Yup, berawal dari pertanyaan yang ditujukan ke saya saat mengganti oli mesin motor teman saya, dia bertanya “kok bak mesin nggak disemprot angin? nanti masih ada oli bekas yang tersisa di bak mesin.

Kenapa saya buang oli mesin tidak saya semprot? Begini… Saya jelaskan singkat saja, jadi yang namanya oli mesin habis kita pakai apalagi sampai lebih dari 2.000 km pasti oli mesin banyak kotoran alias gram gramnya biasanya ada pula kotoran yang mengendap di bawah bak mesin apalagi kalau kampas kopling mulai aus maka kotoran yang mengendap jadi satu dengan oli mesin semakin banyak. Nach kalau pada saat kita buang oli pasti ada kotoran didasar bak mesin yang nggak bisa ikut keluar maka banyak bengkel yang yang menyemprotkan angin bertekanan atau angin kompresor lewat lubang tuang oli atau bak kopling, pada saat disemprot itu bahayanya karena kotoran yang mengendap akan bertebaran ke kemana2, fatalnya kalau kotoran ini terbang atau loncat menempel ke part yang bergesekan seperti piston, bearing dll alhasil kotoran yang menempel akan merusak atau akan bikin baret komponen vital ini. Di bak mesin ada filter oli yang banyak endapan kotoran Nach… Bayangkan kotoran itu disemprot maka kotoran akan menyebar kemana2 toch….
Makanya dari dulu setiap ganti oli mesin saya tidak pernah semprot pakai angin bertekanan. Lalu bagaimana cara buang oli mesin?

image

Untuk buang oli mesin yang lobang oli tepat dibawah bak mesin alias crankcase cukup buka baut lobang oli dan diamkan saja sampai oli mesin tidak menetes biasanya sekitar 10-15 menit saja jika sudah tidak ada tetesan oli baru bautnya ditutup kembali.

image

Untuk lobang pembuangan oli yang letaknya di samping bak mesin, buka bautnya tiriskan sampai oli mesin tidak mengalir lagi Kemudian motor dimiringkan ditahan cukup 1-2 menit saja, setelah itu tutup kembali bautnya.

image

Simpelkan…. Pegel juga ngetik dan ngedit gambar via Hp,
Semoga berguna… Bagaimana pendapatnya kang bro?

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. KALAU GAK BURU2 BIARKAN DITIRISKAN SEMALEMAN,BARU BESOK PAGI DIISI OLI BARU,TAPI JANGAN SAMPAI LUPA NGISI OLINYA YA,BISA MBRODOL TUH MESIN…

  2. sama kalo disemprot pake kompresor ada unsur air dalam tekanan angin yang masuk ke bak mesin walau dikit tetep aja ada unsur air yang masuk. hehe

  3. hahaha…. liat donk honda ganti oli pake solar trus ganti lagi pake minyak goreng bekas yg sudah disaring… ga ada masalah….
    karena….

    HONDA ADALAH KENYAMANAN

  4. Kalau ane ganti oli malam malam, buka penutup oli nya, kluarkan oli nya trus di biarin sampe pagi2, jd oli turun smua hehehe, ga tau jg cara ini bener atau enggak

  5. Sip, kaya ane. Biasa’y ane ganti oli jam setengah lima pagi, jd oli pd turun semua. Pas udh keluar semua motor dimiringin bergantian sampe ga keluar lg, terus oli difilter dibuang, balikin asal terus isi oli.

  6. memang harus nya di sisain kan . kalo mau kinclong ga ada oli , masukin oli nya harus lebih dari periodik … misal periodik 1 liter , terus 1,2 liter kalo awalan betul ga …

  7. Iya nih bener, waktu saya prakerin/pkl/kerja praktek ato apalah sebutannya, saya pernah dibilangi mekanik “jangan disemprot, kompresornya ada airnya”

Ketik Komentar Anda