Rantai cepat kendor biasanya karena kurang pelumasan terutama di musim hujan pelumas rantai cepat kering karena terguyur air oleh karena itu dimusim hujan disarankan untuk lebih sering cek kondisi rantai karena rantai juga jadi cepat kendor.

Penyetelan tidak sekadar mengencangkan atau mengendurkan rantai, tetapi juga mengatur pengunci pin sambungan serta membersihkan kotoran atau debu yang menempel. Sangat disarankan untuk melakukan penyetelan rantai ini setiap motor telah berjalan 1.000 kilometer. Periksa tingkat ketegangan rantai! Sebaiknya di posisi 2cm. Untuk mengetahui ukuran tersebut, dapat dilihat di mal atau garis standar yang ada di penarik rantai di ujung bawah shockbreaker roda belakang. Ukuran jarak atau tingkat kekencangan juga bisa dilihat dari stiker yang ada pada tutup rantai roda.

semut rantai

Pelumasan juga sangat penting untuk diperhatikan, disarankan memakai pelumas khusus rantai atau chain lube, bagaimana dengan pelumas lain seperti oli dan minyak sayur ? untuk pelumasan dengan oli atau gemuk efeknya akan mudah menempel kotoran sehingga rantai tampak seperti kotor karena kotoran mudah menempel. Dengan minyak sayur ? saya sarankan tetap chain lube meski banyak yang bilang kalau pakai minyak sayur kondisi rantai jarang cepat cendor, tapi efek kalau pakai minyak sayur buat melumasi rantai akan seperti motor ini juga…ada ada saja motor dikerubungi semut, hehehe… semutnya tinggal dikumpulin untuk di sate, hahaha…

Baca juga :

Tips Mudah Merawat Rantai Motor

Ngeri…! Video Motor Crash Karena Rantai Lepas…!!! Pentingnya Merawat Rantai

Mudahnya Setel Rantai New Jupiter MX

Crankcase Pecah Akibat Rantai Putus

1 KOMENTAR

  1. kalo minyak sayur masih baru saya rasa gak akan di kerubungi semut……….
    kui messti JELANTAH mulane di kerubuti semotttt………… gkgkgkgkk sakne

Ketik Komentar Anda