ROLLER MIO

Halo kang bro,saatnya bagi2 pengalaman nich,yang seperti sudah kita ketahui bahwa motor matic perlu adanya perhatian khusus pada bagian CVT,jika perawatan service bagian cvt diabaikan sudah pasti ada gejala atau kerusakan yang ditimbulkan karena adanya kurang perawatan.
Dulu saya pernah mengulas artikel tentang salah satu akibat cvt kurang perawatan “http://aripitstop.wordpress.com/2013/05/04/akibat-cvt-motor-matic-kurang-perawatan/ “ . http://aripitstop.wordpress.com/2013/03/27/tips-merawat-motor-matic-agar-motor-tetap-fit/ . Sekarang saya coba ulas lagi akibatnya jika bagian part2 cvt kurang perawatan,seperti yang terjadi pada salah satu konsumen kang ari,dia mengeluhkan motor mio soul-nya larinya terasa berat dan timbul bunyi ngrosok saat akslerasi dan saat turun gas. Kemudian konsumen kang ari tanya perawatan apa saja yang dilakukan selama kurang lebih hampir 2 tahun dan pencapaian jarak pakai hampir 20ribu km ? jawabnya hanya service2 biasa saja dibengkel umum dan untuk bagian cvt belum pernah dibongkar. Hadech… sambil geleng2 kepala saya bilang ke mekanik agar bongkar bagian cvt,setelah dibongkar bagian cvt hasilnya roller pada hancur.

ROLLER

Kok bias roller sampai hancur ? Roller mempunyai dua lapisan yang pertama lapisan luar yang bahannya biasanya dari plastic,polycarbonate dan ada yang terbuat dari material Teflon. Dan pada lapisan kedua atau lapisan dalam biasanya terbuat dari tembaga. Prinsip kerja roller pada dasarnya mirip gir set pada motor bersistem pengerak rantai, karena motor matic mengunakan V-belt sebagai penerus tenaga dari kruk-as ke roda belakang. Roller bekerja naik turun menekan v-belt,dan disitu terjadi gesekan antara roller dengan rumah roller,oleh karena itu roller jadi part yang sering dan mudah aus sehingga part ini perlu di cek secara periodic.
Untuk service cvt sebaiknya dilakukan setiap 6ribu km atau setiap 6 bulan sekali agar kondisi part2 didalam cvt selalu terkontrol dan kerja motor selalu maksimal.Jadi jangan abaikan bagian cvt ya… sekian dulu dech semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

  1. Motorku Soul GT keluaran Bulan Mei th 2012, sampi sekarang sdh menempuh jarak 15.000 KM. Waktu servis ke beres yamaha aku tanya ke kepala mekaniknya, perlu bongkar CVT atau gak dg jarak tempuh segitu, kata kepala mekaniknya kalau tidak ada keluhan di CVT kynta gak perlu dibongkar. Yg bener yang mana nih kang Ari ? Baru kali ini aku punya motor matic jd gaku gak tau cara perawatannya.

  2. wah para banget tuh, gimana cara pakai pemiliknya bisa sampai kayak gitu?
    ane punya mio soul juga, ganti belt dan roller di km 30.000an, roller aus sebelah tapi nggak sampai kayak gitu.

  3. biasanya sih d dsamain dengan motor bebek, kalau bebek kan asal dlumasi dan stel kekencangan rantai udah beres, nah karena d matic rantainya dtutupin, ya udh g usah drawat.hehe

Ketik Komentar Anda