20130107-INJEKSIvixion-1

New V-Ixion hadir dengan performa yang lebih baik. Tenaga naik, torsi juga meningkat, padahal mesinnya tidak jauh berbeda dari versi sebelumnya. Tetap SOHC 4 klep bervolume ruang bakar 150 cc, pendingin mesinnya juga tetap pakai radiator yang sama.Karena masih yang banyak kang bro yang menanyakan tentang teknologi di vixion baru,nggak ada salahnya kang ari ulas lagi.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengklaim, powernya kini tembus 12,2 kW atau 16,59 PS di 8.500 rpm, naik dari versi sebelumnya yang cuma 11,1 kw atau 15,09 PS pada 8.500 rpm. Torsinya juga naik dari 13,1 N.m di 7.500 rpm jadi 14,5 N.m pada 7.500 rpm.

Peningkatan ini ternyata banyak disupport oleh sistem injeksi baru yang lebih sempurna bila dibandingkan dengan versi terdahulu. Sensor-sensor yang dulu ada pada sistem injeksinya tetap dipertahankan, yaitu Sensor Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Crankshaft Position Sensor (CPS), Coolant Temperature Sensor (CTP), dan Lean Angle Sensor (LAS).

20130107-INJEKSIvixion-2

Tambah O2 Sensor
Tapi kini ditambah satu, kalau sebelumnya hanya ada 6, sekarang ada 7 dengan kehadiran O2 Sensor. Sensor oksigen ini hadir untuk memberikan feedback alias umpan balik kepada Electronic Control Unit (ECU) mengenai hasil pembakaran.

Ketika gas buang terdeteksi terlalu kaya atau terlalu miskin, maka sensor akan menginformaksikan pada ECU. Lalu, ECU secara otomatis akan menambah atau mengurangi suplai bahan bakar yang disemprotkan ke ruang bakar.

Efeknya, pembakaran lebih sempurna dan tenaga makin responsif. Efek lainnya adalah emisi bahan bakarnya selalu terkontrol dalam batas yang baik juga hemat bahan bakar. Jadi jangan kaget kalau V-Ixion baru tenaganya naik, tapi bensinnya lebih irit dari yang lama.Khusus sensor O2 ini, Yamaha V-Ixion lebih unggul dari sang kompetitor Honda CB150R yang tidak memasang sensor serupa.

20130107-INJEKSIvixion-3

ECU 33 Pin
Electronic Control Unit alias ECU pada New V-Ixion lebih canggih. Kini punya pin 33, padahal yang lama cuma 18 pin saja. Makin banyak pin, akan lebih akurat dalam membaca setiap pergerakan sensor yang diaplikasi.Kinerja sistem injeksi lebih presisi karena ECU akan lebih sering membaca informasi dari sensor-sensor.

20130107-INJEKSIvixion-4

Fuel Pump Brushless
Pompa bensin yang berada di dalam tangki New V-Ixion juga diperbaharui. Kini sudah menggunakan fuel pump tipe brushless. Dimensinya lebih kecil mirip yang dipakai Mio J, tapi tekanannya tetap besar yaitu mencapai 250 kPa.

Fuel pump tipe brushless ini selain lebih kecil juga tidak membutuhkan arus yang besar, konsumsi listriknya lebih rendah karena hanya butuh arus 0,6 A dan 7w sedangkan di old vixion 1A 12w. Karena tanpa arang, fuel pump ini juga memiliki suara yang lebih halus,.

20130107-INJEKSIvixion-5

Lean Angle Sensor
Sensor ini tetap dipertahankan, fungsinya memutus semprotan bahan bakar ketika motor dalam kondisi terjatuh,motor akan mati jika motor dalam kondisi kemiringan lebih 65″ . Bedanya dengan versi sebelumnya, lean angle sensor pada New V-Ixion dibuat lebih kecil.

Untitled

Speed Sensor
Satu sensor terakhir yang ditambahkan adalah speed sensor. Tapi, sensor ini tidak berkaitan dengan sistem injeksi. Murni hanya digunakan untuk membaca kecepatan kendaraan dari transmisi sebagai input data ke speedometer.Jika old vixion masih manual maka di NVL sudah mengaplikasi digital speedometer,posisi speed sensor ada diatas gear depan.

38 KOMENTAR

  1. Kang ane mw tny..stiap tinggal dua strip tampilan bahan bakar kenapa nvl ane tarikan gas ny jd terasa agk berat y ?
    Dan d jg yg share di grup FB NVL …ternyata bkn ane saja yg merasa ky gtu kang
    Terimakasih

  2. malah d sektor sistem koplingnya sedikit berubah bro Ari,yaitu jumlah kampas koplingnya berkurang 1lembar.

  3. Juoossss ga salah pilih beli NVL
    buat yg baru mau beli, saran supaya spakboard ga miring
    bawa aja sendiri motor dari dealer, jangan minta dikirim
    soalnya ini motor bawa sendiri langsung dr dealer ga ada miring2nya

  4. nvl canggih e ngunu tp kok regane mung selisih 1jeti karo ovi yo kang.berarti ovi ku iki upperprice kang..crot

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini