kampas kopling (1)

Ganti kampas kopling jangan tunggu kampas koplingnya aus dulu baru diganti,kenapa ?

Kali ini kang ari mau kasih tips tentang kampas kopling tipe basah yang ada dimotor tipe moped atau motor sport.Buat bikers motor kopling terutama kopling manual pasti kampas kopling cenderung lebih cepat aus dari pada tipe kopling otomatis seperti di kebanyakan motor moped. Untuk kondisi normal kampas kopling aus dikisaran 20ribu km,diangka 20ribu keatas sudah mulai terasa gejala kampas kopling aus seperti tarikan/akselerasi awal terasa ada yang selip saat lepas tuas kopling.Yang kedua jika tuas kopling jarak gerak bebasnya menjadi jauh sendiri padahal tidak kita setel.Dan yang Motorpun biasanya tarikannya sudah berat mulai gigi kedua dan seterusnya.

Jika sudah ada tanda2 gejala seperti itu maka segeralah ganti kampas kopling,jika tidak segera diganti maka akibatnya akan fatal karena akan mrembet ke part yang lain ikut aus dan biaya service jadi membengkak.Yang seharusnya cuma ganti kampas kopling tapi karena diabaikan mrembet eke par lain seperti rumah kopling dan tutup koplingnya.

Sebenarnya kampas kopling bisa dipakai sampai 50ribu km bahkan jika pemakaian motor tidak sering ‘gantung kopling’ seperti tetangga sebelah saya dia seorang mekanik mobil motornya jup.mx sudah 55ribu km belum pernah ganti kampas kopling,kang ari saja sampai heran kilometer sudah jauh tapi kampas kopling masih tokcer.Jika bikers pemula pasti kampas kopling tidak akan terpakai sampai diatas 30ribuan km,karena sering gantung tuas kopling bahkan kang ari sering didatangi konsumen yang belum bisa cara pakai motor kopling manual baru 5ribu km saja kopling sudah aus dan kondisi rumah kopling sampai gosong.

Maka saran kang ari jangan tunggu kampas aus sampai motor tidak bisa jalan baru diganti,hemat biaya.Seperti konsumen vixion satu ini dia datang kebengkel minta ganti kampas koplingnya padahal motornya baru 26ribu km.Kondisi kampas kopling masih layak pakai tapi untuk menjaga hal2 yang tidak diinginkan lebih baik diganti sebelum parah.

kampas kopling (6)

Oiaya satu lagi tips nich saat pasang kampas kopling,bilang ke mekanik yang masang,saat kampas kopling yang baru mau dipasang dirumah kopling,kampas kopling dibasahin atau dicelupin ke oli dulu tujuannya agar kampas kopling tidak cepat aus. Jika kampas kopling tidak dibasahi oli maka saat motor pertama kali dinyalakan maka aliran oli dirumah kopling bisa seluruhnya membasahi kampas kopling. Jika kampas kopling masih kering maka gesekan yang terjadi akan mengikis ketebalan kampas kopling meskipun hanya sedikit.

kampas kopling

Monggo dikunyah kunya….

Advertisements

112 KOMENTAR

  1. Klo di n250 ’11 krbu ane brasa makin enteng tuas koplingny tuh knp kang??Ane dah stel ke tuas yg dket handle dah enak lg?!Diforum ad yg bilang itu tali koplingnya dah mo ‘putus’ !?!Tp klo mank dah ngelos/mo putus wktu msuk gigi 1 biasanya motor bs running sdikit mski sdh ditarik tuas koplingnya. Mohon pncerahannya kang ari ??Thx b4 🙂

    • yup,betul itu tanda2 kabel kopling sudah mau putus,biasanya gejala seperti itu tidak akan bertahan lama tidak ada 1 bln kabel kopling putus.
      memang gejala seperti itu motor tetap normal tapi jika dirasakan betul2 saat tarik tuas kopling ada sedikit “gregel” dan tuas kopling tetap enteng normal tidak berat/seret.

