r25 sepi

Yup dapat dikiriman video nyala lampu AHO dari bro aryo, trims buat bro aryo. R25 menggunakan lampu AHO alias ”Auto Headlamp On” lampu nyala terus saat motor jalan dan tidak ada saklar untuk mematikan lampunya.Β Memang sistem AHO ini banyak yang menolak karena efeknya mengurangi umur bohlam dan aki untuk sistem DC.

Berikut sharing dari bro aryo ;

aryo wiediarkoΒ 

Haloo Bro….
semua pemilik r25 sepertinya udah pada tahu jika r25 sudah menggunakan fitur AHO (auto Head lamp On)….
Tapi tahukah anda bahwa AHO R25 ternyata tetap menggunakan kelistrikan DC……?
Sohib sekalian bisa buktikan sendiri,….
caranya…:

1. On kan kunci kontak….karena memang system AHO pasti belum nyala tuch HL
2. Start your Engine….pasti sekarang nyala dech tuch HL…………….

trusss mana buktinya kalo AHO R25 DC ….?….SABAAARRRRR….

3. Matikan mesin menggunaka Engine Kill (jangan menggunakan kunci kontak) diatas tombol Start…..
4. Lihat HeadLamp…..pasti tetep menyala tuch…..

Nah…itulah bukti bahwa AHO R25 menggunakan system kelistrikan DC bukan AC seperti pada NVL (AHO NVL akan lansung mematikan HL ketika switch engine kill di offkan karena systemnya AC).

Biar lebih jelas ini videonya :

via hp klik disini.

Nach intinya, lampu AHO milik R25 akan menyala saat motor dihidupkan, beda dengan motor lainnya yang memakai sistem AHO arus DC lampu akan nyala ketika kunci kontak diputar ”ON” nach kalau untuk R25 kunci kontak ”ON” lampu tidak akan nyala, lampu akan nyala ketika motor dihidupkan. Kenapa lampu AHO R25 arus DC bisa nyala ketika mesin baru dihidupkan dan ketika tombol engine cut off dipencet lampu tetap nyala ? yup… pada R25 untuk sistem AHO memakai relay tambahan, relay ini berfungsi menyalurkan arus listrik ketika motor hidup.

fan relay r25

Posisi relay lampu AHO ada disebelah kanan, relay ini bekerja meneruskan arus DC ke lampu ketika motor hidup. Saat tombol engine cut off dimatikan relay tetap bekerja sehingga lampu tetap nyala karena kunci kontak masih ON. Kondisi ini berlaku ketika posisi lampu High ataupun Low. Nyala lampu seperti ini sama seperti pada vario 125.

Motor yang menggunakan sistem AHO arus DC biasanya saat kunci kontak ON lampu akan langsung nyala meskipun motor belum dinyalakan dan mati saat kunci kontak OFF seperti pada motor old vixion, beda dengan new vixion yang pakai arus AC motor nyala lampu baru nyala begitu motor mati lampu juga ikut mati.

44 KOMENTAR

    • “Motor yang menggunakan sistem AHO arus DC biasanya saat kunci kontak ON lampu akan langsung nyala meskipun motor belum dinyalakan dan mati saat kunci kontak OFF”

      Honda Spacy FI ane juga begitu.
      Kontak ON : lampu belakang, lampu kecil depan, dan lampu indikator menyala.
      Start mesin : menyala headlamp.
      Kontak OFF : semua lampu padam.
      Penyangga samping diturunkan : headlamp padam tapi lampu belakang, lampu kecil depan, dan lampu indikator menyala.
      Headlamp mengambil arus AC karena terlihat saat idle agak meredup.

  1. waduh…di Ninja 250 Fi, Vario 125 di Pulsar 200 NS uda diterapin broo….malah di Pulsar 200 NS bisa otomatis mati pelan2 setelah engine stop ditekan…nach lhooo unik mana? πŸ™‚

  2. di pulsar 200 NS udah lebih canggih dari R25. NS full DC, dengan tambahan modul battery saver untuk menghemat listrik. AHO-nya hanya akan nyala klo mesin hidup, kalau mesin dimatikan, secara perlahan lampunya akan mati sendiri. coba buka jok belakang NS, liat di dekat CDI-nya ada soket seperti CDI jg yg lebih kecil. nah itu battery saver-nya

  3. Ente blogger fansboy yamaha gan,gitu aja dibikin artikel,gak ada bahasan laen apa,bahas tuh motor yg bakal keluar kaya suzuki gixxer yg mau pake mesin fu/vario 150 yg rumor bakal keluar akhir tahun

  4. Ini *INFO* soal AHO R25 Menggunakan kelistrikan DC bukan AC,….komen2nya banyak yang ngelantur…..
    Nah kalau kita sudah tau bahwa Headlamp bersyatem DC, bagi yang pengin modif pakai HID jadi ga repot ngrobah system dari AC ke DC.

