisa dituduh main hakim sendiri”
    ====================
    yg nuduh aja yg bego. Dah tau yg namanya klub kan bkn cm satu orang, masak dibilang maen hakim sendiri? Kan beramai2.
    Ngoahoahoa

  4. polisinya aja yg bloon udh d bantu masih aja pake SOP segala…
    polisi sekarang lg di kebiri lantaran ga bsa krrja di media lg anget banget POLRI VS KPK d lapangan klah cepet ama massa..
    coba kalo razia motor pada cepet deh turun kelapangan..
    bukannya ngasih apresiasi malah komentar begitu…

  5. club motor:lapor pak ada maling motor lagi berksi
    polisi:ia akan segera kami tindak lanjuti
    1jam kemudian
    nguing…….nguing…….nit…not….nit not……polisi dateng
    polisi:mana malingnya?!?!?
    club motor:lapor pak sudah kabur,kelamaan nunggu sampean ktanya
    polisi:?!?!?!#@#*#*$@

  6. itu polisi yg ngomong,bininya anaknya/bapaknya diobegal dulu tu biar tau rasanya,untung gk dimatiin itu begal,msh diserahin aja bagus hidup2.

  7. alah alesyann, giliran masyarakat sudah turun tangan bilangnya ngga boleh. Padahal cuma kedok, biar ga kliatan LAMBAN. sori kl ane frontal krn ane sendiri pengalaman motor ilang, lapor polisi, polisi baru dateng 1 jam stlh kejadian, Ga pake seragam, pake sendal jepit, ga olah tkp sama sekali. cuma nyatet2 ga jelas trus nyuruh gw ke kantor untuk bikin laporan. Sebnernya gw males, dan udah ga yakin polisi bisa nemuin lagi tu motor. Tp krn tu motor bpkbny atas nama gw drpd nanti tu rampok make motor gw buat ngga bner nt gw yg kena, akhirnya ane bikin laporan ke kantor polisi. Harusnya ini jadi bahan renungan Pak Pol, Kalo masyarakat sudah mulai turun tangan sendiri artinya apa? Peran Polisi udah dianggap ga ada alias GAK GUNA!

  8. Kalau nunggu Polisi mah kelamaan; suruh isi form dulu, rapat koordinasi dulu, keburu kebanyakan orang yang mati di begal.
    Kalau Polisi tanggap dan responsif kayaknya gak bakalan ada ceritanya rakyat turun tangan deh.
    Menurut ane ini mah kepedulian, respon dari suatu situasi yang mengkhawatirkan. Caranya ya memang begitu.. karena memang tidak dilatih untuk menangani masalah kriminalitas seperti ini ya.. psikologi massa yang bermain. CMIIW

  9. knapa tidak sebelum jatuh lebih banyak korban… masyarakat sudah merasa tidak aman lg.. mungkin tindakan ini lebih baik daripada cma nunggu n lapor.. dengan proaktifnya masyarakat tentu pembegal ini juga mikir2..

  10. takutnya sih ada orang memanfaatkan situasi ini, menghajar orang tidak bersalah dengan alasan itu begal padahal dendam pribadi. atau salah sasaran, dikira begal padahal orang baik.

  11. RONDA…RONDA…BANYAK MAAMFAATNYA, YA KITA KARENA ALLOH JA BANTU POLISI BIAR LINGKUNGAN LEBIH NYAMAN, TENTRAM, AMAN…..YA SIAPA LG KLO BKN KITE2, JADI CARANYA GINI KLO DA BEGAL KITE KEPUNG MUDAH2AN OLEH SEKAMPUNG ATO KOLING KAMPUNG LAIN BIAR GABUNG……KLO BEGAL ITU DPT PINCANGIN, RANTE, BORGOL, IKAT DIPOHON SAMBIL BIAR DITONTON MASYARAKAT BANYAK,, YA KLO MAU SMBIL DIKENCINGIN, LEMPARIN SAMA TAI JA ATO KENTUTIN BIAR MABOK ATO BISA JG SURUH NGANGKUTIN APA KE BIAR MASA PUAS ,……. NANTI LAPOR POLISI………..BARU SURUH BW HUKUM YG BERAT JA BIAR JERA…………

  12. semua itu dilihat dari latar belakangnya,..
    dia tinggal dimana (bukan orang mana),.?
    pasti tidak jauh dari daerah depok + seharus nya warga sekitar / ketua RT harus tau apa pekerjaan mereka, kalau dicurigai ya hub pak polisi,..
    *mikir jangan asal coment yang menjatuhkan kepolisian, bayangin aja kalau gak ada polisi sehari gimana,.? apa ada yang mau nangkep pelaku kejahatan / mengatur jalan / membuat surat stnk/sim / menjaga demo ,.? #karna gak semua polisi seperti yang kalian bayangkan, sebagian hanyalah Oknum,.. BUKAN INSTITUSI nya !!
    #SEKEDAR BERFIKIR PINTAR

  13. lebih baik cari sisa komplotan si begalnya dari pada cari pihak yang membakar begalnya. itu apresiasi warga karena polisi dianggap lamban bertindak, jika begal cepat ditangkap semua & korban dari masyarakat berkurang gak akan terjadi seperti ini. sebenernya polisi kita itu pintar, teroris aja ketangkap yg segitu lihaynya, masa begal gak ketangkep sih. tolong intropeksi internal, kenapa warga melakukan tindakan seperti ini? polisi jangan egois.

  14. Dimana aja ada juga namanya citizen’s arrest. Kenapa Pak Polis bilang harus izin dulu? Lucu sekali, kalu ada polisi bisa di ijinkan secepat itu lebih baik polisi aja yang nangkap kan?

    http://en.wikipedia.org/wiki/Citizen%27s_arrest

    Kalau satpam polisi ngak? Kalau ada yang mau rampok bank apakah satpam ngak boleh tangkap?

    Kalau ada yang rampok warung depan rumah gue apakah saya ngak boleh tangkap kalau bisa?

    Bisalah, bolehlah, didalam hukum juga boleh. Namanya citizen’s arrest.

    Yang penting kekerasan tidak kelebihan. Jelas jelas dari gambar yang tadi, tiga pelaku begal itu, mereka masih kondisi badan bagus. Tulang belum di patahin semua ha ha ha. Dasar genk motor kurang aja!

    Viva la MC yang berani belomba dalam kebaikan!

  15. Anak motornya aja yg kurang pendidikan.
    Mestinya tau sifat polisi indonesia.
    Mustinya datangi polsek setempat, temui komandannya, minta ijin mau membantu.
    Dibuatin deh suratnya…..

    Sekali lagi kita harus paham sifat polisi indonesia ;
    buat surat jgn lupa amplopnya.
    gak ada amplop, 3 atau 4 bulan baru jadi ntu surat.

    prinsipnya : polisi nangkep penjahat atau nggak, toh tetap nerima gaji.
    jadi kita yg harus tau diri menyikapinya.

  16. ane salut ama club motor, 100 jempol buat club motor, ane ktawa aja denger pak polisi ngomong kalo gebugin begal main hakim sendiri :v la terus kalo begalnya, ngelawan ama kita, kita diam aja gitu? mampus dooong ama begal? hadooh negara macam apa ini? masih untung gak dibakar

  17. Ah bullshit…polisi nglarang” tp mereka sndiri kerja nyata minim, klo mang bner” niat basmi begal yakin ga butuh waktu lama, soalnya niat setengah”
    Kcuali kluarga kapolri sndiri kena begal mgkin baru 100℅ gerak

Ketik Komentar Anda