bohlam3

Mlumah tenan ki, TMC polda metro jaya sudah memastikan bahwa pihaknya akan menilang motor yang memakai lampu halogen karena menyilaukan pengendara lain dan bisa membahayakan. Memang disalah satu sisi pemakaian lampu halogen ada yang menyilaukan terutama untuk bohlam yang dijual selain produk bawaan motor, contohnya mobil…seabrek tuch pakai halogen bahkan motor juga ada beberapa yang pakai halogen dari bawaan pabrikan.

Yang dimaksud oleh pihak kepolisian adalah lampu halogen non pabrikan alias bukan bawaan motor, memangnya polisi bisa bedain ya? saya rasa minim pengetahuan tentang spek motor dech…

Dan beberapa hari yang lalu pihak motorplus menanyakan hal ini ke pihak kepolisian ;

Motorplus-online.com sempat kaget waktu membaca kicauan di twitter @TMCPoldaMetro,yang menginformasikan soal berita penilangan pada motor yang menggunakan lampu Halogen. Tak beberapa lama, ada pembaca menginformasikan hal yang sama sambil berkata antara bingung dan berusaha memahami.

Nggak pakai lama, motorplus-online.com pun langsung mengonfirmasikan seputar hal itu dengan AKBP Hindarsono, Kabaggakkum Polda Metro Jaya. Beliau mengakui kalau penilangan tersebut memang benar dilakukan aggotanya, tapi terhadap motor-motor yang menggunakan headlamp menyilaukan. Karena lampu model seperti sangat membahayakan buat pengendara lain. “Bikin celaka pengendara motor lain,” jelasnya.

Ia beralasan, sesuai UU no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan jalan raya, penggunaan lampu yang menyilaukan melanggar UU tersebut. Walau sudah dijelaskan perbedaan antara Xenon, HID dan halogen, serta LED, ia tetap berpendapat bahwa penggunaan lampu di luar standar pabrik melanggar aturan.

Loh, sekarang ini beberapa pabrikan motor malah sudah pakai halogen, Pak..? (www.motorplus-online.com)

uu-no-22-tahun-2009

Yup…UU no 22 tahun 2009, untuk lebih jelas mengenai pasal ini bisa baca (klik disini).

Berdasarkan pasal diatas maka buat siapa yang hendak melakukan modifikasi atas kendaraan bermotornya, diwajibkan untuk memiliki izin atas modifikasinya sebagaimana dipersyaratkan dalam UU No.22/2009 dan PP No.55/2012.

Jika modifikasi dilakukan tanpa memiliki izin, maka berdasarkan Pasal 277 UU No.22/2009 pihak yang melanggar dapat dikenakan sanksi pidana berupa pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta Rupiah).

Siap2… dipenjara 1 tahun nich…

59 KOMENTAR

  1. Di PCX terbaru, lampu LED sudah digunakan pada headlamp, lampu sein, lampu senja, serta pada lampu rem belakang yang terpisah dengan sein.

    Pada tahun 2015 nanti, mobil BMW justru mulai gunakan lampu LASER.

  2. Di eropah penggunaan bohlam pijar sbg lampu utama udah dilarang kecuali buat ternak ayam. Kebalikan dgn indonesia. halogen yg dilarang, indonesia memang unik (kamsudnya : terbelakang). Memang bener pengetahuan polisi ttg otomotif sangat amat minim, maklum ga ada pendidikan otomotif di akademinya, jadinya bikin peraturan ya beginilah, aneh2…. mungkin urusannya duit kale ya.

  3. *benahi dulu ah fasilitas penerangan jalannya supaya kendaraan tetap pakai lampu standar pabrik..
    *pabrikan kendaraan pastinya jg dpt brkoordinasi dgn ahli2 kelistrikan, kepolisian, dinas PU, dll yg brkaitan tentang standar & keamanan penerangan jln raya.
    *peraturan & UU ditegakkan agar terjadi ketertiban & jgn samakan dgn hukum Tuhan sesuai porsinya & tidak pandang bulu..
    *dll yg mgkin pengendara/biker lain dpt tambahkan..
    *peace & keep riding safety..

    • nah, setuju banget tuh, apalagi ane ini sbg night rider sllu pulang malem, sepanjang jalan gak seluruhnya terang, masih banyak yang gelap, belum kalo ada lobang2an….gimana tuh, tadinya mau ganti luxeon pake shroud projie jd maju mundur (galau) nih takut di kerjain pocis iseng…ckckck ada pencerahan??

  4. mobil g ditilang? padahal lebih silau mobil daripada motor? trus klo modif harus minta izin? ku yakin pasti jadi lahan pungli ni..

  5. HID mungkin kang. yg silaunya minta ampun. antara tidak tahu apa oon yg pake lampu menyilaukan itu. diblognya mazped.com sudah dijelaskan kalo HID wajib pake projector..

  6. Nggak usah banyak aturan pak polisi, kalo mau ditindak dan memang menyalahi aturan ya pabriknya aja ditutup yg memproduksi bohlam yg menyilaukan.. gampang kan lgsg berantas akarnya .

