Beranda OTOMOTIF Vixion Nglitik… Nich Penyakitnya

Vixion Nglitik… Nich Penyakitnya

87

vixion nglitik (5)

Buat para biker vixion kang ari ada sedikit info nich,terutama buat motornya yang ada suara nglitiknya,berawal dari konsumen kang ari yang mengeluhkan suara nglitik kasar sekali jika gas digeber maka suara nglitiknya akan semakin kencang.

Jika motor kita timbul suara nglitik biasanya identik dengan suara klep,kita langsung berfikiran kalo celah klep sudah kendor dan perlu diganti,tapi jika klep sudah disetel ulang keukuran normal dan suara nglitik tetap masih ada pasti ada yang nggak beres.Info ini hanya sebagai masukan saja sesuai yang seperti kang ari sering alami dibengkel,selebihnya jika kang bro mengalami fenomena ini harap dikonsultasikan ke mekanik langganan.

Suara nglitik bisanya timbul karena :

1.Celah klep sudah diluar ukuran normal.

vixion nglitik (1)

2.Celah antara piston dan ring piston dengan cylinder ce;ahnya sudah besar(diluar ukuran normal) bisa terjadi karena aus efek pemakaian yang sudah berumur atau piston dan cylinder aus karena kurang pelumasan atau pernah mengalami kehabisan oli mesin.

vixion nglitik (2)

Jika kedua faktor diatas sudah dicek dan disetel ulang tapi nglitik masih ada bahkan tidak ada perubahan,jangan panik kang ari kasih obatnya…Selain kedua faktor tersebut motor vixion nglitik lebih sering disebabkan oleh :

1.Roller rocker arm (pelatuk klep) dan as pelatuknya sudah aus.

Di pelatuk klep motor vixion(jup.mx) sudah memakai sistem roller ,jika permukaan rollernya sudah aus atau peang mengakibatkan perputaran roller tidak sempurna dan pelatuk saat menekan klep gap-nya (celahnya) tidak beraturan kadang rapet dan kadang besar celahnya yang mengakibatkan jadi nglitik.Lihat gambar dibawah ini,roller yang bulat yang lebih sering aus.Kejadian pelatuk klep aus lebih sering terjadi dari semua faktor jika kedua langkah diatas sudah dilakukan. 

vixion nglitik (9)
as pelatuk.
Nomer 1 dan 2 adalah bagian yang aus sedangkan nomer 3 dan 4 bagian sisi sebelahnya yang normal

vixion nglitik (8) vixion nglitik (3)

 

2.Noken as (camshaft )

Kejadian noken as aus jarang terjadi jika sistem pelumasan berjalan normal dan celah klep sering dicek kelonggarannya.Jika pernah kehabisan oli maka permukaan noken as bisa aus.

vixion nglitik (7)

3.Klep

Batang klep juga sangat berpengaruh,jika suara nglitik dibiarkan cukup lama karena tidaksegera ditangani maka permukaan roller pelatuk klep akan semakin aus dan saat menekan batang klep jadi tidak beraturan sehingga benturan yang tidak sempurna ini akan mengakibatkan ujung klep akan jadi aus (ujung klep berubah jadi cekung),nich contohnya :

vixion nglitik (4)

 

4.Tensioner (tonjokan rantai keteng)

Jika tensioner atau part yang berfungsi sebagai penonjok rantai keteng ini tekanannya saat menekan rantai keteng sudah berkurang maka rantai keteng jadi kendor.

tensioner

 

5.Rantai keteng

Kejadian rantai keteng aus sangat jarang terjadi bahkan umur rantai keteng ini bisa 5 tahun lebih..

6.Guide stopper (batang penahan rantai keteng )

Guide stopper aus juga jarang terjadi,bisanya karena kehabisan oli atau memang usia yang sudah uzur biasanya patah. 

pizap.com13687722013282

 

Dari beberapa faktor diatas yang lebih sering terjadi karena faktor pelatuk klep,noken as dan klepnya,buat para biker vixion dan jup.mx silahkan cek part tersebut jika motornya nglitik.

Semoga bermanfaat,amin.