  2. kalo supra saya sejak baru (taon 2009) belum pernah ganti, sekarang odometer menunjukkan angka 62.000,apakah sudah waktunya ganti?saya pernah tanya ke mekanik ahass,katanya tarikan masih oke jadi nggak diganti dulu,menurut smpeyan gimana mas??padahal kilometer dah banyak.
    oya tanda2nya motor bebek waktunya ganti kopling gimana mas?apakah sama dgn motor sport yang smpeyan jelaskan diatas?
    thanks b4… 😛

  3. klo koplingnya brisik itu apanya mas..? klo kabelnya ditarik adem, klo dilepas bunyi lagi.

    kopling slip itu mksdnya gimana sich mas..maklum baru pake motor kopling..:)

    • kalo kopling brisik tapi saat kabel ditarik jadi alus itu kondisi karet kopling sudah oblak,bisa dipantek ganti karetnya saja tapi hasilnya g maksimal kalo ganti baru rumah koplingnya lumayan mahal.
      kopling selip motor ngeden saat jalan,gas sudah ditarik tapi motor terasa berat tarikannya

  4. Mas mau tanya, klo Vixion pake kampas kopling scorpio bisa/PNP ga?ada efek sampingnya ga? Soalnya denger2 kampas kopling Scorpio lebih murah..trimakasih

  5. mz ari kok njmx ku klo pas ngurangi dri 3 ke 2. 2 ke 1 persneling rda ky nyangkut balik keatasnya.. knp ya mz,. klometer meh 40rbu, gejala nyangkut bru 1 mingguan,.. stelah tak geber pulkam tahun baru kmren, pa kmpas kopling.a mw habez mz..

  6. maf maz aRi.. ganti pli? pli itu apa maz.. ganti oli p mz,. uda ganti oli mz,
    kalox ganti karet itunya kira2 brapa dana.nya maz,.. biar d persiapin..

  7. kmaren uda ganti oli krain sembuh, tp trnyta blum jhe mz,. tktnya rusak parah, kdg pas jalan uda gear 1, d gas tnyta
    netral. . . jd nggerung.. n malu d sayanya, d kira nggeberin mtor laen..

  8. Btw kampas kopling itu fungsinya buat apa kok saat gantung kopling malah membuat cepat aus, padahal kalau gantung kopling rasanya seperti giginya tidak mengenai apa2..?
    Kok bisa cepat aus ya?

        • fungsi kopling untuk mentransfer putaran mesin dengan roda belakang.
          kopling meneruskan dan memutuskan daya melalui gesekan diantara plat,jika plat dipisahkan satu dengan lainnya secara penuh maka kopling memutuskan tenaga sebaliknya jika tuas tidak ditekan maka plat saling menempel dan tenaga mesin tersalurkan dengan sempurna.
          kenapa kampas kopling bisa aus dengan cepat (abnormal) ? kampas kopling jenis basah terdiri dari plat kopling yang saling berputar dan bergesekan,kopling bekerja sempurna jika kampas kopling menempel atau terbuka (terpisah ) dengan sempurna antara plat satu dengan yang lainnya, jika tuas kopling ditekan gantung (cuma setengah ) maka intensitas gesekan antar kampas akan semakin tinggi yang mengakibatkan kampas cepat aus dan penyaluran tenaga dari mesin ke roda tidak bekerja sempurna ( saat kopling digantung pasti motor akan menggerung saat jalan dan motor terasa berat tidak ada larinya ).
          kopling gantung membuat kampas kopling cepat aus bisa dibuktikan dengan cara saat jalan tuas kopling ditekan terus setengah saja jangan full,pasti kampas akan cepat habis dan motor tidak ada tenaganya.

  9. permisi..ngomong” soal kopling ya gan..
    beberapa hari lalu motor ane nmp ganti kampas kopling..dikarenakan suka selip klo mau nurunin gigi..pdhl baru 15rb km. baru pake setahun motor.. abis diganti kok terasa juga ya masih selip..tapi ya emg ga separah pas sebelum di ganti.
    jadi intinya uda diganti tapi msh selip sesekali. bingung. ada solusi ga yan ? tq.

    • yang diganti hanya kampas koplingnya?
      1.cek dulu kondisi plat besinya apakah sudah aus juga g?
      2.kondisi boss clutch( rumah kopling apakah aus juga, biasanya di kilometer15ribu kampas sudah aus maka rumah kopling ikut aus juga.
      3. kondisi tutup kampas kopling (plat pressure) seperti rumah kopling mudah aus jika terlambat ganti kampas kopling.
      4. kondisi kabel kopling seret g? kabel kopling yang seret maka proses penekanan/daya balik per kopling jadi terlambat menyebabkan kampas kopling terasa selip.