    Jgn membuat aturan se olah2 abu2 guna cari celah lahan basah…

    Dan polisi kan lbh pinter deh ya kayaknya…..

  7. Satu lgi pak polisi, kami para bikers bayar pajak mahal, tolong donk kalo halogen atau semacamnya yg dikatakan menyilaukan dan mengganggu ya dipsang aja di lampu penerangan jalan biar terang benderang kayak sirkuit balap dan dijamin pasti kendaraan ga bakal pakai lampu….

    Dan dapat mengindari juga dari aksi kejahatan bukaaannn?…..????!

    Hayo coba dipikirkan, karepmu piye pak pol?….

    Ojo yg macem2 dah aturan2nya….

  8. Berdasarkan pasal diatas maka buat siapa yang hendak melakukan modifikasi atas kendaraan bermotornya, diwajibkan untuk memiliki izin atas modifikasinya sebagaimana dipersyaratkan dalam UU No.22/2009 dan PP No.55/2012.

    termasuk modifikasi yaitu merubah ukuran ban standar dengan lebih besar (gambot) / kecil(cacing)..custom kenalpot..pake kondom tangki ..lampu sein /stop/senja pak led..

    lah yg pake toa ama srtobo aja didiemin..

  9. kayaknya harus minta surat keterangan dari pabrikan ni kalo lampu halogen ad yg standar bawaan.kalo g y pokoke tilang,debat dikit alasane mempersulit kerja petugas,50 ah 20 ewu ae r ikhlas.

  10. mungkin maksud pak kumis HID . itu lhooo yg bikin pedih mata kl ber papasan,apa lg di pake buat lampu jauh hadeeeehhh

    kl halogen, motor ane jga udh pake dr sononya …
    uwalah kumisss kumiss

  11. Peraturan gebleg. Nanti nya pasal ini akan dijadikan ladang uang bagi pihak kepolisian. Ayo mau damai ato penjara setahun. Wkwkwkwkwk

  12. Edan tenan pakai halogen d tilang, di modif dikit di tilang,, wakakak smakin banyak aturan smakin banyak di langgar ,,,

  13. Motor y motor siapa kok harus izin sm pak polisi dlu mau modif motor..
    Emg tu motor pak polisi yg ngasih sm kita, pke izin2 segala..

    Peraturan di Indonesia smkin lm smkin aneh aj..
    Klw mau bkin praturan tuntaskn dlu polisi2 yg suka mkn duit haram..

  14. Peraturan aneh.. Gak nyambung yang bikin ni peraturan, yang wajib di tilang itu yang lampu belakangnya putih, itu benar membahayakan pengendara yang lain.. Bukan lampu utama.. Pekok.

  15. weleh -_- bukannya skarang kbanyakan pabrikan pake lampu halogen ya? hmm harusnya tu yang pake lampu putih yang bikin silau pengendara -_- klo halogen sih ane rasa masih biasa aja :v selama pengendara gk iseng nge dimm :v >.< silau menn

  16. ban kecil ditilang (sudah jarang pakai ban kecil (misi berhasil) jadi gak ada pemasukan) sepion 1 atau kecil di tilang (sudah jarang pakai sepion kecil dan kbnyakan sudah 3 jari (misi berhasil) jadi gak ada pemasukan) kenalpot doar doar (skrang sudah jarang yang pakai (misi berhasil) jadi gak ada pemasukan) cari cari lagi larinya ke lampu (misalkan ada ibu2 gak tau apa2 di karenakan setingan lampu motor baru yg pake HID ke atas dan menyebabkan silau ditilang 24 juta.. pingsan lah…)…. o0o para calon calon penghuni neraka…. gak habis pikir… ingat pak pol banyak doa yang tertuju padamu… anda skrng justru menjadi musuh warga bukan lagi pelindung warga. semakin anda membuat susah warga semakin susah anda masuk surga kwkwkwkk./.

  17. Modifikasi harus pake izin? Modifikasi kaya apa dulu nich? Masa pake box, pake windshield, pake handguard dll harus ada izin dulu…gazebo nech sama kaya penggunaan knalpot aftermarket.

  18. Memang benar jika berpapasan dengan lampu motor yg menyilaukan sekali itu sangat berbahaya . Krena pandangan mata menjadi tidak jelas hanya fokus pd cahaya yg terlalu terang . Saya setuju sekali untuk bisa d tindak lanjuti masalah lampu motor yg terlalu terang dan membahayakan pengendara lain

  19. yg penting itu arah sorot lampunya Pak Pol ……. mobil standart juga klo sorotnya keatas juga bikin pedes mata…. coba deh sekali kali anda riding malem antar kota pake motor….banyak mobil sorotnya pada keatas semua pak, pas mata n g mikir yg dr arah sebaliknya kesilauan …jgn motor terus yg dicari cari…klo pencahayaan kurang terang juga bahaya pak, riding malem hari…asal setting sorot lapu tidak terlalu tinggi, sy rasa bukan masalah buat pengendara dari arah sebaliknya…

  20. GOBLOG AJA POLISINYA!!
    trs motor yang standartnya udh nganut lampu halogen macam vixion,pulsar dll gimana??
    mau diganti pke lampu speda ontel??

