sil pompa (2)

Hari sabtu sudah jadi langganan bengkel rame, alhasil blog nggak keurus tapi nyimpen modal untuk di share disini. Kebetulan ada konsumen vixion yang mengeluhkan lampu sinyal / MIL nyala terus tanpa kedip saat kondisi motor sudah panas atau setelah jalan agak jauh. Saya cek menggunakan alat FID disitu tertera kode S/D 21, kode tersebut mengindikasikan adanya ketidak normalan di sistem pendinginan atau sensor suhunya.

sil pompa (1)

Kemudian saya cek kondisi sensor suhu ( termosensor yang disebelah busi) kondisinya masih normal, indikasi termosensor masih bekerja normal adalah saat motor sudah mencapai suhu 100’c maka kipas akan menyala. Saya tes kipas radiator ternyata masih normal juga. Akhirnya saya cek kondisi air radiator ternyata habis, ada beberapa faktor penyebab air radiator bisa habis salah satunya karena selang radiator bocor/sobek dan pernah saya ulas disini.

Air Radiator Vixion Meler Saat Kondisi Mesin Panas, Ini Masalahnya…

Saya cek juga selang radiator masih bagus, kemudian saya cek air radiator ternyata habis tetapi anehnya tidak ada tanda2 kebocoran dari luar lanjut saya putuskan untuk kondisi oli mesin, ternyata benar dugaan saya kalau kondisi oli mesin milky dan ini pasti karena sil pompa radiator bocor sehingga air radiator masuk ke ruang mesin sehingga bercampur dengan oli. Kondisi seperti ini jika didiamkan terlalu lama maka jeroan mesin bisa rontok karena pelumasan oli sudah tidak berfungsi lagi.

Lihat gambar dibawah, kondisi sil bocor karena faktor usia, harga sil pompa radiator 133ribu, jadi kalau lampu MIL nyala segera cek kondisi motor ke bengkel agar terdeteksi kerusakan yang ada di motor.

sil pompa (4)

35 KOMENTAR

    • nek milky oil tergantung kerusakannya, biasanya piston dan cylinder serta kampas kopling paling rentan rusak akibat milky. Karena part tersebut yang tingkat gesekannya paling tinggi.
      oil milky karena sil jebol biasanya motor over heat ditandailampu MIL nyala saat motor sudah panas atau jalan jauh, air radiator di tangkireservoir berkurang dan di radiator habis,jika iar radiator habis segera cek kondisi oli mesin, jika oli mesin terjadimilky maka dibisa dipastikan ada kebocoran air radiator dan yang paling sering rusak adalah sil water pump-nya rusak.
      biar aman, cek selalu kondisi air radiator dan kondisi oli jika ada lampu mil nyala segera ke bengkel,

  1. wah untung selama 8tahun belum pernah ada masalah radiator…
    oh ya, tanya bro.. untuk ngecek thermostat radiator MX msh fungsi atau gak ada alat g d bengkel Yamaha??

  2. eh kang mau nanya kalo untuk umur busi itu brp km seh? n apakah misal kalo max 5rb km harus ganti tp busi masih bagus apakah harus wajib ganti yg baru kah??

    • seingatku sih 7000KM… mksdnya dsarankan pada 7000KM d ganti… bukan berarti 7000KM pst rusak… karena bisa saja lebih dari 9000KM msh oke2 aja.. tapi kalau misalnya ingin memaximalkan umur busi ya mending bawa busi cadangan d jok. jadi sewaktu2 mogok ya tinggal ganti busi aja (kalau berepot2 ria)

    • klw businya ori , bagus, bukan palsu tiruan atau abal abal yah
      yg 5000 km itu umur rata2 busi mobil ndan,
      klw di motor 10000 km
      why ? kok bsa pdahal umumnya mobil lbh gde CC, lbh berat beban malah cmn 5000 km
      yup karena busi mobil ad beberapa, ad yg 2,3,4 6 trgntung jmlh silinder dan umunya masing2 silinder puny satu, jadi bebannya terbagi2.
      maka gk masalah jika bahan dasar pmbuatan busi std mobil dibuat dgn umur pakai lbh pndek, slain itu jka salah satu mulai minta ganti yg di silinder lain msh bsa utk mobil brthn agar ttp jalan meski timpang,.
      klw motr bahan nya agak kuat dgn umur pake lbh panjang krrena cmn satu , cc kcil tp smn satu dan dipake boncengan pula. jd umur pakai lbh panjang.
      CMIIW

      • Klo MX ane dr baru sampai KM 21.000 baru ganti busi brur, padahal service rutin di beres gak pernah lowong (2bln skali), setiap sevice kata mekanik beres businya masih bagus. sampain pada KM diatas saya inisiatif untuk ganti busi walau tidak ada rekomendasi oleh mekanik. koq bisa ya? 😀

    • punya motor radiator gak??
      kalo enggak coba ente gabung di forum2 motor beradiator macam CBR CS1 MX Ninja, pasti ente sering dengar masalah begini
      masalah begini sudah resiko punya motor radiator tergantung perawatan

  3. wah servis/perbaikan/merawat kluar 135 rb
    ehm ,.
    ini yg disebut dgn motor dgn biaya perawatan murah?
    hmm sambil manggut manggut

  4. waduh motor vixion ku juga baru mengalaminya,ternyata seal ama bearingnya udah ga normal lagi,air radiator udah banyak nyampur ke ruang mesin bercampur dengan oli untung cepat di bawa ke bengkel,,,melayang dah hampir 400 ribu

  5. Bang vixion sy uda naik spek
    Tp kalo air radiator.y d aktifin atau ada air.y mtor malah mati
    Setelah d cek busi.y ada air.y
    Bagainmana cara mengatasi.y bang
    Tolong d jawab bang
    Terima kasih bnyak

Ketik Komentar Anda