PER SELAHAN JUP. MX (3)

Kalau pedal kick atau selahan sudah tidak mau balik lagi setelah diengkol ada kemungkinan per selahan patah atau lepas dari dudukannya, yup…itulah salah satu pertanda per selah patah. Posisi per selahan untuk motor Moped atau sport biasanya terletak disebelah kanan mesin atau di bak kopling tapi berbeda dengan jupiter mx karena posisi per selahannya berada di dalam crankcase, jadi kalau mau ganti per selahan harus turun mesin.

PER SELAHAN JUP. MX (5)

Harga per selahan jupiter mx tergolong murah cuma 28ribu kodenya 1S7-E5555-00 tapi ongkos pasangnya yang bikin ngilu karena harus turun mesin. Untungnya per selahan ini tergolong part yang cukup awet karena belum tentu setahun sekali bisa patah karena baru kali ini saya menemukan per selahan patah saya temukan pada motor jupiter mx tahun 2007 jadi motor sudah berumur sekitar 7 tahun.

PER SELAHAN JUP. MX (6)

Seperti yang terlihat digambar atas ini dibagian bak kopling hanya terlihat as selahan panjang tanpa ada gear dan per selahan karena posisinya da didalam crankcase. Proses untuk penggantian per selahan ini bisa memakan waktu seharian karena harus turun mesin, motor dibelah dulu baru terlihat kondisi per patah seperti pada gambar dibawah ini.

PER SELAHAN JUP. MX (1)

PER SELAHAN JUP. MX (2)

PER SELAHAN JUP. MX (4)

 

Buat owner jupiter mx berdoa saja semoga per selahan sampeyan awet…

31 KOMENTAR

  1. untung mx q jarang anggo engkol.
    agone elektrik starter trus. ben aman.
    wes 5 tahun aman lek.mung akine tmbe gnti wngi. slma 5 thun.

  2. mas ari saya mau tanya.
    Jupiter MX 2006 saya kopling otomasis, pas tahun 2011 saya bikin manual di bengkel deket rumah
    saya kurang puas aja
    nah sekarang saya mau balikin ke otomatis lagi soalnya motor mau di jual
    menurut mas ari gmn?
    estimasi biayanya berapa ya om?
    apa aja yang perlu di ganti?
    dulu yang diganti cuma bak mesin kanan itu om? sama ada yang dilas dalemannya.
    mks mas
    berharap solusi yang terbaik

    • kampas dan rumah kopling ganda kisaran 800ribu,
      bak kopling kisaran 150an
      rumah kopling 120an
      itu yg kira2 harus diganti, kalau mau dijual mau dinormalin ke awal biayanya agak lumayan, ato mau dijual apaadanya saja dan bilang ke calon pembeli ttg kondisi sebenarnya masalahnya kalau rombak lagi biayanya pasti fifty2

  3. btul bro hrus trun mesin tpi utk mempercpat pkerjan bisa tdk buka bak kopleng.buka bak maghnit aj trus di belah,bgian bak kopleng tdk usah di bka cma kick staternya aj di lpas.

  4. aduh punya saya patah jg ni jupiter mx 2007.td pulang kwrja mmpir bwngkel nanyain biaya jasanya aja 200ribu…aje gile….pernya sih murah cm 45ribu sama packing 1set habis lah 100ribu….tadinya saya ngga percaya tu omongan bengkel tp setwlah lihat postingan ini bner ya.so pending dulu repairnya…thank bro infonya

  5. mas, numpang nanya mas, motor saya jupiter mx baru turun mesin gara2 per engkol patah, trus sekarang udah baik mas, tapi kok tarikan motor saya berat gitu ya mas? trus mesin nya cepat bau gosong gitu mas, gimana ya mas??

Ketik Komentar Anda