jalan

Pelarangan sepeda motor masuk jalan merdeka barat-sudirman thamrin memicu kekesalan kekecewaan dari berbagai pihak, bukan hanya dari kalangan biker saja namun warga luar DKI juga banyak menganggap peraturan ini aneh dan janggal.

Hari pertama pelaksanaan peraturan ini ternyata masih banyak pemotor yang tidak tahu akan aturan ini alhasil banyak biker yang tetap mecoba melewati tetapi sudah dicegat oleh aparat di setiap ujung jalan. Meski sampai satu bulan kedepan para pelanggar tidak akan ditilang namun baru mendapatkan tegoran saja tapi tetap percobaan yang berujung penetapan ini sudah merugikan banyak biker karena harus mencari jalan tikus, bahkan lahan parkiran dirasa kurang memadai, pemprove DKI belum siap dengan tempat parkir umum.

Bus gratis yang disiapkan juga masih ada kendala karena tersedia setiap 30menit sekali tentunya kondisi sangat merugikan waktu para pekerja yang harus on time. Pemprove DKI tetap memaksa melaksanakan aturan ini tapi harus mengumumkan secara transparan hasil percobaan ini agar semua orang tahu seberapa efektifkah peraturan ini secara gamblang bukan bohongan menipu kepentingan rakyat.

Reaksipun bermunculan selain kemarin adanya konvoi seribu motor sebagai simbol dimana dilaksanakannya aturan ini. Espresi para biker dituangkan di media sosial bahkan hampir 100% biker menolak kebijakan ini. Banyak bertanya2 kenapa rakyat kecil yang cuma mampu beli motor selalu dikucilkan sedangkan yang punya mobil diutamakan, ada pula yang bicara ”kenapa para pejabat yang membuat aturan ini tetap naik mobil pribadi atau kantor padahal aturan yang bikin dia sendiri”.

tolak (1) tolak (2)pelarangan mot

1 KOMENTAR

  1. Nahh ini lagi PARA PAHLAWAN KESIANGAN lg cari dukungan BIAR KATANYA DIBILANG BROTHERHOOD (slogan klise bikers yg gak ngerti arti dan makna, Konotasi atau Denotasi).

    Para bikers lg byk yg SOK JADI PAHLAWAN KESIANGAN, hadeeeeehh…..
    Drpd kaya gt mending demo kasih tau spy para bikers bisa TERTIB RAPI DAN SOPAN MELEBIHI DRIVERS, ITU JAUH LEBIH TERHORMAT. Secara logika Pemerintah buat peraturan spt itu krn salah 1 penyebabnya motor amat sangat susan diatur utk bisa tertib rapi dan sopan. Tp klo motor mau bisa spt drivers gw rasa pemerintah gak akan buat perturan pembatasan motor. Jd gak usah heran klo skr kena IMBAS nya dan jgn PAKAI JURUS PAMUNGKAS BIKERS KRN MERASA BAYAR PAJAK LAH, MENGATASNAMAKAN ORG KECIL LAH, DLL. Klo gak mau bayar pajak motor mending gak usah beli motor, kelakuan dan cara bawa motor dijalan gak tau aturan tp sok2 pake bilang BAYAR PAJAK (GAK MALU ATO EMANG MUNA BIAR ORG2 PD KASIHAN), klo merasa hidup di Jkt serba MAHAL DAN SUSAH LEBIH BAIK JGN MERANTAU tinggal aja di desa atau perosok yg gak ada macet dan biaya hidup jauh lebih murah. Sebenernya org itu sendiri yg bikin susah bukan pemerintah.
    Jd saran gw GAK PERLU JD PAHLAWAN KESIANGAN dgn aksi kepedulian sesama biker yang merasa dirugikan dengan adanya peraturan ini. Ato dgn ikut2 an ini BIAR KATANYA DIBILANG BROTHERHOOD?? BIAR KATANYA DIBILANG NGEBELA SESAMA MOTOR/BIKERS?? Definisi dr BROTHERHOOD BYK BIKERS YG GAK TAU krn tau nya cm PERSAUDARAAN (BROTHERHOOD scr Konotasi atau Denotasi). Mending para bikers intropeksi dulu apakah mayoritas bikers dijalan udah bener dibanding dgn drivers?? Trus klo kelakuan bikers dijalan ditiru jg sama spt drivers hrs nya para bikers gak boleh marah/tersinggung tp fakta dilapangan byk bikers yg marah/tersinggung. Mobil parkir sembarangan lgs para bikers bilang klo mobil bikin macet tp klo ada hujan para bikers SAH UTK NEDUH SAMPAI PARKIR MAKAN JALAN DAN BIKIN MACET TP KLO MOBIL GAK BOLEH. Keliatan dong semua ini ada unsur faktor KECEMBURUAN SOSIAL DAN KESENJANGAN SOSIAL tp ditutupin spy tdk frontal dan byk bikers yg gak mau ngakuin.

