Gimana kabarnya kang bro,,,, semoga baik2 saja yo,,,malem minggu pada mau kemana nich,,,? Ancol ? monas ? borobudur ? atau ada yang mau surve beli motor seken / bekas,,,,, bagi yang rekreasi monggo hati2 dijalan dan yang mau beli motor seken sekarang kang ari kasih tips nya.

4

pizap.com13640277327811

Pada saat kang bro nyari motor seken dan saat kita surve barangnya sudah dipastikan yang jual motor pasti bilang kondisi motornya masih normal,,,masih bagus,,,belum pernah jatuh,,mesin mulus,,,bodi mulus,,,’’klo miyabi yang mulus sudah dipercoyo,,,,wkwkwkwkwk’’. Pasti kang bro yg pertama2 dibenak kang bro adalah kondisi mesin dan kedua kondisi bodi,jika sudah memenuhi kedua syarat diatas maka kang bro pasti lanjut nego harga,,klo cocok langsung bayar,,,iya to,,,?

Kita tidak boleh terbuai oleh rayuan gombal sang penjual motor,kondisi mesin normal belum tentu setelah kita pakai tetap normal,,,yang ada malah 1 mgg setelah kita pakai baru ketahuan motor ada yang tidak beres,,,jadi sebisa mungkin kalau mau beli motor ngajak mekanik terpercaya kang bro agar bisa mendeteksi apakah ada yang tidak beres dimotor.Tetangga,teman bahkan saudara sendiri saja bisa menyesatkan kita karena menjual motornya dalam kondisi bobrok tapi katanya masih bagus.

P1040780 P1040783

Satu hal lagi justru yang paling penting kang bro,,,dan yang paling disepelekan yaitu kondisi nomer mesin dan nomer rangka.Nomer mesin , rangka bermasalah ada 2 macam yaitu pertama nomer mesin / rangka rusak karena kecelakaan/tabrakan sehingga nomer mesin /rangka jadi terbelah,yang kedua rusak karena abnormal yaitu nomer mesin/rangka sengaja diketrik sehingga angka2nya jadi berubah bentuk. Pengalaman ini kang ari dapat hari selasa kemarin,,,setahun yang lalu konsumen kang ari beli motor jupiter z tahun 2010 murah Cuma 6juta,kondisi mesin masih normal bodi juga mulus saat pertama kali dibeli,tapi setahun kemudian tepatnya hari selasa kemarin konsumen kang ari mau proses balik nama BPKB nya,alahkah kagetnya saat proses balik nama di samsat DITOLAK gara2 nomer mesin bermasalah lalu samsat menyarankan untuk proses pengetikan ulang nomer mesin di diler yamaha.

pizap.com13645678542371

Beli motor sudah 1 tahun nggak mungkin motor mau kita balikin lagi ke pemilik motor pertama,bisa nyesek kang bro,,,coba kita hitung2 beli motor murah Cuma 6juta biaya balik nama sekitar 800ribu dan harga crankcase ( blok mesin yg ada nomer mesinnya) sekitar 500ribu ditambah lagi biaya turun mesin bisa 600 ribuan,,, tuch,,,ditotal bisa 7,9juta.’’lha kok ada turun mesin segala kang bro…?’’ tak jawab dhewe yo,,,hehehe,,,begini kang bro, posisi / letak nomer mesin rada di blok mesin atau bahasa amerikanya ‘’crankcase’’ untuk proses pengetikan ulang nomer mesin crankcase bawaan motor harus dibawa ke pabrik istilahnya tuker guling,,,agar tidak terjadi nomer mesin ganda pada motor tersebut.Prosesnya juga memakan waktu yang lama kira2 1bulan proses dipabrik dan 1minggu proses turun mesin dan rakit di bengkel.Nyesek to kang bro,,,motor musti nginep di bengkel 1 bulan lebih.Itu proses normal kang bro biasanya karena kecelakaan/tabrakan,kalau untuk kondisi yang abnormal karena diketrik masih ada tambahan lagi yaitu minta surat keterangan ke kantor polisi untuk menjelaskan bahwa nomer mesin/rangka sesuai yang tertera di BPKB jika tidak minta surat keterangan maka pabrik akan menolak untuk pengetikan ulang nomer mesin/rangka,itupun belum tentu di setujui oleh pabrik,,,la kalau ditolak mau nggak mau motor kang bro jadi motor bodong.Puyeng to,,,

So,,,saat beli motor seken musti jeli dan teliti jangan Cuma lihat kondisi mesin dan bodinya saja,,, yang pasti setelah beli motor seken segeralah kang bro untuk proses balik nama agar tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan.

9 KOMENTAR

  1. Thank kang bro info nya,kang bro kasih solusi mindahin plat no NVL,yg ekonomis,praktis,murah tentunya,efeknya apa kang klo plat no di bawah headlamp?

  2. ceeeeeeeeeeeeeeees joss, kalau mau yg orisinil belilah motor yg disukai orang tua jangan yg disukai anak muda. kalau yg disukai anak muda biasanya dah dimodif entah itu body atau jeroan mesin.

  3. sudah terlanjur mas, saya dah beli motor matic seken sudah setahun pake, penyakitnya suka bunyi ciiiit…ciiit…kalo digas. btw ijin share dengan bahasa sndiri. trims

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini