spion

Tidak sedikit pengendara motor yang tiba-tiba menyalip dari kanan atau kiri tanpa memberi sinyal, atau main pindah jalur seenaknya tanpa memperdulikan kondisi di samping, depan dan belakangnya. Bahayanya bukan kepalang, coba bila tiba-tiba ada mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi!!Gubraaaak…

Padahal, saat ingin berpindah arah atau melakukan manuver untuk melewati kendaraan di depan, kita harus memastikan bahwa kita berada di lingkaran aman. Dengan kata lain, kita harus memastikan tidak ada ancaman bahaya di depan, samping kiri dan kanan serta belakang. Selain menggunakan mata untuk melihat sekitar, kaca spion adalah alat bantu keselamatan yang paling ampuh untuk memantau kondisi di belakang.

spion-motor-nyalakan-lampu

Sayangnya, spion seringkali hanya dijadikan accesoris saja. Bahkan masih banyak yang memasang kaca spion hanya karena takut ditilang. Memang, berdasarkan Undang-undang no 22 tentang Lalu Lintas dan Angkutan jalan, pasal 285 ayat 1, pengendara akan ditilang atau denda sebesar Rp 250 ribu jika kendaraannya tidak dilengkapi dengan kaca spion.

“Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul kaca, alat pengukur kecepatan, knalpot dan kedalaman alur ban sebagaimana diatur dalam pasal 106 ayat 106 ayat 3 junto pasal 48 ayat 2 dan 3 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)”

Memang, dengan perkembangannya kaca spion mengalami variasi yang banyak macamnya, tapi jangan lantas spion itu hanya dijadikan hiasan saja, motor juga memiliki blind spot yang tidak ter-cover si pengendara, maka fungsi kaca spion sangat diperlukan.

spione

Besar kecilnya kaca spion sangat memengaruhi daya pandang bikers saat berada di atas kendaraan. Sebenarnya yang paling benar adalah kaca spion yang dikeluarkan oleh pabrikan masing-masing. Dalam pengaturannya juga spion sangat berpengaruh, banyak yag main ganti spion tanpa menghiraukan fungsinya. Bukan berarti ganti kaca spion tidak diperkenankan, paling tidak gantilah kaca spion dangan menyesuaikan dengan kendaraan atau dianjurkan menggunakan kaca cembung.

Kalau masih kurang jelas, gunakan prosedur Head check atau tengokkan kepala sebentar untuk memastikan tidak ada apapun yang menghalangi biker saat pindah jalur.

1 KOMENTAR

  1. Woww..dho seneng ganti spion variasi,jarene gaul,padahal bwaan pabrikan itu lebih nyaman..ketok kabeh

  2. Soal nyaman,lbih nyaman spion pabrikan,tpi besi penyangga kca spionnya kok panjang ya,kdang kala macet nyerempetin bodi mobil..

  3. betul…
    itulah kenapa saya tetap setia pakai spion ori..
    biarpun banyak yg bilang kepanjangan, asal kita hati2 & tepat perhitungan, pasti gak akan nyenggol..
    😀

  4. Sama malah pake spion kontener yang bulet di motor, :D, cembung bakplang keliatan semua, sampe pakpol aja noleh lama buat liat my spion
    ♓ά♓ά….♓ά♓ά♓ά….♓ά♓ά….

  5. Ane biasa bawa mobil juga, ga pk spion serasa lumpuh,…. Jd begitu juga kalo pk motor… Spion standar ttap berlaku, bahkan jika gantipun, ane cuma ganti spion yg ada lampu lednya biar lebih aman.

  6. Permisi ya Pak/Ibu,Om/Tante atau Mas/Mbak admin, saya hanya ingin berpartisipasi untuk mengisi kolom komentar ini dan untuk isinya saya ucapakan terimakasih, karena apa yang anda tulis sangat bermanfaat positif

  7. paling banyak tuh n250 ama cbr250…kaca spionnya disuruh masuk..gk boleh keluar..ditambah lagi modif lampu rem model mungil plus lampu sein belakang sebesar kelereng doang….tapi galak kalu motor lain ada didepannya….motor mahak tapi ridernya gak nyadar septi riding

    • biasanya itu beli motornya pake “uang gampang” Mas….
      motor mahal mental dungu itu…. mbelok ngga ngereting, ngga noleh, ngga liat spion, begitu hampir ditabrak dri belakang galaknya minta ampun…. alias rider motor mahal tapi otak noL besar…(n)

  8. setuju banget sama tulisan masbro mengingat di tanah air khususnya disini #daerah sensor# masih banyak biker2 “dungu” yg ngga peduli sama spion mereka (kadang justru tanpa spion!!)… belok mendadak ngga liat spion pas ngga sengaja kita hampir nabrak, eee malah dia yg marah! kurang ajar nggak tuh?!
    pantaslah polisi razia wajib spion lengkap kiri kanan.
    ————————–
    Satu lagi : lampu sein, ini yg jarang dipake sama para biker2 “geblex” disini #sensor# malahan ada biker yg ngganti sein nya pk warna ijo/merah, mereka ngga tau memang sein itu didesain kuning krn ada penelitian psikologinya, nah bgitu dganti warna laen walopun sdh masang sein tetep bisa membahayakan org laen, makanya kapok kalo razia pasti diciduk aparat…..
    NB : banyak pengguna opel blazer yg ngganti warna sein nya jdi merah…. Geblex juga…..

Ketik Komentar Anda