P1080856

Seperti yang sudah kita ketahui kalau motor matic mempunya dua jenis oli yaitu oli mesin dan oli gardan/gear. Untuk oli mesin sudah bukan hal yang asing lagi buat kita tapi untuk oli gardan ternyata masih ada yang belum paham alias masih awam, seperti yang terjadi pada salah satu konsumen kang ari ini yang kelebihan mengisi oli gardan.

Unik juga nich konsumen,karena memang belum tahu atau justru mekanik yang tidak pernah kasih tahu bisa juga dia baru beli motor bekas jadi belum tahu spesifikasi motor yang dia beli. Kejadiannya kang ari didatangi konsumen dengan keluhan motor mio 2009 jalannya berat banget meskipun gas sudah dibuka penuh tapi motor tetap tidak mau jalan,setelah kang ari selidiki ternyata ada rembesan oli di cover tutup cvt-nya,tidak pakai lama bagian cvt langsung kang ari buka dan mendapatkan kondisi part2 didalam cvt basah oleh oli begitu juga dengan v-belt makanya v-belt jadi selip dan tidak mau jalan.

P1080851

Kang ari coba cek asal muasal oli ini,kang ari cek bagian seal kruk-as tidak bocor kemudian saya cek bagian seal gardan ada oli yang keluar dari sini,selanjutnya kang ari coba lepas seal ini karena kang ari kira rembesan oli terjadi karena seal bocor,setelah seal terlepas tiba2 banyak oli yang keluar dan dengan rasa penasaran kang buka baut pembungan oli gardan hasilnya “jreng-jreng” oli yang keluar buanyak banget padahal kapasitas oli gardan motor mio hanya 100 cc.setelah kang ari ukur oli yang terbuang kira2 400 cc. Kang ari tanya ke konsumen apakah sebelumnya pernah ganti oli gardan dan jawabannya dia coba buang oli gardan dan olinya hanya sedikit makanya dia beli oli mesin dan kemudian gardan diisi oli penuh. Karena kelebihan oli maka oli gardan jadi luber lari ke bagian cvt lewat lubang hawa yang menuju ke ruang cvt alhasil oli melumasi semua bagian part2 cvt.

P1080852

Lihat gambar2nya kang bro, dari rumah kopling kampas kopling jadi basah kena oli, dapat pengalaman yang berharga tuch konsumen. Jadi jangan coba2 jika tidak tahu,lebih baik bertanya meskipun harus malu.

P1080855 P1080853 P1080849 P1080850

74 KOMENTAR

    • untuk mengecek oli gardan sebenarnya dari pihak pabrikan tdk ada spesifik khusus cr mengeceknya tp bisa diakalin dengan sapu lidi yang panjangnnya sekitar 15cm,kemudian buka tutup oli gardan yg atas kemudian colokkan sapu lidi dech,cek apakah masih ada oli atau tidak,atau cek kondisi baut pembuangan olinya jika basah oli dipastikan ada kebocoran dan segera lakukan pergantian olinya dan dicek kenapa bisa bs bocor.
      penggantian oli gardan maksimal setiap 10ribu km tapi lebih baik setiao 5ribu km saja biar lebih safety.

  1. kang bro mau nanya,,,
    oli gardan anjuran diganti tiap 8000km kl gk salah y?
    ane pny matik,trs inget udah wktnya gnt,lha ane buka bautnya,olinya msh bersih,kyk oli baru pdhl udah 8000km lbh.
    yg ane mau tny,tuh oli hrs dibuang/tinggal nambahi 1botol kcil oli gardan? trs knp olinya gk item y?

