Singkat cerita bro Bayu Yudo Bhaskoro mengunggah status di grup p2ns, dia mengeluhkan tunggangannya timbul bunyi nglitik ”tik tik tik” setelah dia cek ternyata sumber noise tersebut berasal dari percikan api yang ada di busi. Kok bisa busi memercikkan api diluar ? kan seharusnya didalam ruang bakar.

Ada tiga faktor yang menyebabkan ada percikan api diluar ruang bakar :

  1. Kebocoran dari busi
  2. Kebocoran dari Kepala busi
  3. Kebocoran dari ignition coil (koil)

konstruksi-busi

1.Faktor Busi.

Motor bro Bayu Yudo Bhaskoro insulatornya atau keramik businya mengeluarkan percikan api tentunya ini sangat bahaya karena jika ada kebocoran bensin maka akan terjadi kebakaran di motor. Insulator yang biasanya berwarna putih ini membungkus resistor yang mengalirkan aliran listrik yang sangat besar sehingga aliran listrik tidak bocor keluar. Kalau insulator ini pecah atau retak maka akan ada kebocoran aliran listrik sehingga timbul percikan api diluar busi atau di luar ruang bakar. Seperti yang terjadi pada motor bro Bayu Yudo Bhaskoro (gambar terlampir dibawah) ternyata keramiknya retak, kenapa insulator atau keramik ini bisa pecah ?

  1. Faktor umur, biasanya menimpa pada busi yang sudah 1-2 tahun lebih karena sering mendapatkan tekanan saat melepas dan memasang busi sehingga daya tahan keramik semakin berkurang.
  2. Faktor yang kedua karena tekanan yang berlebih pada saat kita mengencangkan busi, jika torsi yang kita pakai terlalu besar saat mengencangkan busi maka keramik akan mudah pecah atau retak.
  3. Faktor kesalahan / kekurangan produksi, yang namanya buatan manusia pasti ada yang tidak sempurna

busi retak

2.Faktor Kepala busi

kepala busi

Part yang biasa disebut cop busi ini mempunyai peran yang  vital terutama untuk menghantar arus listrik dari koil. Di pasaran, tersedia beragam kepala busi. Termasuk, bahan yang dipakai. Mulai dari logam atau besi biasa hingga tembaga untuk resistannya sedangkan untuk pembungkusnya biasanya dari bahan plastik dan karet. Tapi, dari dua bahan yang disebut ini, tembaga merupakan bahan penghantar terbaik. Jadi, arus listrik dari CDI yang diteruskan ke koil dan busi tetap konstan dan stabil.

Kepala busi yang tidak standar rentan akan kebocoran karena pembungkus resistan yang digunakan tidak kuat menahan arus listrik yang besar sehingga timbul percikan api dari kepala busi, faktor kepala busi retak bahkan pecah juga sangat berpengaruh.

  1. Faktor Ignition coil

koil

Ignition coil atau koil sering kita jumpai mengeluarkan percikan dari kabel koil yang panjang, kabel koil ini jika menempel atau jaraknya terlalu dekat akan timbul percikan api padahal seharusnya tidak bisa mengeluarkan percikan api. Kabel koil bisa menimbulkan percikan api karena faktor kualitas pembungkus kabel koil yang bisanya terbuat dari karet. Makanya sering kita lihat koil yang dililit pakai selotif atau solasi yang berfungsi mencegah adanya loncatan api dari koil.

bungkus koil

Jadi jangan sepelekan saat pemasangan busi karena jika terlalu kencang maka keramik mudah retak atau pecah, pemakaian kepala busi dan koil diluar standar juga sangat pengaruh. Semoga berguna…

17 KOMENTAR

  1. pernah alami keramik pecah, di skitar tugu perbatasan kartasura – boyolali, tengah hari panas2, pas puasa, dorong motor 1 km-an cari bengkel/toko sparepart, akhirnya puasanya jd bolong, krn gk kuat nahan panas, dehidrasi.

  2. Klo yg di solasi terakhir itu mah biar air gak masuk oms, chop busi fu rentan banget kemasukan air ?
    Cuma klo motor lain mungkin yg kayak oms tulis

  3. anu….mas..jhe…he…busi mx motor ane susah hidup, jd sy ganti busi baru,….motor hidup ok,…cuma ketika ane cek tutup businya dengan test pen,..koq ada arus masuk shgg test pennya nyala git….kira2 ku naon ya…..?…

Ketik Komentar Anda