Hmhmhmhm baca status di salah satu grup vixion ada yang nanya oli samping vixion ? akhirnya malah banyak yang bully bukan dilurusin. Yup… ternyata masih banyak yang awam dengan motor yang memakai pendingin air radiator karena motor yang memakai air radiator pasti ada tabung reservoir alias tangki cadangan untuk menampung air radiator cadangan. Nach bagi yang awam tabung ini dikira sebagai tabung oli samping.

selang radiaotr (2)

Salah satu fungsi dari tabung reservoir adalah untuk menampung air radiator jadi pada saat kondisi motor hidup dan sirkulasi air radiator berjalan ketika suhu air radiator panas dan  pressure valve pada tutup radiator sudah terbuka (akan saya jelaskan fungsi tutup radiator di artikel terpisah) maka air radiator akan mengalir ke tabung reservoir, jika kondisi suhu mesin sudah dingin maka akan terjadi kevaluman di ruang radiator alhasil air radiator yang sebelumnya mengalir ke tabung reservoir tersedot kembali ke sirkulasi radiator (radiator).

Oleh karena itu tabung reservoir tidak boleh diisi melebihi dari batas upper karena jika tabung ini kita isi penuh maka dipastikan air radiator akan meluap keluar dari selang pembuangan karena pada saat kondisi suhu mesin panas air radiator mengalir ke tabung reservoir. Cukup isi air radiator di antara upper-lower saja.

tangki recervoir

Di semua motor tabung reservoir mempunyai fungsi yang sama, jadi jangan salah paham lagi ya…

baca juga artikel tentang radiator :

  1. Air Radiator Vixion Meler Saat Kondisi Mesin Panas, Ini Masalahnya…
  2. Seal Jebol Salah Satu Penyebab Air Radiator Vixion Cepat Habis
  3. Air Radiator Vario Harus Ganti Setiap 10.000km, Monggo dikuras Yuk…

20 KOMENTAR

  1. tanya, kang..
    kalo kuras radiator, yg diservoir wajib diganti juga gak?
    meskipun warnanya masih bagus (blum kesedot)?
    ada expirednya kah?
    eman, je.. hehe..

  2. kang, 3 hri lalu habis kuras air radiator. pas isi ulang, ketinggian di resevior hampir mendekati batas upper dalam keadaan mesin panas habis servis plus perjalanan. tadi pagi ngecek di resevior air udah turun di tengah2 batas uper lower, mesin keadaan dingin. itu normal apa ada kebocoran ya kang?

  3. Kalau ninja 150 r, kok ga ada ya selang udara reservoirnya? Dari radiator cma ada satu selang lngsung ke tbung resevoirnya.

Ketik Komentar Anda