gambar_modifikasi_yamaha_byson_bison_9 Dapat request dari salah satu pengunjung kang ari soal garansi kelistrikan, apa saja yang bisa membuat garansi kelistrikan gugur, apakah cuma ganti bohlam garansi bisa gugur ? Monggo disimak bareng2, pabrikan menciptakan motor sudah di desain agar motor tersebut aman dan nyaman saat dikendarai. Pihak pabrikan tidak serta merta hanya mementingkan unitnya terjual laris manis tapi kenyamanan adalah faktor utama yang harus diperhatikan oleh ATPM motor, bukan hanya pihak pabrikan tapi dari konsumen juga harus memperhatikan penggunaan motor sesuai petunjuk yang tercantum dalam buku service atau buku petunjuk pemilik. P1050971 Didalam buku petunjuk pemilik sudah tercantum jelas hal2 apasaja yang bisa merusak garansi mesin dan kelistrikannya. Didalam buku petunjuk pemilik atau buku service gratis sudah tertulis kalau segala macam accesories baik yang kecil maupun ekstrim tetap menggurkan garansi. Lalu apa saja yang menggugurkan garansi kelistrikan :

  1. Lampu depan dan speedometer terpasang stiker.

gambar_modifikasi_yamaha_byson_bison_9 Headlamp yang sudah terpasang stiker apalagi stikernya hampir menutupi headlamp maka garansi hangus, kenapa ? jika headlamp pakai stiker maka suhu di dalam headlight tidak bisa keluar karena sinarnya terhalang stiker alhasil suhu didalam lampu semakin naik dan headlampnya bisa meleleh dalam jangka tidak lama.

  1. Ganti bohlam depan HS1 diganti HS4 ( ganti bohlam tidak sesuai standarnya).

bohlam2 Seperti bohlam pada vixion ini jika ganti bohlam tidak sesuaiĀ  batasan ukuran maksimal contohnya ganti bohlam HS4 padahal bohlam HS1 maka disinyalir kiprok akan soak bahkan aki ngedrop jika salah pasang bohlam karena jika motor nyala ada indikasi kiprok kelebihan beban dan aki bisa soak terutama untuk motor yang full DC. Jika pakai bohlam dengan daya besar maka mika headliaght mudah meleleh. 3. Pasang accesories kelistrikan. images Jelas pasang accesories kelistrikan seperti alarm, kunci rahasia, klakson keong, lampu strobo, lampu HID, dll sudah pasti menggugurkan garansi kelistrikan karena selain sudah tercantum dalam aturan garansi di buku service karena termasuk tindakan ilegal pemasangan alarm riskan merusak komponen kelistrikan seperti aki cepat soak dan pastinya banyak kabel yang diputus2 atau dirubah jalurnya. 4. Pasang saklar AHO. pizap.com13717394993871 Motor keluaran sekarang sudah menggunakan lampu sistem AHO alias lampu nyala otomatis, banyak biker yang mengganti saklar asli AHO agar lampu bisa dimatiin dan dihidupkan saat diperlukan saja. Jika pasang saklar baru atau saklar tambahan maka garansi juga gugur karena pasti merusak jalur2 kabel bahkan banyak kabel yang dipotong2. 5. Hal hal yang sampai melakukan pemotongan kabel/penggantian part kelistrikan (modifikasi). potong kabel Saat kita melakukan hal2 yang sampai memotong kabel bodi maka garansi akan hangus seperti memasang lampu tambahan atau klakson keong dll. Bahkan saat pemasangan lampu HID banyak yang memodifikasi input listrik di kiprok diganti dengan motor lain atau yang lebih kerennya ganti kiprok tiger tiu sudah jelas memodifikasi kelistrikan. 6. Memakai Part Racing ( after market). Memasang part racing yang tidak direkomendasikan oleh pabrikan maka garansi kelistrikan juga gugur, seperti pasang cdi atau koil racing. Bahkan sekedar cup/rumah busi saja tetap garansi gugur. Intinya semua hal yang berbau modifikasi atau pemasangan accesories tambahan maka garansi gugur, jadi saat mau memasang sesuatu di motor kang bro harap konsultasi dengan mekanik agar garansi motor baru kita tidak hangus.

48 KOMENTAR

  1. temen ane user njmx ganti head cylinder pake nvl (sayang ga liat,ane lagi d RS waktu itu) kata ane sebelum d modif pake head nvl,apa ga takut garansi mesin jadi ilang….eh dia jawab,pusing lah mikirin garansi garansi an,ribet musti klaim ke beres šŸ˜€

  2. Request dong Bang. Kalau bagian klaim garansi ngecek misal ada modifikasi di sektor tertentu (seperti mesin atau pengapian) gimana? Kadang kan kita ga tau main ganti aja kayak knalpot ataupun komponen lain kayak kelistrikan (lampu-lampu). Seenggaknya kalau kita tau pemeriksaannya gimana kan kita bisa tau apa yang bisa membatalkan garansi. Misal kayak lem di baut mesin udah hilang atau kelihatan kayak udah pernah dilepas, apa itu termasuk pelanggaran jaminan garansi.

    • kalau garansi mesin, kita cek dulu kondisi motor apakah pernah dibongkar sebelumnya, kalau sudah pernah dibongkar dan tanda2 baut lecet dan bukanya bukan diberes yamaha maka garansi hangus.

  3. Mantap mas, kalau bisa dijabarin ttg garansi dan membatalkan garansi yg lainnya dg poin poin di atas. Terus terang baca di buku panduan itu tulisannya kecil kecil jadi males baca….

  4. Loh………khusus saklar neh. setahun yg lalu kasus bohlam mio J sitri saya sudah mati belum pemakaian 1 bulan, stlh sy di bawa ke beres malah disuruh beli tuh bohlam… itu masih AHO lho , makanya saya suruh ganti tuh saklar… sampe sekarang malah sehat2 aja tuh mio J-nya…. oh iya gan Ari…. ada data perbandingan kecelakaan nggak waktu sebelum dan sesudah pemerintah mewajibkan piranti AHO…?? pengen tau aja neh…soalnya aneh aja di negara yg super panas ini AHO itu di wajibkan.

  5. kang,

    xride ane baru 10 bulan trus km baru 7000.
    trus kemaren pas kunci di on, lampu ga nyala, trs ane matiin nyalain lagi lampu bisa nyala, pas mau starter lampu langsung mati, motor ga bisa nyala, motor di engkol juga ga bs, trs ga lama ane engkol2 mau nyala, akhirnya buru2 pulang, pas sampe rumah gitu lagi.
    trus ane ganti aki baru langsung tokcer.
    1. itu aki nya bisa klaim garansi ga?
    2. trus koq boros banget ya aki belom setaon uda soak? dulu pake motor karbu minimal bisa tahan 1,5 taon, tipe aki nya sama2 MF GS astra
    3. ada tips nya ga kang biar aki lebih awet?

    • Garansi aki hanya 6 bulan, beda ,tr karbu dengan injeksi, mtr karbu minim komponen klistrikan sehingga hanya butuh sedikit tegangan, sedangkan mtr injeksi byk komponen sensor2 yg semua butuh tegangan listrik yg banyak, sehingga kbutuhan mtr karbu beda dgn injeksi.
      Sy sarankan jgn pakai aki merk ‘S pakai merk yuasa saja, itu opini pribadi sy

      • owh gitu, jadi 10 bulan normal ya kan?
        trus misal pagi2 kan biasa ane langsung starter elektrik, itu pengaruh ga?
        apa klo pas mesin uda dingin lama mending pakai kick starter aja?
        tadinya juga mau beli yuasa cuma toko nya ga punya, jd ane beli merk toyo aja cuma 120rb, klo gs atau yuasa sekitar 200rb

  6. Maaf nih Oom……..kl ganti ban ukurannya dinaikan (80/90) jadi (90/90),garansi ilang gak….?trus juga ganti roller ukurannya dirubah….garansi ilang juga ngak..? satu lagi Oom…kl service cvt bongkar sendiri gimana Oom…garansi ilang juga ngak….?
    Maaf nih Oom banyak nanyanya…mumpung ketemu thread ini ( tentang garansi )
    Makasih ya Oom sebelumnya…….

  7. saya baru beli honda revo 2 minggu yg lalu, sticker revo saya tutup pake stiker hitam. Apa tindakan saya itu bisa menggugurkan garansi service? Terima kasih kang.

  8. Kang . . . saya tadi mau nanya apa ya?
    jadi lupa, telanjur kesengsem ama isi artikel & tanya jawabe šŸ˜€

  9. Kalo mau modif jangan mikirin garansi, cuma bikin sakit hati ini itu ketahan garansi..
    Niatnya pny motor sarana transportasi atau buat mejeng ? Klo buat transportasi jgn dianeh2in ikutin aja pabrik, klo buat mejeng mending buku garansi sobek aja, ga guna toh motor bebek / matic murah kok part2 nya ga sprti ninja

    • kipas radiator garansi 6 bulan atau 6ribu km mana yang dicapai lebih dahulu.
      klo ada indikasi pernah pasang accesories seperti penutup radiator maka garansi gugur

Ketik Komentar Anda