Untitled

Kalau IP150 jadi digelar praktis hanya Satria FU dan CB150R yang berbicara, hanya kedua motor ini yang akan jadi sorotan publik. Satria FU yang dikabarkan tembus 25 HP tanpa bore up, opo ora gendheng kuwi… pakai karbu skep keihin PWK SUDCO 28 bakalan ngasepin CB150R di sirkuit kueeecciil.
Sudah saya jelaskan artikel sebelumnya disini, kalau sirkuit kecil tidak cocok buat balap motor sport, bukan hanya faktor keamanan pebalap tapi faktor sirkuit yang tidak memadai untuk mengail full power buat motor sport, la piye… motor sport disuruh balapan di sirkuit yang sempit buat cornering karena motor sport butuh cornering yang lebar, lach… ini CB150R disuruh nglawan motor satria FU motor bebek yang gampang ngrebah saat nikung. Satria FU sudah terkenal motor alay yang kenceng apalagi motornya sudah spek balap yang konon tembus 25HP, karena keunggulan faktor bodi yang kecil dan serta tenaga yang mumpuni maka saat melibas tikungan torsi mesin tetap terjaga karena cukup cornering yang kecil motor mudah digeber dan akslerasi saat keluar tikungan tetap stabil.
Lach bagaimana dengan CB150R dengan bodi agak besar serta rangka lebih panjang serta ban juga pastinya lebih lebar dari satria FU ?, pasti butuh cornering yang jauh lebih besar dari satria FU, misalkan saja satria dengan CB150R memiliki tenaga yang sama-sama 25 HP, seperti yang sudah saya jelaskan diatas kalau satria FU sangat mudah ngrebah saat tikungan dan mudah mendapatkan akslerasi saat keluar tikungan karena hanya butuh sedikit cornering maka CB150R pasti harus menurunkan power mesin yang jauh lebih banyak dibanding satria FU alhasil saat keluar tikungan satria lebih unggul dan ngasepin CB150R.

suzuki-satria-f-indoprix-1
Sudah unggul saat tikungan itu sudah modal utama saat balapan di sirkuit pasar senggol. Lebih cepat saat keluar tikungan maka tidak kesulitan pula saat mengail di trek lurus, trek lurus di sirkuit kecil paling panjang kira2 300-400 meter susah dapatkan top speed apalagi mempertahankan top speed buat motor sport, lihat saja trek lurus di sentul besar yang panjangnya 900meter hampir 1 km, disitu motor sport bisa dapat top speed dengan mudah dan lebih lama mempertahankannya sehingga balapan tidak mubazir… yang namanya balapan kan mau kenceng2an bukan lambat2an, ‘’alon-alon asal klakon’’ mumet…!

Lihat video ini meskipun balapan bertajuk Fun Race tapi sudah bisa jadi acuan kalau bebek jauh lebih unggul saat balapan sirkuit kecil apalagi ini di sirkuit sentul kecil, monggo dilihat balapan satria FU vs Vixion vs CBR150 dan saat lap pertama satria FU sudah unggul jauh.


Lihat gambar dibawah ini saat motor bebek dengan motor sport nikung, motor bebek lebih leluasa, lihat posisi badan pebalap saat nikung pakai bebek posisi badan dengan motor bisa sejajr tandanya cornering lebih tajam sedangkan beda dengan CB150R saat nikung di lintasan kecil, sudut kemiringan motor tidak maksimal karena keterbatasan lebar sirkuit. Dari sini sudah bisa dilihat kalau satria FU sudah unngul telak 4  : 1 itu prediksi saya. CB150R jelas tidak diuntungkan disini, pendapat sampeyan piye ?

honda-cb150r-omr-di-sentul

ug-omr-honda-cb150r

1 KOMENTAR

  1. Jangankan satria fu yg bs ngasepin kompetitor, TVS tormax pun dengan mudah bisa ngasepin mereka .. Lha wong kelas pasar senggol jeh.. *pokoke joget

  2. ya harusnya bilang aja bukan masalah safety, masalahe sirkuitnya lebih menguntungkan si bebek luweh gentle toh alasannya :mrgreen:

    safety jualan, safety buat para fby, safety ga di bully

  3. 2 bloger elit dan elegan ngomongin safety??
    biasa hidup enak gak pernah kerja di tempat ekstrim kok ngomongin safety wkwkwk :mrgreen:

  4. kalo menurut bos elegan & para kambing, mau balap di sirkuit kecil sampe sirkuit tamiya pokok’e harus ikut kang, mau septi atau ga septi kalo ga ikut mbalap mereka bakal menderita akibat sakit ati yg amat sangat. Urusan cedera, cacat, kalah & menang ora urus, yg penting mbalap. xixixi…

  5. mas Ari tolong kasih saran buat YIMM
    kalo YIMM bikin gelaran acara entah perilisan produk baru atau pertemuan itu acaranya dibuat elit dan elegan gitu loh seperti acara AHM, biar selevel dengan 2 bloger kelas atas nan elit dan elegan itu :mrgreen:
    kalo perlu undang Boy Band K-Pop biar nuansa elit dan elegan lebih kental :mrgreen:

  6. untung yakampret ga ikutttt…..

    kalo FU menang trus bakal pada beli FU neh?

    the real DOHC dipertarungkan di balapan gado-gado dagelan ini

    ngoahahah

    kalo CB150R kalah yg disalahin adalah FBY knp YAKAMPRET ga mau ikut

    Ngoahahahah

  7. untung yakampret ga ikutttt…..
    —————————–
    trus klo yamaha knp lu tkut…?

    kalo FU menang trus bakal pada beli FU
    neh?
    —–——————————-
    iya ntar cb150r mlah gk laku hahahaha!!!

    the real DOHC dipertarungkan di balapan
    gado-gado dagelan ini
    ngoahahah
    kalo CB150R kalah yg disalahin adalah
    FBY knp YAKAMPRET ga mau ikut
    Ngoahahahah
    ————————————
    lah apa hubungannya dgn ymha klo cebong klah…! mng klo r15 ikut si cebong bsa menang, bsa aj ktingglan 6 detik lgi
    hahahhahaha

  8. Yang bikin regulasi pekok! Dasar managemen pembalap kelas kebon! Ya jd silakan balapan d kebon pembatas cukup pake karung beras.

  9. ngomong opo.
    klo kalah,yaa kalah aja.
    sekalian di buktiin d arena drag race klo motor semprot.y susah nikung.
    hahahahah.
    bloger di atas lebih pintar penyelenggara balapan”

  10. Sipp kalah ya kalahklomenang ya menang tanya pembalap mana saja klo menangyamenang jng salahkansirkuit tak pernahsalah real adalah
    Skildan kemampuan motor jadi tumpuanutama dan akselerasi motor kuncinya hanya itu

Ketik Komentar Anda