KOMSTIR (1)

Stang terasa berat atau kaku seperti ngelawan saat diajak belok atau saat motor direm depan bagian depan terasa ada yang kendor… apalagi saat jalan kondisi kecepatan tinggi motor terasa tidak stabil, nach itu tanda2nya bearing komstir mulai tidak beres.

Kenapa bearing komstir cepat aus atau oblak ? selain kontur jalanan yang dilewati kebanyakan jalanan jelek alias tidak rata atau banyak polisi tidur… cara pemakaian juga sangat pengaruh seperti kalau ada lobang main diembat saja lewat poldur main hajar saja maka dijamin bearing komstir cepat oblak. Selain berfungsi memudahkan saat riding agar motor mudah handlingnya bearing komstir juga berfungsi sebagai peredam makanya kalau motor main buat hejar kontur jalan yang jelek dijamin komstir cepat aus.

KOMSTIR (4)

Motor tabrakan juga berpengaruh terhadap daya tahan bearing komstir apalagi dudukan komstir atau segitiganya bengkok maka kinerja bearing komstir juga tidak sempurna, lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk ganti bearing komstir ?.

Sekarang saya estimasi dulu untuk motor yamaha terutama semua motor moped dan sebagian motor matic dan sebagian motor sport yamaha. Untuk bearing komstir yamaha sebagian besar bisa saling subtitusi untuk semua moped yamaha seperti dari motor crypton, FIZ-R dan sekarang sampai vega, jupiter z, jupiter mx, vega zr serta motor matic dari mio jadul, nouvo sampai sekarang mio j, mio gt, fino kecuali motor xeon, xeon rc dan gt125 tidak bisa subtitusi karena beda sedangkan untuk motor sport hanya byson yang bisa saling tukar dengan kode part yang sama.

Yup…semua jenis motor diatas yang saya sebutkan memakai kode part yang sama untuk komstirnya kecuali xeon, xeon rc, gt 125, vixion rx king dan scorpio.

KOMSTIR (5)

Berikut estimasi biaya untuk ganti bearing komstir atas dan bawah, saya sarankan untuk ganti bearing komstir harus satu paket atas dan bawah agar hasilnya maksimal.

 

Nomor Parts Nama Parts  HET
Jasa Pasang  Rp                 35.000
156-WF234-10 (KIT) RACE BALL 2  Rp                 93.000
5TL-WF341-10 (KIT) RACE BALL KIT 2  Rp                 62.000
TOTAL  Rp               190.000

Untuk jasa pasang saya ambil rata2,

KOMSTIR (3) KOMSTIR (2)

34 KOMENTAR

  1. ada yg bilang mur k0mstir vixi0n d ganti pake punya mx ktanya biar ga cpet oblag, apa benar itu br0? Sama ga mur nya?

  2. kalo mio j saya kasusnya belok kiri atau kanan gak masalah tapi kadang dia stangnya goyang trus klo ada lobang2 dikit dia goyang.

    • gua baru ganti komstir juga kemaren di bengkel daerah tangerang, deket kontrakan ane…kena 300 sama ongkos pasangnya..ane tggl daerah pembangunan 3 tangerang

  3. Bos.
    Spda saya old vixion. Klau brjalan thu stir thu trasa mw lari k kanan atau k kiri. Kones nya sdah d bnerin. Tpi kdang longgar lgi. Sya TOK TOK lagi. Msih pncet. Pngaruh.nya thu apa.
    087849742332 klo sampean ngatasi. Krim alamat.x k nmr sya. Khusus srabaya.
    Moh.asmadi

  4. Kang Ari,, Kemarin Beli Komstir satu set buat NJMX Ane,, tapi yang dikasihnya Kode ini nih :

    156-WF234-00
    22F-WF234-00

    Cocok nggak yah.
    Bedanya apa sama yang diatas punya akang???

    Mohon Bantuannya Kang Ari.

    Trims ?

Tinggalkan Balasan ke wahyuheri100 Batalkan balasan