spido

Biker indonesia masih banyakyang mengabaikan akan pentingnya teratur ganti oli mesin, banyak dijumpai motor mogok gara2 motor kehabisan oli mesin. Kenapa motor sampai kehabisan oli mesin ? motor yang penting bisa jalan tanpa ada pengecekan rutin kondisi oli mesin.

Sudah banyak lewat artikel2 saya betapa pentingnya pengecekan dan penggantian oli mesin dengan teratur, jika ini diabaikan maka tidak mungkin motor akan cepat rusak karena part2 aus tanpa ada pelumasan yang layak. Piston baret, cylinder aus, kampas kopling aus dan selip salah satu efek dari telat ganti oli mesin.

 

speedometer r25

Untuk biker Yamaha R25 kejadian telat ganti tidak akan bisa diabaikan karena di speedometer R25 ada indikator Oil Warning Light. Yup… ada lampu indikator peringatan untuk penggantian oli mesin, indikator oli ini akan menyala warna orange setelah odometer berjalan setiap 5ribu kilometer. Jadi indikator ini menyala pertanda waktunya ganti oli mesin, jika oli mesin belum diganti maka lampu indikator ini akan tetap terus menyala.

Lampu indikator akan mati setelah oli mesin diganti dan mekanik beres mereset ulang Oil Warning Light, jadi ganti oli mesin harus di beres karena yang bisa mereset pakai alat FI Diagnostic tool, jika terpaksa ganti oli mesin ditempat lain maka lampu indikator akan tetap menyala. Selain sebagai indikator pengingat ganti oli, Oil Warning Light ini juga akan nyala ketika volume oli mesin berkurang dari keadaan normal jadi motor tidak akan sampai kehabisan oli mesin karena volume oli mesin berkurang maka indikator akan menyala juga. hmhmhm…jos.

P1050132 P1050136

32 KOMENTAR

  1. kok tambah lama ganti olinya ya, klo motor 150 cc ke bawah kan tiap 2000km ? apa krn mutu olinya lebih bagus atau ada alasan lain kang ari ?

  2. Berarti triger penyalaan lampu dari odometer yang sudah terprogram tiap 5k meter akan memerintahkan indicator lamp menyala kang? Dan bisa mati setelah di reset gitu?

  3. lebih menguntungkan konsumen q..baru 5000 kilo meter baru ganti oli…kalau saya yang makek kira kira berapa bulan baru gaanti oli…lawong vario 125 saya baru ganti oli tiap 4 bulan sekali..4 bulan pun belumnyampek 3000 Km kwkwk…bisa setahun sekali ganti oli 😀

  4. jdi inget astrea grand g impresa wktu harus ganti silinder sma seher, entek berah hik hik 🙁 700 rb amblas

  5. tiger dah ada fitur itu… tapi bukan lampu menyala namun asap tebal dari knalpot… :mrgreen: . Baik di Ninja , R25 maupun CBR 250 dibuku petunjukkan bisa ganti oli tiap tibuan KM … saya sendiri ga tega

Ketik Komentar Anda