    Emang bener sihh klo udah spt ini klo mau BERGAUL DGN BIKERS WAJIB DAN HARUS MAU MERAKYAT, MUNA DAN MAU MERAKYAT BIAR KATANYA DIBILANG PRO KE RAKYAT KECIL DAN DISENENGIN BIKERS. Misalnya mau spt itu apa bisa dpt koneksi kerjaan yg jauh lebih baik dan Halal dr yg sebelumnya?? Setau saya atau secara logika org ingin cari kerjaan atau ingin dpt kerjaan yg lebih baik dr yg sebelumnya harus bergaul keatas utk bisa dpt tempat dan posisi yg jauh lebih baik bukan malah kebawah

    Saya yakin para bikers mayoritas gak terima dgn komen saya krn dianggap KONTRA dgn bikers JD SPY BIKERS MERASA SENENG MARI KITA BUDAYAKAN KOMEN YG BERSIFAT DUKUNG/PRO KE BIKERS. Artinya mari kita BUDAYAKAN KOMEN YG BERSIFAT PRO/DUKUNG BIKERS SPY DISENENGIN BIKERS SAMBIL WAJIB MUNA (DIMULUT BILANG DUKUNG/PRO TP HATI KONTRA BIAR BIKERS2 PD KESENENGAN).
    Komen gw ini bukan sombong tp bersifat nyata kecuali klo komen gw salah boleh lah para bikers tersinggung/marah
    Yukk liat komen2 dibawah gw org2 yg tersinggung, mari kita liat

    • Gak semua biker orang miskin coy. banyak biker yg punya mobil juga. alasan milih motor itu simple bisa nyelip sana sini. lu bayangin klo tuh banyak dari biker bukannya ngikutin aturan yang harusnya parkir motor lanjut bus gratis tapi malah beralih kemobil bukannya malah tambah ruwet? gw yakin alesan mereka sama. angkutan umum yg belum memadai.
      klo punya otak dipake mikir, jgn liat dari satu sisi aja.

    • Bener vroh. Tp masalahnya bukan tentang biker / yg berhubungan dg brotherhood.
      Tp masalah egoisme yg tinggi karena terbiasa & ingin dimanjakan.
      Ane pengguna motor & jg mobil, bahkan kalau weekends naik angkot k kantor.
      Hilangnya budaya tertib, positif, tanggung jawab di Indonesia.
      kalau pemerintahan sekarang buat peraturan yo kita tinggal ngikuti n kalau gk suka silakan bergerak ke gedung DPR karena mereka wakil dari Rakyat.
      Kalau gk bisa ngikutin spt yg d atas. Silahkan diam diri & kerjakan urusan masing-masing aja.
      Ada 3 hal yg bisa bangsa Indonesia bangkit kembali.
      1. Pemerintahan yg menjalankan amanat agama & UU.
      2. Peraturan yg sesuai dg kebutuhan negara Indonesia dan berjalan sebagaimana mestinya.
      3. Rakyat yg mendukung n bergerak membantu pemerintah. Pastinya mendukung dlm hal baik ya.

  2. Klo Pejabat naik angkot itu kemauan dr bikers, berarti para bikers secara tdk langsung KONTRA DGN PEMAKAI MOBIL PRIBADI ini udah menunjukkan KECEMBURUAN SOSIAL dan KESENJANGAN SOSIAL tp knp para bikers gak bisa mikir spt gini, semakin tinggi karier seseorang pasti akan semakin tinggi juga biaya hidup dan pasti butuh suatu rasa kenyamanan bukannya kepanasan dan kehujanan dibela2 in dgn alasan klasik krn macet lah krn biar cepet lah pdhl ininya krn GAK SANGGUP BELI BENSIN UTK BIAYA OPERATIONAL HARIAN. Atau emang para bikers maunya semua org WAJIB DAN HARUS PAKAI MOTOR SPY DIBILANG SESAMA BIKERS?? SPY DIBILANG KATANYA SAMA2 PAKAI MOTOR?? SPY KATANYA DIBILANG PEDULI DGN PEMOTOR, dll. Trus dgn semakin byk nya pemakai motor lgs dikeluarin slogan klasik bikers yaitu BROTHERHOOD gt??
    Gak usah liat terlalu jauh, liat aja disekeliling anda. Mayoritas biasanya orang atau tetangga anda yg karienya sudah diatas pasti gak akan mau susah2 naik motor apalagi Pejabat hrs mau pakai motor, otak para bikers yg gak nyampe atau emang pura2 gak ngerti atau emangasal jeplak atau emang gak punya otak atau emang kebiasaan bergaul kebawah jd nya gak ngerti, hadeeeeeehh….
    Secara logika lg apabila memang merasa gak mampu beli mobil atau beli bensin buat operational sebaiknya PRIHATIN DAN TAU DIRI DAN BERUSAHA BEKERJA YG LEBIH KERAS UTK MENCARI REJEKI YG LEBIH BUKANNYA MALAH DIJALAN YG SOK2 AN LAH, MOTOR DI JLN SUSAH DIATUR LAH, MALAH NYURUH PEMERINTAH YG GAK NGERTI LAH (luar biasa super genius pola pikir bikers, ampun….ampun…..)

    Ato gini aja dehh biar para BIKERS MERASA SENENG DAN MERASA DIDUKUNG…..
    1). Mari budayakan komen yg bersifat DUKUNG.PRO BIKERS DAN KONTRA DGN DRIVERS
    2). Tolak peraturan pembatasan motor
    3). Bikers adalah Pahlawan
    4). Bikers pelopor tertib rapi dan sopan melebihi drivers (panutan)
    5). Otak bikers pinter2
    6). Bikers jadi pahlawan
    7). dll (ada byk bgt)
    Gw bulis komen kaya gini jg pasti byk bikers yg MARAH/TERSINGGUNG, mau gak mau budayakan komen yg BERSIFAT MUNAFIK BIAR DISENENGIN PARA BIKERS DONG 🙂 Bikers gt lohhhh

  3. Masih mencoba berfikir positif saja, semoga ke depannya ada aturan yang mengarah ke semua kendaraan pribadi dibarengi revolusi kendaraan umum, biar pindah ke kendaraan umum. Tapi mbok ayo ta, buat aturan jangan yang cuma tajam ke bawah tapi tumpul ke atas kanan kiri depan belakang. Patung mbak mbak di pengadilan itu aja timbangannya bisa seimbang walaupun matanya ke tutup kain bukan kacamata reiben.

  4. Suruh AHOK keluarin aturan semua pejabat pemerintah wajib naik Busway atau angkot. Gak boleh naik mobil, baik pribadi maupun mobil dinas. Kecuali yang bawa mobil operasional pemerintahan. Ahok duluan yang kasih contoh !!! Wani, piro Hok?!

  5. Dari kemarin liat komen di sosmed dan blog banyak bener yg angot, persoalan pelarangan motor lewat jalan protokol yg diprotes karena mencederai rasa keadilan (jangan lupa jalan dimaksud tadinya punya jalur yg khusus untuk motor tapi pelan2 di hilangkan karena termakan jalur TJ dan MRT) direduksi jadi motor vs mobil, kaya vs miskin….gak banyak yg mau mikir kalau aturan pelarangan dibuat sebenarnya bukan karena masalah disiplin dan celaka tapi karena motor gak bisa dikenakan ERP karena di aturan pemerintah pusat sebelumnya kendaraan umum dan motor dikecualikan dari ERP. Mau motor dilarang pelanggaran lalu lintas mah tetap ada sob, bukan karena jenis kendaraannya tapi karena kelakuan pengendaranya…udah pernah liat mobil bertahun-tahun ngerampas hak pejalan kaki dengan santai lewat parkir berjam-jam diatas trotoar? Tapi kenapa motor yg disorot pas pecicilan di trotoar? Soalnya situ bisa langsung maki-maki yg bawa motor pas lewat….coba kalau mobil elu mau marahin pas parkir….tungguin aja sampai yg punya selesai, itupun kalau yg bawa yg punya, ketemu2 malah sopir atau pengawalnya…elu yg digebok. Gue itu bawa motor, tapi juga pake sepeda, seneng jalan kaki, dan punya mobil juga, bertahun-tahun naik kendaraan umum dari berbagai moda. Gue juga pernah marahin pengendara motor gara2 naik ke trotoar, karena galakan dia ya gue lawan pake penggaris besi kalau gak mau turun ke jalan. Gue dukung Ahok jadi gubernur buktinya jalan di depan rumah gue dibenerin ya karena gue sms dia respon. Tapi soal pelarangan ini maaf gue gak dukung karena aturannya sama brengseknya sama pengendara motor yg pecicilan dan nyolot. Masih banyak cara lain untuk mendisiplinkan pengendara motor sob dan ingat gak semua pemotor pecicilan dan gak mikirin safety. Kenapa gak bikin aturan kandangin motor, kenapa gak sistem tilang elektronik, jaman udah teknologi tinggi masa masih bikin aturan model orde baru…..kali ini maaf Ahok gak keliatan pake pikiran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini