manifold (1)

Motor sampeyan ngempos saat riding, nembak nembak padahal di knalpot tidak ada pelurunya… motor jadi agak boros konsumsi bahan bakarnya ? mungkin ini salah satu penyebabnya. Kali ini saya akan bahas info buat motor scorpio, info singkat mungkin bermanfaat buat para biker scorpio.

manifold (2)

Salah satu penyakit di motor scorpio adalah rapuhnya intake manifold karburator, intake manifold motor scorpio berbeda dengan motor kebanyakan, intake manifol yang lebih sering kita dapati adalah terbuat dari bahan cor/babet dan terbuat dari karet. Untuk motor scorpio justru kombinasi dari keduanya yaitu dari bahan karet yang mengikat di moncong karbu disambung dengan besi yang menempel di cylinder head.

manifold (3)

Kelemahannya sambungan tersebut sering lepas bahkan motor baru berumur dua tahun karet manifolnya sudah terlepas dari sambungannya dan biasanya retak2 dulu sebelum benar2 lepas. Retakan inilah yang mengakibatkan kebocoran, jadi udara campuran bahan bakar yang seharusnya masuk dengan sempurna ke ruang bakar dengan mudah keluar melewati celah2 retakan manifold akhirnya motor jadi boros dan ngempos tenaganya campuran udara dengan bahan bakar keluar dari manifold dengan sia sia dan pasokan bahan bakar ke ruang bakar jadi berkurang alhasil pembakaran kurang sempurna. Karena pembakaran kurang sempurna maka tenaga motor jadi berkurang dan biasanya terjadi nembak nembak di knalpot.

Intake manifold ini harganya 91ribu, bisa juga karet manifold disambung kembali dengan lem power glue tapi itu hanya bersifat sementara karena saat service berikutnya atau saat bongkar karburator dipastikan intake mmanifold akan ketarik dan akhirnya lepas lagi. Sekian info singkat semoga bermanfaat.

22 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini