Tentu kang bro tahu akibat sistem lampu AHO yang jadi korban adalah bohlam cepat putus,tidak banyak yang mengeluhkan bohlam cepat gosong.Bohlam putus karena akibat dari sistem AHO,sekarang kang ari bahas efek dari bohlam belakang putus/gosong.Mari disimak…

Untuk bohlam depan depan putus efek yang ditimbulkan cuma penerangan jalan jadi terganggu saat malam jika siang hari efeknya ditilang polisi,kalo bohlam stop/belakang efeknya mengerikan…! terutama buat motor injeksi yang tidak memakai kapasitor bank,kok bisa ?

Dari pengalaman kang ari selama jadi mekanik ada beberapa kejadian ringan dan fatal akibat dari bohlam belakang putus atau kualitas bohlam stop yang jelek.Seperti contoh pada motor scorpio z yang baru kang ari tangani,si owner mengeluhkan motornya terjadi keanehan,pada saat menekan tuas rem lampu sore dan lampu utama ikut nyala seminggu kemudian akinya soak.Lihat video dibawah ini.

Dan video ini lampu speedometer ikut nyala saat menekan rem.

Lalu kenapa itu bisa terjadi padahal arus antara bohlam stop dengan bohlam senja beda,bohlam stop pakai arus DC sedangkan bohlam lampu utama dan senja pakai arus AC.Bohlam stop terdiri dari dua nyala lampu yaitu lampu rem dan lampu senja jadi di bohlam stop satu bohlam mempunyai dua sel lampu.Untuk lampu rem menggunakan arus DC dan lampu senja pakai arus AC.Kalau salah satu sel putus dan patahan sel yang putus menempel ke sel yang satu maka dipastikan arus AC akan bertemu arus DC dan hasilnya akan terjadi short dan kelistrikan dimotor jadi terganggu.

P1060998

Jika kedua arus bertemu maka arus AC akan masuk ke jalur arus DC dan salah satunya adalah menyerang aki,aki hanya bisa menyimpan arus DC jika tercampur dengan arus AC maka tegangan aki akan turun dan bisa terjadi aki short/soak.

Maka jika dimotor kang bro terdapat gejala2 seperti diatas,saat kita menekan rem tapi lampu senja ikut nyala dan nyala lampu utama jadi redup maka bisa dipastikan terjadi short pada bohlam stop ,ganti bohlam stop dengan asli produk pabrikan jangan bohlam abal2 yang penting murah karena bohlam yang murah kualitasnya juga murah,seperti pada scorpio z ini ternyata pakai bohlam murahan yang harganya cuma 5ribu tapi efek yang ditimbulkan bisa merusak aki dan harga aki tipe GM7 punya scorpio z harganya 250ribuan,mau pilih mana ? 5ribu atau 250ribu.

Itu akibat jika terjadi pada motor karburator,bagaimana jika terjadi di motor injeksi yang notabene sudah AHO semua,jika motor injeksi yang memakai kapasitor bank dipastikan motor sedikit aman karena jika aki soak masih ada penyuplai arus dari kapasitor bank,gawatnya jika motor injeksi yang tidak pakai kapasitor bank jika aki soak maka motor bisa mogok.Jadi intinya ganti bohlam yang standar pabrikan lebih baik mahal sedikit dari pada menyesal kemudian,cuma 11ribu.

gosong

Bohlam asli saja bisa berakibat sama apalagi bohlam abal2…

Semoga bermanfaat…ayo kang bro ”LIKE” lagi ya dan just follow lewat email dan twitter.Bolg yang kemarin sudah hangus dan sekarang masih terjadi eror di halaman ARSIP dan secepatnya akan kang ari upgrade.

1 KOMENTAR

  1. Weleh kok ribet….!!!
    gimna dg x ride Kang.. Pake kapasitor babank g…..?
    Oh y kemarin waktu servis pertama di beres ane kan minta bikin saklar tuk mutus aho tapi mekanike kok ndak mau

  2. Itu efek pengiritan pabrikan, dimana lampu stop belakang dan lampu senja digabung jadi satu bohlam, dan pake arus yg beda dalam satu bohlam :capedeh

    Kenapa ga pake satu arus aja walo dua fungsi, seperti lampu sorot depan kang (bener ga kalo lampu depan satu arus kang) 😀

  3. Mending di pisah aja bohlamnya! Antara bohlam lampu rem dan lampu ekor! Ya kayak honda vario series gitu! Yang ngeri lagi kalo arus dc nya malah short ke gulungan sepul! Kerusakannya ga terbayangkan! Bisa kebakar tuh spulnya! Nambah mahal lagi! Untungnya lampu motor gw udah full dc dari pabriknya! Berarti bohlam lampu belalng ga main2 ya!

  4. bner kang… motor sy mengalami sprti yg kang ari bahas ! aki sy soak pdahal sy pakai bohlam stop asli yamaha (udh ganti 4X , bohlam sllu gosong) !
    pny solusi kang ?

Ketik Komentar Anda