  21. yg bikin silau bukan lampu halogen, lampu halogen kalo make nya bener juga ga silau
    yg bikin silau itu lampu jarak jauh di pake jalan…
    terutama tuh,.. orang orang yg baru bisa make motor.. kaga ngerti (nga ngeh ) lampu jauh apa lampu deket.. tingal tarik gasss aja.. yg penting ngacir..!
    ditambah lagi motor nya matik.. buat bawa beban belakang lampu dongak ke atas “nyari.. mangga” pusing dah…!

  22. Klo memang bukan standar pabrik, berarti lampu HID ato LED itu dibikin diwarung loak ya.. Klo memang mesti kena tilang juga, semestinya produsen yang memproduksi lampu tersebut yang ditindak agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku, jangan konsumen yang kena tindakan aparat kepolisian dengan alasan adanya laporan yang mengatas namakan masyarakat bahwa lampu yang digunakan menyilaukan pengguna jalan lain. Kalau pun berdasarkan laporan tanpa mengetahui teknisnya, maka menurut saya penilangan ini tidak berdasarkan UU.

    Sy membaca dan mencoba memahami apa yang ada dalam UU 22/2009 ttg Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, disana tidak disebutkan Jenis lampu yang standar itu seperti apa, tetapi pada PP 55/2012 ttg Kendaraan menyatakan pada pasal 23 yang menyebutkan:

    Pasal 23 : Sistem lampu dan alat pemantul cahaya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf i meliputi:
    a. lampu utama dekat berwarna putih atau kuning muda;
    b. lampu utama jauh berwarna putih atau kuning muda;

    Pasal 34 :
    (1) Kendaraan Bermotor dapat dilengkapi dengan lampu kabut yang berjumlah paling banyak 2 (dua) buah dipasang di bagian depan Kendaraan.
    (2) Lampu kabut sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi persyaratan:
    a. dengan cahaya warna putih atau kuning;
    b. titik tertinggi permukaan penyinaran tidak melebihi titik tertinggi permukaan penyinaran dari lampu utama dekat;
    c. dipasang pada ketinggian tidak melebihi 800 (delapan ratus) milimeter;
    d. tepi terluar permukaan penyinaran lampu kabut tidak melebihi 400 (empat ratus) milimeter dari sisi terluar Kendaraan; dan
    e. tidak menyilaukan pengguna jalan.

    Mencoba memahami apa yang di alami oleh bikers, saya mencoba mencari tahu melalui peraturan-peraturan yang berlaku. Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semua agar pada modifikator bikers Indonesia semakin maju.

  23. Para polisi khususnya di indonesia,,aku punya motor tua modif rumah mewah,,di dunia munykin cuma ada 1 saja yai5u aku,,lampunya sudh pakai laser,,terangnya minta ampun,,tetep mau di tilang ,,,silakan,,,????motor aing ,kumaha aing

  24. beh sekarang begal motor jadi tambah banyak,. yang berompi pun ngak mau ketinggalan,. setiap ada aturan pasti hasilnya tilang dang ahirnya uang,. apa ngak ada tuh aturan polisi setiap satu minggu kalau gk bisa nangkap begal atau pencuri maka ia dirumahkan.. lho bg yo mikir beban rakyat sudah berat, anggota.u juga banyak yang malakin rakyat… heh bahagia karna meresakan rakyatnya, kpan sih polisi akan menunjukan fungsinya selain nilang warganya?

  25. Sebenernya yang salah itu bukan lampunya, tapi orang yang pake lampu jarak jauh pas di jalan!! Ane sering banget nemuin hal kayak gitu di jalan, biasanya kalo ada orang yang pake lampu jarak jauh, ane kodein pake lampu dim, terkadang ada yang sadar juga lampunya langsung diganti jarak deket, tapi lebih seringnya pada gak sadar, tetep aja dia pantengin pake lampu jarak jauh, yaa ane sih mikir positif aja, mungkin tuh orang baru bisa naek motor jadi gak tau cara penggunaan lampu jarak jauh sama jarak dekat, tapi terkadang kalo ane udah jengkel banget, lampu jarak jauh ane biasanya ikut2an dipantengin, hehehehe

  26. Kalau ini kurang setuju saya.. Lampu terang bukan cuma halogen, High power LED, HID, Laser lamp (lampunya bmw yg baru) jauhhhh lebih terang dari halogen
    Harusnya bikin aja alat buat ngukur silau lampu, jadi walau lampu standart tapi ngarah ke mata orang didepan ya tilang aja

    Alat ukurnya mungkin bisa berupa lux meter yang ditaruh di tongkat dengan ketinggian tertentu yg dianggap menyilaukan

Ketik Komentar Anda