1378343_597817633610697_185837598_n

Salam satu hati untuk menuju yang semakin terdepan. Mekanik adalah sebagai ujung tombak semua pabrikan, tanpa mekanik motor nggak akan laku karena tolak ukur sukses atau tidaknya sebuah pabrikan motor/otomotif terletak pada pelayanan after salesnya, jika penjualan banyak tapi pelayanan after sales tidak diutamakan pasti konsumen akan kecewa dan akhirnya kabur pindah beli motor merk lain.
Mekanik menjadi peran central dalam pelayanan after sales tanpa ada mekanik pelayanan after sales tidak akan berjalan. Mekanik juga berperan penting dalam penjualan motor meskipun tidak terjun langsung ke dunia sales, sebelum konsumen beli motor pasti konsumen tanya2 dulu terutama ke mekanik motor apa yang bagus ? kalau mekanik ngomong merk A bagus pasti akan beli A begitu juga kalau mekanik ngomong B pasti konsumen akan berfikir beli motor merk B. Makanya mekanik menjadi ujung tombak pabrikan motor.

66990_435570549886602_236547948_n
Tapi kok masih banyak bahkan sebagian besar mekanik mengeluhkan gaji yang kecil bahkan jauh dari standar UMP yang ditetapkan setiap pemerintah daerah !? mau mekanik yamaha ataupun honda sama saja pada ngeluh. Memang tanpa ada ATPM maka tidak akan mekanik tetapi alangkah sinerginya jika semua unsur saling mendukung saling kerjasama, pabrikan motornya laris mekanik seharusnya ikut bahagia karena kesejahteraannya diperhatikan. Banyak dikeluhkan mekanik yamaha yang dituangkan di media facebook, setiap ada group mekanik entah mekanik ATPM apa saja pasti pada sharing soal pendapatan merekan yang jauh dari yang diharapkan meskipun kita harus bersyukur terhadap apa yang sudah kita dapatkan saat ini.
Mekanik menjadi ujung tombak ? itu sudah jelas, tetapi sebagai ujung tombak kok justru nasibnya yang paling ditelantarkan. Pabrikan setiap tahun mengadakan kontes / lomba mekanik untuk mengasah tingkat seberapa mereka bisa melayani konsumen dengan baik, itu salah satu apresiasi dari pabrikan untuk mekanik tapi… itukan hanya untuk beberapa mekanik saja tidak keseluruhan. Seharusnya pabrikan mengambil langkah agar pendapatan para mekanik bisa disetarakan sesuai skil dan UMP masing2 daerah.
Mekanik itu kerjanya juga berat lo… setiap hari dimarahin konsumen ! ditodong pakai senjata oleh aparat-pun pernah ada yang ngalamin, diancam pakai golok,parang itu sudah jadi makanan para mekanik, konsumen tidak puas dengan kondisi motornya entah itu kesalahan mutlak dari pabrikan ataupun kesalahan perawatan pasti yang jadi tumpahan kemarahan mereka adalah mekanik. Pasti yang sedang baca tulisan pernah juga ngomelin mekanik,hayoo ngaku…! Konsumen cenderung menumpahkan kemarahan mereka dulu ketimbang mencari solusinya terlebih dulu.
Nach kalau mekanik mengeluhkan gaji yang tidak memadahi apakah salah …!? karena mereka memang ini faktanya. So… buat para mekanik se-indonesia tetap semangat !!! meskipun ATPM tidak memikirkan nasib kita. Coba lihat kalau mekanik pada mogok kerja… pabrikan pasti nyungsep…!!!
Buat mekanik maaf kalau sebagian status dan komen di FB saya share disini… agar mereka yang duduk manis diatas bisa melihat kondisi dibawah.

gaji4 gaji11 gaji10 gaji9 gaji8 gaji7 gaji gaji1 gaji2 gaji3 gaji 12 gaji 5

1 KOMENTAR

  1. .kang, mo nanya
    kalo servis di beres yamaha, customer boleh nanya2/ngobrol ma mekanik pas saat proses servis?jadi masuk ke pit juga gitu

      • agak susah yah buat nambah ‘kesejahteraan’ teknisi klo kyk gitu,.
        Yg nrima motor bukan teknisi, klo ada ganti part bukan teknisi juga yg ngomong ke konsumen, pas ngasih motor juga bukan teknisi
        Susah ngasih tips nya, padahal ada juga yg pengen di diskusikan
        Pengalaman di beres tempat sy

  2. Sumpah baru tau kang..tak kira tuh gajinya minim2nya umr..ternyata jauh dari standar umr..pantesan temen banyak yg udah sekian thn kerja trus akhirnya buka bengkel sendiri..