    • oli gardan maksimal dipakai sampai 10ribu km.tetapi alangkah baiknya diganti sebelum 10ribu km.
      yg kedua,oli gardan meskipun masih kelihatan bening tetap harus diganti,untuk kapasitas oli gardan tergantung dr jenis motornya,setiao mtr berbeda kapasitas olinya.tp rata2 hanya pakai1 btl,kecuali mtr xeon yg pakai 2 botol.
      oli gardan meskipun sudah dipakai sampai 10ribu km tetap bening ? itu normal,karena sistem pelumasan di ruang mesin dengan gardan sistemnya beda. untuk oli mesin cepat hitam karena selain sebagai pelumas dan pendingin oli di mesin juga berfungsi sebagai ‘perapat’/ membantu proses kompresi dan melumasi piston ,ring piston serta cylinder yang mempunyai tingkat keausan dan gesekan lbh tinggi sehingga kerja oli mesin lebih berat.sedangkan oli gardan hanya berfungsi sebagai pelumas roda gigi saja sehingga kerjanya ringan.

  2. mas brow, tanya dunk. Mio J kan kapasitas oli gardannya 140 ml. lha oli gardan yg banyak dijual itu 100 ml. memang ada yg 140 ml merek Yamalube, tp jarang yg jual. akhirnya setiap ganti aku isi langsung dua botol @ 100 ml. Gimana kalo gitu ya masbrow…..

    • Loch oli gardan di bengkel resmi ada dua mcm yg 100 cc, dan 140 cc, pasti ada di bengkel resmi yamaha.
      Klo ngisi klebihan biasanya akan luber naik keatas saat jalan dan tenaga mtr agak berkurang

  3. tanya kang bro,. spek kapasitas oli mesin motor beat 2014 aq lihat di web AHM 0,7 liter, trus aq masukin oli endoru matic 0,8 liter semuanya,. itu efeknya apa kang bro

  4. Mas bro, kalau misal ane ngisi oli gardan yg kemasan 120 ml, eh ternyata di buku panduannya cuma 100 ml, apakah bisa ngefek mas bro ? mohon penjelasannya matur nuwun….

    • Ngefek oli naik, biasanya dari selang pernafasan akan ada oli tuch… Klo dari mesin sich klo cuma lebih 20 cc nggak masalah tapi klo sampe diisi dua botol atau yg 150cc tarikannya jadi berkurang, bayangin saja sampeyan jalan di genangan air atau banjir.

  5. Kang ari badhe tanglet, kalo ane beli oli mesin 1 liter, padahal kapasitas oli 0,8 ane isi 0,9 liter trus 100 ml sisanya ane pake buat oli gardan, boleh atau ga boleh?

  6. Bang saya mau nanya kereta saya kan pas ngebut bunyi di bagian cvt nya pas saya udh cek di bengkel ternyata oli gardan nya abis lalu orang bengkel isi, 4 hari kemudian kok malah ngulah lagi bunyi nya apa mungkin bocor mohon saran nya bang

  7. kang ari, oli gardan saya netes terus ya, tiap kali abis di pake atau mesin dlm kondisi panas, jadi kalo skali ngisi oli gardan yg yamalube itu paling sminggu dah abis lagi krena netes terus, itu apa yg perlu di ganti atau di service ya kang ?
    sbelumnya dah di bnerin dari ganti paking, ring baut yg pembuangan tapi ttep aja netes.. mohon pencerahannya kang

  8. Saya pnya motor Mio GT 2014, saya baca artikel di google jika ingin mengisi oli harus sesuai prosedur. Kemarin saya ganti oli gardan sampai 2 botol yg isinya 100mili, itu jga rekomendasi bengkelnya. Apakah lumrah saja kalau kapasitas gardan hanya 140ML tetapi saya mengisi oli gardannya sampai 200ML?

    • sebenarnya nggak lumrah, itu kelebihan. kalau kelebihan selain akan naik dan seal mudah bocor karena tekanan berlebih dan juga kalau keseringan akan menimbulkan suara dengung

  9. Kang ari, motor xeon thn.2010 saya keluar asap putih saat start awal. Kurang lebih 5 menit kemudian asap putihnya hilang. Tolong kasih info apa penyebabnya.

Ketik Komentar Anda