compression gauge (3)

Apasih Compression Gauge itu ? lebih mudahnya alat untuk mengukur besar kompresi di ruang bakar. Ada tiga faktor kenapa motor bisa hidup yaitu karena adanya pengapian, bahan bakar dan kompresi. Tanpa sistem pengapian yang bagus, sistem bahan bakar yang bagus serta kompresi yang bagus maka motor tidak akan hidup jika salah satu faktor tersebut terganggu.compression gauge (2)

Kali ini saya akan coba jelaskan bagaimana cara mendeteksi apakah kompresi diruang bakar motor kita masih normal atau tidak. Motor bisa hidup normal jika kompresinya dalam kondisi ukuran masih standar, kompresi bisa hilang (los kompresi) atau justru kelebihan kompresi yang bisa mengakibatkan overheat, piston meleleh, dll.

compression gauge (6)

Setiap service sebenarnya perlu pengecekan kompresi diruang bakar, tapi sedikit bengkel yang melakukannya menggunakan alat khusus untuk mengecek kompresi namanya compression gauge. Biasanya kalau masalah dimotor, barulah alat ini dipakai karena alat ini masuk dalam golongan special tool atau alat yang khusus yang diperlukan saat kondisi tertentu saja. Misalkan motor mogok maka mekanik akan mengecek ketiga faktor diatas, pasti yang dicek kondisi pengapian dulu kemudian kondisi bahan bakarnya jika keduanya bagus yang terakhir kondisi kompresi.

Tanpa motor mogok pun kita bisa meminta ke mekanik saat service untuk mengecek kondisi kompresi di ruang bakar terutama buat motor yang sudah tua atau diatas 20ribu km. Jika motor sudah diatas 20ribu km maka kondisi kerak yang menempel di ruang bakar pasti menumpuk, kerak ini mengakibatkan volume ruang bakar jadi mengecil dan sempit sehingga kompresi yang dihasilkan akan melebihi dari normal. Kebalikannya jika kondisi piston atau ring piston sudah aus atau klep bocor ataupun gasket busi tidak rapet maka akan terjadi los kompresi, kompresi berkurang dari ukuran normal.

Ukuran normal kompresi di ruang bakar setiap motor berbeda tergantung dari spesifikasi motor tersebut, untuk motor yang memakai decrompresi ciri2nya selahan kaki enteng saat diengkol untuk menghidupkan motor seperti motor vixion, rata2 besar kompresi jika diukur pakai alat kompresi hasilnya kisaran 700 KPA, sedangkan rata2 motor yang tidak memakai decompresi dikisaran 900 sampai 1400 KPA. Saya contohkan di motor fino ini mempunyai spesifikasi kompresi 1.100 kpa minimum 960 kpa dan maksimum 1.200 kpa jika kurang atau melebihi dari ukuran normal maka motor perlu service besar untuk membersihkkan kerak2 dan mengganti piston jika sudah aus.

compression gauge (1)

Berikut saya praktekkan motor fino, saya ukur menggunakan alat compression gauge hasilnya 1.100 kpa, masih normal jadi tidak perlu service besar. Alat compression gauge sudah dimiliki bengkel resmi yamaha karena alat ini wajib dimiliki oleh semua bengkel resmi dan saya rasa bengkel resmi pabrikan lain juga punya alat ini. Alat ini bisa digunakan untuk segala jenis motor bahkan bisa dipakai dimobil juga. Alat ini cara pakainya dengan cara memasukkan alat pengukur kompresi lewat lubang busi, busi dilepas kemudian alat ini dimasukkan dengan rapat kemudian motor distarter elektrik sambil gripp gas ditarik penuh maka akan timbul hasil kompresinya, bisa dilihat dari video dibawah ini.

compression gauge (7)

compression gauge (4) compression gauge (5)

1 KOMENTAR

  1. Mau tanya mas, kalo untuk new MX tekanan kompresinya berapa? Trus kalo dah ganti Silinder n piston punya vixion, tekanan kompresinya jadi berapa

  2. kang kl 2tak spek kompresi pst rendah y? tp kl macet dh bs bkin kaki panas,kl seumpama papas head dikit/lepas packing kn bs nambah tuh kompresi,kira2 gmn efeknya?
    sampeyan mekanik handal pst jg ngerti mslh ginian,kn dh pny pengalaman dgn king.

    πŸ˜€

  3. mas kalo tanda2ne cdi dan koil lemah atau mau mati gimana ya?motor saya bermasalah dan prediksi saya diantara keduanya itu yang lemah,dan usia pakai cdi dan coil berapa tahun?thanks.

    • tanda2 cdi mati, motor terasa mbrebet susah hidup saat kondisi dingin/pagi.
      kalo coil, biasanya saat kondisi motor panas motor mogok tidak ada pengapian jika didiamkan 10menitan motor hidup lagi setelah motor panas kembali mogok lagi.

      • lah itu kemarin motor saya mogok saat perjalanan, trus beberapa saat saya coba stater lagi dan hidup lagi,kemungkinan besar berarti coilnya. suwun infonya mas…

Ketik Komentar Anda