download (1)

download

 

Ketika aki soak biasanya kita siap2 untuk cari pengganti yang baru,tapi apakah kang bro pernah mengecek kenapa aki bisa soak meskipun umur aki memang sudah tua.Ketika aki soak kang bro jangan terburu2 beli aki baru tapi di cek dulu kondisi kelistrikan dimotor terutama bagian penyetruman ke aki.Kali ini kang ari akan kasih sedikit tips /tips kilat tentang penyetruman aki di motor beat.

Motor beat menggunakan aki tipe kering jadi saat aki mulai coba di cas dl,jika sudah di cas kemudian aki kambuh soak lagi monggo di cek pengisian setrum dari sepul ke aki.Jalur utama pengisian aki bersumber dari sepul(bahasa kerennya stator) karena tegangan yang dihasilkan sepul masih berupa tegangan AC(arus bolak-balik) maka sebelum tegangan sampai ke aki,tegangan AC di rubah dulu menjadi tegangan DC(arus searah) oleh dioda didalam rectifier(bahasa inggrisnya KIPROK) ,setelah melewati kiprok tegangan sudah menjadi DC dan siap disalurkan ke aki.Untuk motor beat, vario dan honda karburator lainnya tegangan yang masuk aki dalam kondisi bebas (aki dilepas,lampu2kondisi mati) adalah kurang lebih 6-7volt pada kondisi 1500rpm(kondisi langsam) dan 4-5 volt pada kondisi 5000rpm.

Jadi kesimpulannya,jika aki soak,tindakan awal yang mesti kita cek adalah besarnya tegangan yang masuk ke aki.Bagaimana cara ngeceknya ? kang bro mesti siapkan pocket tester/digital multi tester (nek ora ngerti pocket tester takon mbah google wae).

images (3)
pocket tester manual,bacanya agak susah
images (2)
digital mudah dibaca

Jika sudah siapkan pocket tester sekarang saatnya buka tutup aki,kemudian lepas kedua terminal akinya(- dan +) motor dihidupkan langsam lalu ambil pocketnya di setel ke arah DC kemudian kabel warna merah pocket ditempelkan di kabel terminal positif dan kabel hitam pocket tester ditempelkan ke kabel massa motor,lihat angka yang muncul dilayar pocket harus rata2 diangka 6-7 volt kemudian motor digeber kira2 500rpm lihat layar angkanya rata2 harus 4-5 volt.Jika pada saat kondisi langsam angka yang muncul >8volt maka pengisian aki over dan aki gampang soak karena overheat,dan jika pada kondisi 500rpm tegangan ai lebih kecil dari 4volt maka ada masalah juga di sistem pengisian.Lihat video dibawah,pengecekan pada motor normal.

Jika pengisian setrum bermasalah cara yang paling gampang adalah dicoba ganti kiprok yang masih normal (pinjem kiprok di motor temen ya…) kemudian cek lagi pakai pocket tester jika setrum sudah normal maka kiprok dimotor kang bro rusak tapi jika setrum yang ke masih bermasalah maka spul rusak.

Gampang kan…lain kali kali kang ari buatkan artikel yang masih ada hubungan dengan kiprok,yaitu bohlam cepet putus karena kiprok/spul rusak.

Trik diatas berguna juga buat motor pabrikan lain tapi yang masih versi karburator.Semoga bermanfaat…

 

34 KOMENTAR

  1. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ
    absen dl baru baca
    Sent from my BerryBerry® via Bolo Konco Network

    • aki memang 12 volt tapi untuk penyetruman antara4-7volt jika diatas 7 volt aki akan over cas dan jadi soak, misalnya saja makan,laparnya lagi kan dalam waktu 4-6 jam baru lapar lagi karena nasi yang dicerna oleh tubuh pelan2/sedikit2,tidak langsung diserap ke tubuh semua setelah kang bro makan,,,kalo habis makan kok laper lagi brarti ada masalh di tubuh kang bro…. karena makanan diserap tubuh secara perlahan jika kang bro sambil ngemil makanan pasti kenyang terus to,,,

  2. […] Pengapian juga harus OK,wajib ganti busi baru ,INGAT…! jangan ganti busi abal2 lebih baik busi pabrikan seperti NGK dan DENSO selain itu diragukan kualitasnya,tapi jangan aspal pastikan beli busi di beres agar terjamin kualitasnya.Kondisi koil,cdi dan spul pastikan normal,konsultasikan ke mekanik kondisi pengapian.Untuk motor dengan pengapian DC,jika aki soak lebih baik ganti baru agar pengapian normal selama perjalanan,jika pengapian tidak stabil maka busi gampang mati.Pastikan setrum yang masuk ke aki dari kiprok kondisinya normal,bisa baca disini Cek Pengisian Setrum Honda Beat. […]

  3. Kang Ari
    mau ikutan urun rembuk dan share pengalaman
    Mungkin bisa dicoba saat pengukuran output kiprok tanpa aki bisa dtambahkan sebuah kapasitor di kabel output kiprok yg dipasang paralel dengan kabel AVOmeter….jika KIPROK bagus maka tegangan yg terukur adalah 13 volt s/d 14,2 volt tetapi jika tegangan yg terukur dibawah 12volt atau
    diatas 15 volt ada kemungkinan KIPROK bermasalah.
    kenapa saat kang Ari langsung ukur output kiprok tanpa aki terukur 4 s/d 7 volt karena tegangan output dari kiprok belum tegangan DC murni(belum terfilter) dan masih banyak ripple teg AC sehingga yg terukur bukan nilai tegangan sesungguhnya.Aki selain berfungsi sebagai penyimpan arus/tegangan jg sebagai penstabil/filter sehingga tegangan ya ada menjadi DC murni(mungkin bisa digoogle teory regulator tegangan dari AC ke DC).
    Kapasitor disini berfungsi sebagai pengganti aki sebagai penyetabil tegangan saat pengukuran output KIPROK

    terima kasih

      • Mas ari tolong donk pencerahnnya..
        Motor ane spin, tp pas d geber maupun iddle posisi aki ttp 12volt mas….gak mw nambah…
        Trus ane coba pegang kiproknya cuma hangat hangat doank mas meskipun lama d nyalain…
        Trus ane ukur juga spullnya terbaca 20 volt ac mas low gak salah…
        Titik permasalahannya dmn yah mas ari…?

  4. salam om.mau tanya voltase lampu beat fi itu brapa sih.masih ac to dc.mtor q sering leleh bohlam nya.q coba cek voltase nya kx cuma 6 volt an ya posisi idle dan turun 4 volt an saat bka gas.dan lagi ngukurn nya harus kbel merah avo di ground dan hitam di output spulnya.klo bgtu bkan nya kbalik to.sharusnya kbl mrah pstif dan htam ngatif kan.mmang bgitu lampu beat fi ato ada yng knsleting kbel nya

  5. Mas mau tanya Honda spacy karburator klo pakai kiprok Vario karburator cocok ga? Klo mas ada masukkan lain untuk kiprok yg cocok untuk Honda spacy karburator tolong di share.trima kasih.

  6. sangat bermanfaat sekali artikel bro admin ini, o iya untuk teman teman lain yang hobi otomotif bisa main main ke duniamotor.net untuk sama sama berbagi ilmu tentang otomotif, kami juga memiliki beberapa pembahasan tentang jalur kelistrikan seperti jalur kabel body vario dan lain lain. Semoga tulisan tulisan kami bisa bermanfaat seperti pada tulisan blog ini. Maju terus dunia otomotif tanah air.

Ketik Komentar Anda