BAGASI BRISIK (6)

Motor matic yamaha mulai dari mio smile yang sudah memakai bagasi di dek depan mempunyai kelemahan bagian bodi depan sering terdengar suara getaran atau brisik, seperti cover bodi kendor tidak dibautin. Memang bagasi ini sangat berguna buat biker bisa buat baruh minuman atau barang2 kecil.

BAGASI BRISIK (4)

Pasti bagasi depan pernah untuk menaruh uang logam/koin dan kita lupa untuk mengambilnya, bahkan kita belum sempat mengambil uang koin tersebut justru uangnya sudah hilang…lalu kemana uang koin tersebut pergi ? seperti sulap saja.

BAGASI BRISIK (1)

Inilah salah satu kelemahan bagasi motor matic yamaha seperti fino, mio smile, mio j soul gt. Didalam bagasi ada celah lebarnya sekitar 3mm sehingga barang2 tipis seperti uang logam mudah masuk ke celah di tengah2 bagasi (lihat gambar diatas). Nach uang logam ini menimbulkan getaran saat motor jalan alhasil suara di dalam bodi depan terdengar berisik. Lihat gambar dibawah ini, gambar dibawah adalah bagasi motor Soul GT yang baru saja saya bongkar ada koin 4 pcs bahkan saya pernah nemuin di motor fino sampai 7 pcs koin.

BAGASI BRISIK (5)

 

Dengan satu koin saja sudah menimbulkan getaran apalagi sampai 7 koin getaran jadi semakin keras. Untuk mengatasinya mudah kok, jika tidak bisa dikerjakan sendiri bawa saja ke bengkel untuk pencegahan juga. Celah di bagian tengah bagasi disumbat dengan double tip agar celah tersebut tidak bisa lagi kemasukan koin. Lihat gambar dibawah ini, bodi depan ditempelin double tip kedua sisi bagian tengah.

 

Untuk bisa membuka bagasi, harus bongkar dulu bodi depan/tameng depan, makanya jika tidak bisa bongkar sendiri bawa saja ke bengkel tinggal kasih instruksi saja ke mekanik.

BAGASI BRISIK (2)

Hasilnya tidak ada lagi celah di bagian tengah bagasi sehingga koin tidak masuk lagi, lihat hasilnya gambar dibawah.

BAGASI BRISIK (3)

 

Selain kekurangan bagasi motor matic bisa menimbulkan getaran karena adanya koin bagasi ini juga ada kelebihannya loch… untuk menaruh barang itu sudah jadi fungsi utama bagasi dan keuntungan sampingannya adalah sebagai tabungan uang logam, bener to…

41 KOMENTAR

  1. mas bro… mau tanya nih tapi diluar topik…
    kenapa ya motor soul gt ane setelah servis kalo pagi suka hidupin pake kick stater kok malah kick stater rasanya jadi ngeloss… seperti ga mau balik lagi..?? apa sebabnya?

    • maksudnya pedal kick starter nggak mau balik ke atas lagi?
      itu biasanya as selahan sudah kotor perlu dibersihkan atau ganti per selahan kalau sudah putus pernya

  2. om admin.. mumpung bhs matic….
    brp bobot roller & per cvt (rpm) xeon rc kerja?
    per yg 1500 rpm adakah? merk?
    suwun …..

  3. Kalo mio sporty beda gan, celahnya dibawah bukan dsamping kayak soul gt, klo mio sporty gmn pencegahannya gan? Mohon prncerahannya

  4. Nice info. Sangat bermanfaat.
    Sudah sy praktekkan, hasilnya memuaskan. mungkin tdk terpikirkan, kalo penyebab getaran pd bodi dpn adalah koin/benda² kecil yg nyelip di bagasi depan. Selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini