ktm indonesia

LEAN SENSOR (5)

Motor injeksi banyak sensor yang tertanam di motor dari sensor suhu, sensor tekanan udara dll. tapi ada satu hal yang sering dilalaikan oleh biker motor sport injeksi yaitu lean angle sensor, fungsi dari lean angle sensor adalah sebagai pemantau kemiringan motor jika sudut kemiringan motor diatas batas maka motor akan mati, contohnya saat motor jatuh maka sensor ini akan bekerja dan secara otomatis akan mematikan sistem fi sehingga motor akan mati.

LEAN SENSOR (4)

Lean angle sensor bekerja saat kondisi motor miring lebih dari 60 derajat, siapa yang bisa nikung 60derajat saat jalan ? kecuali motor jatuh atau ambruk. Salah satu tujuan adanya lean angle sensor adalah untuk mematikan motor saat kita terjatuh sehingga motor mogok/mati saat kita terjadi crash kondisi ambruk, kalau saat motor jatuh dan motor masih hidup maka akan membahakan biker atau orang disekitarnya karena motor bisa hidup liar tanpa bisa dikendalikan.

Beda dengan motor tipe karburator, motor bisa langsung mati tanpa pakai sensor karena saat motor terjatuh otomatis karbutor akan miring dan posisi bensin tidak bisa merendam spuyer dan bensin tidak bisa disedot oleh sistem kevakuman dari ruang bakar alhasil motor langsung mati.

LEAN SENSOR (3)

Kembali lagi ke lean angle sensor, perhatikan pada sensor ini pasti ada tulisan ”UP” atau tanda panah keatas artinya posisi sensor ini tidak boleh terbalik/dibalik jika motor dibalikdan lebih dari 60 derajat maka motor tidak akan bisa dihidupkan. Kalau tidak percaya coba saja sensor ini dilepas kemudian posisinya dibalik posisi ”UP” ada dibawah pasti motor akan mati atau tidak bisa dihidupkan.

Nach ini yang sering diabaikan saat biker mengganti spakbor belakangnya atau saat ganti cover body. Pastikan sensor ini jangan sampai terbalik posisinya, jika posisi sensor ini harus dipindahkan dari posisi semula pastikan posisinya jangan terbalik. Lihat ilustrasi gambar dibawah ini posisi yang benar dan salah.

LEAN ANGLE LEAN SENSOR (1)

 

LEAN SENSOR (6)

LEAN SENSOR (2)

24 KOMENTAR

  1. kalo tiap di parkiran di miringin dulu terus dibalikin pas mau pergi, bakal masalah ga kedepannya? kalo engga kan lumayan buat anti maling

  2. Berisoko nda klo tuh sensor kt jdkan sebagai pengaman (sering cabut), maksudx pada saat d parkiran atw dmn kt cabut dan miringkan tuh sensor biar mesin nda nyala kalau ad yg mw curi tuh motor??

Ketik Komentar Anda