      • iya gan yg diganti hanya kampas kopling dan oli saja..soal nya motor nya ane tinggal di BeRes..2 jam ta ambil lg motor nya. klo kondisi yg lain nya ga ngecek gan..ane newbie gan ga ngerti soal motor 😀 tau nya klo enak ya pakai..ga enak ya ngeluh..wkwkwkwk..
        kabel kopling ga seret kok gan. lancar” aja.
        kyk nya penyakit nya yg no 1-2-3..wkwkwk..
        blm sempat komplain lg sih gan.

  10. Mas mau nanya kalau motor sering minta naik turunin gigi apa koplingnya udah aus juga? Seperti contoh ketika lagi jalan posisi gigi 3 kecepatan sekitar 50-60 km/h tiba” ngerem dikit karena ada kendaraan nyebrang, pas digas lagi tarikan berat dan ane turunin ke gigi 2 baru narik lagi (Ane cobain dimotor bebek lain gigi 3 masih enak buat narik). Kadang saat jalan agak nanjak ane musti nurunin sampe gigi 1 baru tarikannya cepet. Motor ane jupi z burhan 2008 kilometer 37 rb

  11. uda sy bli mz nepelnya. trus selanjutnya apa lg yg akn sy lkukn mz? dan kunci apa aja mz yg akn sy persiapkn? mtr sy new jupiter mx yg 5speed. sblmnya trmksh y mz atas ilmunya….

    • tang potong,tang besar/lancip, kunci pas 12 . lepas kabel kopling dari selongsongnya, masukkan kabel vesapnya dari atas, jika sudah sampai bawah nepel dipasang tuas kopling bawah, kencangkan. ptong sisa kabel vespa jika kepanjangan. kalo nggak bisa masang lbh baik ke bengkel saja

      • oh..iya mz trmksh atas ilmunya. klo k bengkel bwt apa atuh sy nanya ke mz yg pintar akn pengalaman d dunia otomotif….s x lg trmksh y mz… jgn kapok y mz klo sy kpn2 ingin nanya lg tntg yg lainya….hehehehe…
        smoga sukses slalu mz….

  12. Mtr sy shogun 125 r th 2005, km sdh 60rb lebih, mtr jarang sy pakai .kemaren sy coba utak atik mtr sy , sy coba ubah stelan kopling eeee mlh ga bs kembali sperti semula, artinya sy masukin gigi 1 sya tahan roda masih mutar terus , padahal sebelumnya normal, sya ulangi stel berkali2 hasilnya tetap sama, cape deeeh, gimana y gan tlong solusinya dong

  13. bro ane dah gondok nih benerin supra xx ane udah ganti seher 3x masih ngebul dan paking juga di ganti top set tapi masih ngebul juga, tolong donk kasih tau solusinya biar gak ngebul lagi.

  14. ms ari… mw nanya lg.. ini gmn yaa… kmrn uda ganti kmps kopling… jg udah pantek kopling… sxan ganti stelan angin karbu.. smpe stel klep sgla krna suara msin wes kasar.. habis dana hmpir gopek.. tp kok msh suka susah pndah gigi… dri ke 3ke 2… haduhh pusing bnr saya … mw balik k beres.nya uda bebeh tenan… la hasilnya msk msh ky gtuu.. py y mas… apanya yg bikin susah nururin gigi … tolong d bantu mas.. kira kira apanya… mslh yg plg bkin g nyaman operan giginya inii… susah xlo ngurangin gigi… mana jln ke arah krja.an sring macet pulaa… gmn rasanya… dr brenti jln pake gigi 3.. msakne mtor.e… haduuhh… ni pake njmx maz..

  15. Aduh aduh. . Punya ane udah 56ribu km belom pernah ganti bang.. Bahaya neeh
    tapi masih sanggup angkat ban depan waktu oper ke gear 2.. Lain kali aja laah…

  16. mau tanya om, kalo tuas koplingnya agak jauh itu karena kampas kopling juga apa nggak?(setelannya udah mentok) untuk tenaga nggak beda jauh dari awal beli,,,,

  17. Gan motor saya jupiter mx 2008 tadinya tuas kopling kendur trus saya setel normal lg gk lama di bawak jalan kendur lagi saya stel lagi skrg malah jadi dol macam gk ada tarikannya sprti semula.
    Kabel kopling masih bagus gk ada yg putus..
    Kira2 apanya gan yg rusak & biaya prbaikannya brp..
    Terma kasih..