87 KOMENTAR

  1. mas sy mx otomatis taon 06. klo tanjakan sdikit curam sudah ngeden bgt, dlu sy kira kannpas koplingnya. tp stlh dganti cuma ad perbaikan sdkit. kyknya sentrifugalnya ud aus.
    klo mo ganti set kopling sentrifugalnya kena brp yah?

  2. kejadian yg pernah ane alami d mx05, setelah gnt per klep racing yg terlalu keras.. 😀

    skalian mo tny nih, roller kombinasi 10gr & 7gr cocok dak d aplikasi k soulgt..?

    -salam kenal bro-

  3. Penyakit vixion 2007 saya nich, padahal sebulan yg lalu dah turun mesin :
    1. Ganti seher dan ringnya, pen sekalian klo nggak salah
    2. ganti pelatuk, nggak tau klo klo shaftnya diganti apa nggak
    3. rantai keteng
    4. cam blom di ganti
    5. guide ketengnya juga blom diganti

    ademnya cuman 2 minggu doank, abis ntu brisik lagi…adehhh

    pusiiiiinnggg..ada recommand bengkel di bekasi nggak kang..? ke beres nggak beres..

    hadehhh

    Piss

  4. bang kalo ganti klep vixion kira2 hbs biaya brp y? soalnya kmrn vixi ane kata mekanik klepnya uda bucek alias aus nich…

  5. Kang, ane udh pke tensioner buat NVL ane, pas pke mudik ke malang dri bali malah ngelitik di bagian rantai, pdhal kilometer nya 1160 -_- solusi nya kang

  6. kang ko mtr sy klo pas jln agak lma pas di netral-in suara agak kasar,tp pas ditekan kopling halus suaranya klo dilepas lgi koplingnya kasar lgi suaranya (posisi neutral n klo udh agak lma jln)? normalkah?

  7. kang kalo tutup karet buat tutup penonjok tensioner gambarnya yg kanan item kecil da jualanya gak kang. .punya ane oline muncrat trus..gra gra gda anunya

  8. mau tanya ciri suara ngelitik itu seperti apa ,apakah suaranya keras/kasar saat dibetot gas kayak nguuuuuung saat menginjak rpm 6500 keatas???

  9. mas mau tanya deh vixion sy udh ganti rocker arm , as rocker arm , lahar noken as yg besarnya ganti seher + blok paket..kok masih aja yaa ngilitik…di rpm 2500rpm bunyinya makin kedengeran di tambah gasnya makin berasa…
    nah sy ada yg ganjal nih rocker arm yg in pas sy goyang2in ada celah gtu banyak bener..tp klo yg ex celah goyang2nya tdk bnyk seperti diatas…itu emg bgtu apa gmana yaa mas?

  10. Gan ane mw numpang tanya nih
    Kok nevil ane km bru 9000 usia da 2 thun lebih, ketika belok kiri posisi agak miring ataupun miring sekalian bunyik kletektektektek. Tpi kalau posisi jalan lurus ama belok kanan semiring apapun kagak bunyi gan kira2 apanya y?

  11. Tolonng infonya ..ya …kemarin motor saya ..habis ..ganti seker ..tp masih nglitik ..ap kira2 pnybabnya ..
    Tolong djwab …

  12. kang..mtor q vixion 2007 beli bekas dan alhasil mesinya udah bunyi lumayan kasar dan knalpkt udah keluar asep biru tipis itu knapa ya?

  13. Kang ari,, vixi q kalo baru hidup normal aza pas sdh jalan 2km bunyi klitiik ya, apalagi kalo mesinx panas makin kasar.. Apa ya penyebabx kan ari?

  14. Vixion 2007. Sudah Ganti seal bearing kipas water pump. Piston.pen. ring.kampas kopling juga diganti. Tapi pada saat mesin dingin pas dinyalakan ada bunyi seperti suling

    • Kang,,vixi saya udah cek ujung klep normal udah ganti rantai ketwng juga..kok masih ngelitik klo digeberr ya?piston sama celah klep sudah kondisi normal smua,,apakah pen roker arm sama roller roker armnya ya?

  15. Mas aya mau tanya motor saya kalau kecepatan sedeng ga berisik giliran gigi 3,4 berisik sekali apanya ya mas maksih

Ketik Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: