P1110256

Pernah nggak kang bro mengalami kejadian saat pencet tombol starter cuma terdengar suara “cer-cer” ?, dinamo berputar tapi tidak bisa memutar cranksahft atau piston untuk bisa bergerak dan menghidupkan mesin, alhasil motor harus diengkol dulu baru motor bisa nyala. Kalau cewek atau ibu2 pasti nyerah tuch harus pakai acara ngengkol apalagi motornya matic.

P1110264

Starter clutch atau lebih sering dibilang Starter otomatis disitu permasalannya, fungsi starter otomatis ini sebagai penghubung antara dinamo dengan crankshaft atau mesin. Starter bekerja saat dinamo berputar kemudian pelor starter otomatis menekan dan memutar crankshaft agar mesin bisa hidup. Nach kalau pelor starter otomatis aus atau kotor maka starter otomatis tidak akan bekerja makanya saat tombol starter dipencet cuma bunyi ”cer-cer”. Starter otomatis tertanam hampir di semua motor kecuali ACG starter yang ada di vario techno.

P1110258

Lah… terus bagaimana ngatasinnya ? apakah langsung ganti baru yang harganya cukup menguras dompet…harga starter otomatis ini lumayan menyentuh harga diatas 200ribuan, bahkan ada yang 700an untuk motor sport. Kang ari kasih sedikit solusinya…agar jadi hemat.

P1110230

Langkah pertama bongkar starter otomatisnya, saya contohkan di motor mio lawas nich. Setelah starter otomatis sudah dibongkar, lepas pelor starternya kemudian dibersihkan semua pelornya…jika pelor masih nampak belum aus cukup per pelor ditarik sepanjang sepertiga dari panjang normal per pelor, jika sudah kemudian dipasang lagi. tes apakah langsung tokcer… ?

pelor starter

Solusi kedua beli pelor starter otomatisnya jika pelornya sudah aus… murah kok pelor starter ini rata2 dijual cuma 30ribuan saja cuma kelemahannya yang namanya bukan part asli pasti tidak bisa bertahan lama, kang bro sudah tahulah itu… meskipun pakaipart KW tapi aman karena tidak berpengaruh terhadap kinerja mesin, karena sterter otomatis ini hanya berfungsi untuk menghidupkan motor saja setelah motor hidup maka pelor starter akan lepas dari mesin.

51 KOMENTAR

  1. .motor fino q jg ngunu kang.klo hbis d.servise trus pas d.geber poll..pasti gk bisa d.stater..nyari pelor dan per nya d.mna kang?? bisa bantu??

  2. kalo tosa roda tiga 200cc pelornya pakai apa ya gan, tak ganti punya jupiter gak awet sebulan sudah ngelos lagi

  3. Setelah ganti oneway pada xride starter elektriknya tetap ngelos, aki bagus, dinamo starter baik tapi tetap ga bisa muter kruk as.. mohon solusinya

  4. Bro Ari
    Saya pakai trail hyosung
    Persamaan parts nya dengan suzuki thunder 125
    E-starter sdh ganti oneway nya pakai oneway suzuki thunder 125 itu
    Berjalan normal 1 mingguan aja
    Sekarang ngelos lagi
    Gimana tuh ya?

Ketik Komentar Anda