  3. Saya ke beres kalo motor baru aja, manfaatin servis gratis. Di beres jg g bebas nanya2 m mekanik’a, trs kebnykn anak2 yg baru lulus training jd kurang pengalaman.

  4. klo udh pnya modal cukup buka bengkel sendiri aj.prospeknya jg bagus,dit4ku bengkel pinggir jln justru malah lebih rame dr bengkel resmi.

  5. klo udh pnya modal cukup buka bengkel sendiri aj.prospeknya jg bagus,dit4ku bengkel pinggir jln justru malah lebih rame dr d,bengkel resmi..

  6. Sebenarnya yang harus di benahi sc sistem waralabanya dr pabrikan.mereka mewaralabakan tp tidak memantau para pelaku waralabanya.hanya mikirin produksi.jualan.claim dll.itu aj
    Dan mereka belum pernah baca artikel”PERUSAHAAN YANG BESAR ADALAH PEUSAHAN YANG MEMPERHATIKAN KESEJAHTERAAN PARA KARYAWANNYA”

  7. kl mekanik gtu dpt jamsostek+medical insurance dr beresnya g mas ari? miris bnget dgn gaji sgtu mas, udh ky pekerja romusa aja..masa rata2 gaji mekanik y n h cm beda 300rb sm cleaning service di t4 krjaku..

    dgn skill semacam mekanik hrsnya bs dpt lbih, minimal ump+jamsostek lah..kl gaji sgtu bertolak blkg dgn regulasi depnaker g si? any comments?

  8. ===================

    Jadi tukang pijit ajah Om….
    1 hari cukup 4 pasien……..
    1 pasien dipijit 1 jam bayar 30rb…
    1 bulan dah ngumpul 3,6 juta….
    …hmmm kerja 4 jam/hari dapat 3,6 jt/bln.
    …kalo kerja 8 jam/hari, sebulan bisa 7,2 juta tuh….
    hidup tukang pijit…

  9. ya alangkah baiknya gaji sedikit d naikkan. tapi dg seleksi mekanik yang lebih ketat lagi. agar mendapatkan mekanik yang benar2 bagus, jadi gajinya benar2 sesuai

      • Begini, Om.
        Menurut saya, nilai seorang mekanik lulusan sebuah ATPM besar, akan berbeda.

        Misalnya begini, Om Ari mendirikan bengkel sendiri, kemudian Om Ari “menjual” latar-belakang pendidikan dengan mencantumkan : BENGKEL ARI, dikelola oleh ex-mekanik (ATPM) selama 10 tahun.

        Memang, setiap orang punya batas waktu tertentu (dan kesempatan tersendiri).

  10. Kang Ari…Jangan ngeluh aja, nggak menyelesaikan masalah. Kang Ari tolong tampilkan perhitungan pemasukan dan pengeluaran bengkel, terus disampaikan di sini. Jadi kalo kita nuntut naik gaji ada dasarnya. Kalo dengan gaji yang “wajar” itu ternyata masih sangat menguntungkan owner, ya wajib untuk diperjuangkan.

    Dan ga ada cerita itu dididik gratis ato bayar. Biaya pendidikan itu ditagihkan ke konsumen kok dalam bentuk harga motor. Kalo mau balas budi ya ke konsumen, bekerjalah dengan sebaik-baiknya. Jangan mau ditipu pake jargon Jepang, “loyalitas”, di Jepang udah makmur, makanya loyal.

    Mau ngadu ke Pusat??? Jangan harap situ bakal diurusin. Ini bola panas, ga akan ada orang Pusat yang mau megang. Lah gajinya orang pusat gimana? Jangan-jangan sebelas dua belas.