      • punten Om…
        om praktisi / faham elektronik bukan…?
        kalo bukan,…percuma soalnye ane jawab,…bakalan debat kusir…

          • bener tuh…..ane punya macem macem motor cuma P200NS yg unik di masalah AHO….
            dilihat dari judul yang ngangkat masalah “UNIK” ya jelas beda sama dengan isinya yang harusnya berjudul pake kata “INFO”
            haiyah….
            ga usah jadi pansboi pansboinan lahhhhh….
            semua juga aspalers……wkwkwkwkwkwk

    • Kelistrikan DC bukannya udah lama.. Udah jaman Honda Tiger 2000 tahun 1996 sudah pakai DC. Uniknya mana?

      Kalau lampu menyala saat mesin menyala, Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS sudah lebih dulu dan canggih, Mesin menyala, lampu menyala setelah beberapa saat, dan sebaliknya mesin mati, lampu akan mengikut mati setelah beberapa saat.

      Uniknya??

      • maaf om…
        ane ndak punya/tahu 200ns….
        sekalian mo nanya 200ns system kelistrikan Headlampnya AC atau DC…?

        • kelistrikan P200NS pake DC…
          kl kagak percaya mending ente kerumah ane trus ente bedain kelistrikan motor P200NS ane sama Vario and sama RX King ane…..
          biar ente kagak penasaran….
          hahahahahaha

  5. iyak.. Pulsar 200NS udah duluan, jadi bukan sekedar saat mesin menyala tapi setelah beberapa lama mesin menyala, lampu akan menyala, demikian pula setelah mesin mati, beberapa saat kemudian lampu ikutan mati.

  6. maaf nanya lagi…
    pada 200ns maksudnya semacam menggunakan timer ya Om…?
    atau hanya lampu nyala ketika mesin hidup dan langsung mati berbareng ketika mesin di shutdown…?
    saya tanyakan hal tersebut karena sepengetahuan saya, pada umumnya sepeda motor yang menggunakan system kelistrikan Headlamp AC akan seperti itu

    • pan udah dikomen di atas…. kelistrikan P200NS ama PIES pake DC dan dicontrol pake HCU alias HEADLAMP CONTROL UNIT… masa gitu aja ga ngehhhh…..
      hadehhhhhh……
      mau nanya apa mau debat kusir????
      ente sendiri paham kagak kelistrikan P200NS????
      drpd debat kusir, udah googling aja sanahhhh…..wkwkwkwk

      • maaf lgi om,..kedoloan ane nulisnya
        wah sip klo dach dc….
        boleh dong om barter koleksi schematic diagramnya biar tambah komplit,….bikin mudah ane bantuin temen2 yang butuh repair / modif…. πŸ˜€

  7. Di Pulsar 200 NS ada HCU (Headlamp Control Unit) yang menerima arus listrik sebelum diteruskan ke bohlam headlamp…begitu juga pada saat mesin mati HCU memutus arus ke bohlam headlamp secara perlahan…simpelnya bohlam headlamp gak langsung ditembak arus listrik yg mungkin gak stabil en bisa bikin umur bohlam lbh pendek ato bahasa awamnya arus listrik uda diatur ama HCU…it’s so simple en unique…..kalo yg sama ama R25 ya punya Ninja 250 FI en Vario 125…monggo dipirsani mawon πŸ™‚

  8. ini mah udah dipakai suzuki tahun 1997
    ada di suzuki FXR 150, saklar dim dihubungkan dengan relay
    jadi kalau dipencet dim, relay ostomastis menghubungkan lampu ke aki
    udah 3phase jugak seperti motor2 injeksi

    teknologi suzuki 17 tahun yg lalu……
    ironis… motor yang gak laku dengan kecanggihan fiturnya…

  9. maksud unik itu kenapa baru nyala ketika mesin idup…seharusnya kan langsung nyala ketika kunci kontak ON..gitu..kesimpulan dari artikel ini..gitu aja diributin pake pamer”an unikan mana..zzzzz ditelaah dulu kata”nya..kalo perlu direnungkan..unik dalam hal ini beda dari umumnya..karena pake arus DC..umumnya langsung menyala seperti old vixion..tak liat jg g ada pernyataan membandingkan dengan motor merk lain..hanya ke vixion secara 1 pabrikan oke beeerrrroooooo???..#mikeeerrrr

    • mohon maaf sebelumnya, saya setuju dengan anda. Pada artikel diatas disebutkan bahwa lampu utama akan hidup jika mesin dihidupkan melalui relay, dan masih hidup walaupun engine cut off dimatikan. Setahu saya relay akan aktif bila koil relay ada asupan arus entah itu dari batrey atau dari alternator mesin melalui converter dc, karena relay pada otomotif entah itu motor atau mobil menggunakan relay dc( arus searah). Saya rasa ada semacam alat untuk mengontrol relay lampu utama sehingga bisa bekerja walaupun saklar engine cut off dimatikan asal jangan kunci kontak utama yang di matikan. Mohon koreksi bila saya salah.

  10. motor ane lebih unik lagi bro.. kalau berhenti di lampu merah mesinnya bisa mati sendiri, kalau gas nya di puter bisa hidup sendiri tanpa pencet2 starter. padahal harganya cuma 15 jutaan loh… r25 bisa kayak gtu gak ya?

  11. Masih mendingan kelistrikan Pulsar 200NS lah hehehe.. cacatnya cuman berat, mau pasang lampu tambahan ato apapun ntu masih sanggup.

Ketik Komentar Anda