  18. mau tanya. vega RR ku km baru 2rb
    ini motor pertama ane. ane newbie juga tentang motor

    kenapa ya. tiap ane turun gigi
    misal dari 4-3-2-1
    serasa jeglek.. gitu. ngga halus.
    terutama pas gigi 2-1
    ane coba supra temen ane alus aja.
    mohon wejangan nya

  19. Gan permisi numpang tanya kalo vixion saya thn 2012 kalo di buat gigi tiga pada saat rpm menengah terdengar dengung pada masin itu knpa ya tolong infonya tq…….!!!

  20. sory semuanya yg pengguna motor gede terutapa yg make motor scorpio,,mau nnya motor scorpio sya klo kopling di tekan masih ngeluyur,kira kira apa nya ya yg harus di perbaiki,dn juga tarikannya kurang masa motor cc225 ga bisa lari,minta solusinya?

  21. mas maw tanya nih..ane punya motor tiger, setelah ane ganti kampas kopling kenapa jadi susah sekali masukin gigi 1 harus di buka gas baru bisa nyantol persenelingnya?
    dan setiap buka kopling motor endut endutan ?mohon pencerahannya gan..terima kasih

  22. Kenapa setelah ganti kampas koplin vixi… tarikannya masih nahan ya gan… padahal itu diganti satu set ori loh…. mohon balasannya gan…

    • Kabel kopling seret juga pengaruh, setelan kopling harus center ada nok nya d sebelah kiri.
      Berat bisa jadi bukan dari kopling tapi kompresi atau injeksi kotor.

      • Halo mas ari, mau nanya nih. . .kenapa ya Megapro ane kalo pas nanjak ngeden,nafas pendek pendek, suara kasar , tiap kali gas lebih di puntir, mesin bunyi klek klek klek, semacam gak boleh ditambah gas nya. Itu kira2 apa ya yang harus di benerin. Maklum mas, newbie. . .

  23. Vixion ku habis ganti kamrat malah ada bunyi desingan nging ,tiap gas dipuntir ikut myaring,apanya yang salah ya mas?udah diganti laker nokenya tetep aja ga sembuh

  24. mas, kok ni td saya hbs ganti kampas Kopling baru. tp kok masih suka selip yahh, kalo di standar 2 trs di masukan gigi 1, kopling di tekan malah berputar roda belakangnya

  25. Mas Ari,ane mau nanya nih,motor sy shogun sp klu masuk gigi 3 ada bunyi kresek2 dan bergetar dari bawah mesin tp klo gigi yg lain normal2 sj. Teman sy bilang,kemungkinan kampas koplingnya minta ganti. Menurut mas ari?? thanks

  26. mas sya mau tanya nih. motor saya vixion. motor saya standar tengah. terus saya nyalain. terus saya masukin gigi 1. maslahnya pada saat handle kopling sya tekan sampe mentok. roda blkng masih tetep muter. saya coba stop gak bisa . lalu handle saya lepas masih tetep muter tu roda. itu kanapa ?????

  27. Mas, mau tny ni ..
    Kalau motor NVL dibawa jalan dari gigi 1 hampir mentok hbis tu naik ke 2 tu macam ad bunyi besi getar gtu dan strusny saat ingin melkukan pernaikan gigi …
    Tu yang pertama yang kedua mau tanya kalau vixion ganti kampas kopling scorpio ad pngaruh buruk gak sama vixionny ??

  28. Haduh mas broww ….jupiter ane 20008. Saat masuk gigi tiga bunyi mendengung …tapi klau saya injak kopling separo tus saya gas bunyi hilang..
    Apanya ya masbroww…plis balas

    Hanya di gigi tiga masbroww

      • Mas ari vixion saya kok kalo di rpm 5-6rbu gigi 4 suaranya ngedengung yaa???
        Saya jga baru ganti kanvas kopling tapi malah stiap putaran rendah kalo mau ngelepas tuas kopling terasa “greg greg” dirante.itu kenapa yaa

  29. Mas mau tanya kalau kampas kopling FIZ R di ganti kampas kopling punya nya FU.bagaimana mas,tolong infonya mas

  30. Motor kopling manual cenderung lebih cepat habis kampas koplinya dri pada auto transmisi/motor bebek tanpa kopling, saya udah nyobain sebelum jupitter z saya kopling manual kampas lebih awet bisa berthan 3 th pemakaian full, skrang sudah di kopling manual dan kampas bertahan 1 th

  31. Kang ari, njmx manual oper gigi kadang nyangkol setengah, terutama turun gigi musti bleyer sedikit. Sudah aus kampas koplingnya atau rumah koplingnya?

Tinggalkan Balasan ke trielu Batalkan balasan