    Gambaran aja, di tempat saya sistemnya proyek, ada proyek ada duit, kalo ga ada ya makan sendal.
    Untuk mengajukan penambahan admin aja saya harus ngitung berapa pengeluaran gaji total setahun. Untung atau rugi dari nilai proyek. Sampai sekarang ga di-acc karena kebetulan belom dapat proyek baru.
    Teman saya yang punya perusahaan serupa tiap bulan sering ngutang buat bayar gaji karyawan karena duit baru masuk paling cepat 6 bulan kemudian.

  11. makanya banyak yg kecewa ke beres klo motor2 lama, soale mechanic pada ngincer tips dari konsumennya, jadi klo ada motor yg butuh analisa pasti keselnya minta ampun, mending service motor baru, 10 menit selesai, palagi yg injeksi..cuman bersihin filter doang..blayer2..beres..soale klo butuh analisa, temennya dah selesai 3 motor, die baru 1 jg blom ketemu penyakitnya, uangnya tips juga hilang, palagi yg punya peliit..:D

    saya dah hitungan tahun nggak keberes2 lagi..kapookkk…motor bukannya tambah beres, malah tambah ancuur…alasannya banyakkk

  12. ikut prihatin jug gan.,tpi qta mau ksih tips jug susah gan.. Kmarin abis servis brkala, tu mkanik ru slae ngrjain mtorku, lnsung ngrjain mtor lain, sdangkan qta jug gak bsa msuk k’pit.

  13. Kalo boleh saya tau… berapa sih yang mekanik harapkan untuk gaji?
    kebetulan saya pemilik, saya berusaha menggaji mekanik sesuai dengan pekerjaan mereka.
    Takut-nya gaji yg saya berikan masih belum memuaskan bagi mekanik dan diantara komen sapa tau salah satu-nya mekanik saya

    • kalau saya pikir itu tergantung..
      berapa nilai kartu jasa KSG,berapa tarif jasa service berkala,dan target sparepart.
      di daerah saya(mungkin ini juga satu satunya di jawatimur mungkin juga di indonesia) ada bengkel resmi yang menerapkan sistem 60/40 sampai 70/30.dimana 60% untuk mekanik dan 40% untuk owner.memang sc dengan sistem ini mekanik tidak mendapat bonus sparepart(hasil keuntungan sparepart murni untuk owner).tapi c owner g merugi tc..
      semau tergantung dari kebijakan dan pola pikir owner nya serta kebijakan pabrikan.

      • Terima kasih masukan-nya. Tapi kalo dg hitungan itu mekanik menerima gaji pokok berapa?
        ada jamsostek keluarga? apa ada liburan bersama misal ke bali?
        Untuk pajak apa dibayarkan sesuai tiap bulan-nya?

        • dengan hitungan seperti diatas maka tidak ada gaji pokok pak.karena menggunakan sistem bengkel umum.klo terjadi human error yg menyebabkan motor konsumen rusak(mungkin tledor,atau jatuh saat nyoba) maka 90% mekanik yang nanggung,dan 10% pemilik bengkel/3S atau sesuai kesepakatan.tentunya aturan juga di perketat agar citra pelayan bengkel tidak menurun.
          masalah jamsostek,liburan,reward lainnya saya kira 80% bahkan mungkin 95% pemilik bengkel dan atau pemilik 3S jarang melakukannya atau mengcovernya.

          kalau saya lihat dari tata tulisan dan bahsa,saya yakin anda seorang yang bijak,yang secara tidak sadar anda ingin meraih keuntungan namun juga tidak mengorbankan kesejahteraan karyawan.
          kalo semua jaringan pabrikan motor yang saya ikuti sekarang semuanya seperti anda.saya yakin produk dan citranya semakin melambung.hehehehehehe

  14. yg jelas Ngenes dan tragis nasib jd mekanik ymh, ane dulu pernah kerja di beres ymh selama 3 tahun..masuk awal cuma di bayar 15ribu/hari, sampai kerja selama 3 taun dapat kenaikan 25ribu/hari…akhirnya milih keluar..dgn alasan byk mekanik ymh yg udah kerja di situ 10taunan lebih jg cuma di gaji 35ribu/harinya,

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini