mio gt (15)

Singkat cerita saja artikel ini akan ada hubungannya yang akan nongol nanti siang, kali ini motor mio gt baru berumur 6 bulan melakukan uji nyali ganti oli mesin setelah 14ribu km, berikut wujud mesinnya.

Motor mio gt ini baru berumur 6 bulan, perawatan service gratis pertama atau KSG 1 tepat waktu alias satu bulan dari tanggal pembelian atau maksimal 1.000 km dan service gratis kedua juga tidak telat, untuk KSG 2 maksimal 4 bulan dari tanggal pembelian atau 4ribu km saya cek dibuku service saat service kedua kilometer tercatat 2.490km.

Nach anehnya kali ini saat akan melakukan service gratis ketiga yang maksimal 7 bulan dari tanggal pembelian atau 7.000km. Saat datang motor ini suaranya seperti bajaj…!!! saya saja heran kok bisa motor baru 6 bulan suaranya bisa berisik banget, konsumen datang tampak dengan raut wajah yang kecewa, yaiyalah… motornya berisik seperti bajaj, kemudian saya ngobrol dengan konsumen tersebut sembari mendengarkan keluhan si konsumen, konsumen ini anak muda kira2 berumur 18tahunan. Sempat marah2 ke saya karena motor baru kok suaranya berisik dan minta garansi…! itu wajar karena motor baru 6 bulan pasti konsumen minta garansi jika ada kerusakan karena masa garansi untuk mesin sampai 3 tahun.

mio gt (7)

Setelah saya cek buku service riwayatnya bagus seperti yang sudah saya bahas diatas tapi… yang bikin saya terkejut kalau angka speedometer sudah menunjukkan angka 16ribukm.

Kemudian konsumen saya tanya,”kapan terakhir ganti oli mesin?”

” pada saat service kedua ” jawab konsumen.

Pada saat service kedua bearti saat kilometer 2.490, tinggal dikurangi saja kilometer saat ini 16.085 dikurangi 2.490 hasilnya 13.595 motor ini belum pernah ganti oli… edian tenan mantap jos gandos kotos…!!! hampir 14ribu km belum pernah ganti oli pantesan saja motornya nyaring seperti bajaj.

Langsung saja saya tolak permintaan garansinya. Tidak terpikirkan oleh saya kalau konsumen ini kok tega membiarkan motornya tidak pernah ganti oli. Alhasil setelah saya bongkar kondisi piston aus, pelatuk aus, noken as, krukas, bahkan klep juga uas. Kemudian saya estimasi ganti cylinder assy termasuk piston kemudian semua jeroan di cylinder head seperti noken as, klep dll. kemudian ganti kruk-as assy total habis 1,7juta. Mantep to… Monggo yang berani meniru konsumen satu ini saya acungi jempol.

 

60 KOMENTAR

  1. kalo diitung 13600 km/5 bln
    kira2 tiap hari jalan 90km,gak pernah libur,tukang ojek aja gak segitu daya jelajahnya,wkk.
    khas indonesia,beli barang,gak baca buku pedoman/manuall book.
    atau dah baca,tetep gagal paham karena gagal cerdas.

  2. Kebanyakan konsumen anak muda sekarang, bisanya make ga bisa ngerawat, males baca buku petunjuk perawatan ya kaya gitu 🙁

  3. om ..jgn bandingin ama bajaj napa…nsku kan bajaj juga..4bulan dah 11rb km..no problemo..ganti oli setiap 3500 km.km 9000 coba pake ycl kenalpot bersih..berarti ga berkerak..

  4. disinyalir sing duwe motore KREDIT. . .ora urus sing jenenge karo motor. . .cuma modal DP,tidak membayar angsuran,sing penting kenek go mlaku. . .kono arep tak jikuk yo karepmu,sok yo entuk anyar meneh. . .DP. . .KREDIT. . .maneh. . .
    ———————————————
    salah satu contoh. . .disekitarku lek. . .

  5. motor gak drawat>rusak>sudah ngerti penyebabnya>motor djual ganti merk lain>merawat mtor yg baru>dan berkata “motor merk ini lebih awet dari motor merk lama”>lalu menyebar ke teman2nya

  6. konsumen gendeng, sakno motore
    x-red sy ta eman2..baru 6 bulan 4.000km 3x ganti oli
    jangan2 oli gardan juga gak perbah ganti itu

  7. Yg penting msh bisa nyala mesinnya. Banyak kok yg model kyk gitu, taunya pake doang, kaga ngerti ngerawat. Temen saya aja msh bisa bangga pas ceritain motornya yg kaga pernah ganti busi selama 8 thn dipake. Pas mau diganti, businya udah gak bisa dibuka krn korosi/karat di drat businya. Hebat kan???

  8. ” edian tenan mantap jos gandos kotos…!!!”
    kalo saya jadi mas ari saya kamplengin tuh bocah pake buku manual, sekalin saya suruh telen buku manual supaya pinter!

Tinggalkan Balasan ke gaplek mania Batalkan balasan