COVER R25 (5)

Kali ini Saya akan coba sedikit mengutarakan akan nafsu sesaat ingin pasang cover bodi fairing. Motor sport fairing saat ini sedang digandrungi para biker indonesia, kenyataannya penjualan motor sport semakin naik dan banyak motor sport naked dirubah pakai baju fairing. Apalagi saat ini sedang menunggu kabar R15 yang kabar beritanya selalu jadi HOT topik.

COVER R25 (2)

Tapi karena nafsu pengen punya motor fairing jangan sampai motor kang bro dikorbankan sebagai pelampiasan nafsu sesaat tanpa dipikir dari segi ergonomi, kenyamanan saat berkendara serta keamanan tentunya karena kebanyakan motor sport modifan baju fairing lebih sering kondisi stang tidak bebas, gerak bebas stang kemudi sangat kecil.

Kasihan kondisi motor yang sudah bagus2 bodi aslinya dirubah dengan modipan seadanya, kalau mau modifikasi dengan modal besar monggo tidak masalah tapi kalau cuma modal 1-2 jutaan dijamin sampeyan bakalan nyesel, bukannya bangga dengan hasil bodi fairingnya tapi malah nyesel nglihat hasilnya dan akhirnya jubahnya dilepas lagi. Padahal motor yang sudah dirubah bajunya pasti kondisi rangka ada yang dirubah untuk menyesuaikan bodinya belum juga kabel2 untuk kelistrikan bagian lampu depan pasti diobrak abrik tuch kabel bodinya, kalau asal pasang kabel bisa konslet bukannya untung malah buntung.

Saya bisa simpulkan sebagian besar biker yang modif pakai jubah hanya nafsu sesaat karena dari pengalaman saya bongkar jubah fairing ini rata2 para biker pasang jubah ini belum sampai 1tahun bahkan baru dua bulan saja sudah dilepas lagi dengan alasan utama hasilnya kurang memuaskan dan motornya tidak nyaman diajak manufer. Contohnya motor yang satu ini, baru tiga bulan dipakai sudah dilepas lagi padahal saat pasang habis 1jutaan, opo ora eman dwite…

Mekanik juga repot dibuatnya, saat pasangnya repot harus bisa bikin dudukan agar bodi fairing bisa terpasang sempurna juga harus menyesuaikan kabel2 lampu dan sinyal2 agar tetap bisa nyala normal, ngurut kabel kerjaan paling menyebalkan dan memusingkan.

Lebih pusing lagi justru saat mengembalikan kondisi motor modif ke standar aslinya, lebih mumet. Kemarin terakhir kejadian di bengkel saya saja motor dikerjakan dari jam 10 pagi selesai jam 6 maghrib. Bodi fairing dipretelin kemudian masang bodi2 yang asli bawaan pabrik dan yang lebih repot harus ngurut kabel…! kabel2 yang sebelumnya dipotong bahkan dibelek sana sini karena pemasangan kurang rapi, bikin kerjaan jadi lama.

Masih mau pasang bodi fairing ? pikirkan dulu matang2 jika cuma nafsu belaka dan modal cekak lebih jangan !!! siapkan dana dulu kemudian pasang bodi fairing kualitas wahid atau beli saja motor fairing sekalian aka CBR atau nunggu R15 kalau jadi brojol xixixi….

 

COVER R25 (4)
Bodi asli bawaan motor dibungkus, agar saat mau dipasang lagi tidakada masalah, tinggal PNP saja tanpa beli lagi
COVER R25 (8)
Bodi fairing mulai dipretelin, tuch lihat kabel belakang terlihat berantakan.
COVER R25 (9)
cover bodi fairing sudah terlepas tinggal ngurusin kabel2 yang berantakan
COVER R25 (10)
Bodi asli motor sudah mulai terpasang…
COVER R25 (1)
Akhirnya selesai juga… di kerjain darijam 10 pagi baru selesai jam 6 petang.

 

30 KOMENTAR

  1. nice info. kakak saya juga melepas fairingnya karena sudah bosan. Panas lah, dan banyak lagi alasannya. Perhatikan betul2, jangan asal nemplok.

    btw, motornya keren ya. ditunggu reviewnya ya.

  2. ckckck dan tntunya bsa ngurangi potensi pendapatan harian si mekanik itu, klw yg nonberes
    jam 10 pagi – 18.00 itu klw ganti oli atw servis ringan, replace pfast moving part stidaknya 4 motor bsa rampung itu,.

Ketik Komentar Anda