Sekarang penjualan motor semakin laris selaras juga dengan semakin ramainya pencurian motor,pernah nggak,,,,kang bro terbesit di benak kang bro gimana caranya buat kunci rahasia yang aman tanpa resiko besar….banyak alarm beredar di pasaran tapi semua alarm beresiko besar akan merusak / konslet di bagian kelistrikan terutama pengapiannya,karena di alarm memakai banyak kabel dan putus sana putus sini dan yang bikin resiko besar karena masuk ke bagian pengapian so,,,pasti semakin lama dalam jangka panjang akan beresiko pengapian jadi berkurang dan akslerasi motor jadi berkurang.

images (2)

di

pizap.com13631521818591

Dalam pembuatan kunci rahasia sebisa mungkin jangan sampai mengganggu jalur pengapian kang bro,,,, seperti memotong kabel koil,kabel spul bahkan kang ari sering nemuin memotong kabel massa CDI,walaupun hanya kabel massa,,,tapi kalo yang dipotong di CDI masih ada resiko konslet di CDI.Kang ari akan kasih trik gimana caranya pasang kunci rahasia yang aman dan tidak mengganggu jalur pengapian.Kang ari kasih dua tips pasang kumci rahasia yang sederhana,:

vl
ALARM BERESIKO BESAR
Ilustrasi Engine Off
JANGAN POTONG KABEL CDI

P1040757 P1040758

Yang pertama sangat simpel kang bro,kita persiapkan saklar ON-OFF cukup yang dua kaki/terminal dan kabel kualitas bagus kira2 4meter.Kita cari posisi dimana saklar akan dipasang,biasanya kang ari taruh di area bawah jok /sekitar bagasi motor atau dikolong spakbor blakang.Kemudian kita bongkar bagian cover depan sampai terlihat kunci kontaknya,lihat kabel kunci kontak (yamaha = kabel coklat. honda = kabel merah-hitam, suzuki = kabel orange) lalu potong kabel tersebut,setelah dipotong,kedua kabel potongan tersebut kita sambung 2 kabel kira 2meter lalu kita sambung di terminal saklar lalu kita tarik menuju tempat saklar akan kita pasang /sembunyikan. agar lebih aman kabel yang kita sambung diterminal kita solder. lihat diagram dibawah kang bro,,,, simpel nggak ribet.

pizap.com13634444436571

P1040740


P1040737

Yang kedua tetap seperti diatas hanya ada tambahan ke klakson,kerjanya begini kang bro,,,saat kunci rahasia posisi ON dan kunci kontak kita puter ke ON maka klason akan berbunyi.Artinya jika ada maling congkel kunci kontak kita pakai kunci T maka klakson akan bunyi.Cara pasangnya begini kang bro,,jika langkah diatas pakai saklar kaki dua,,,untuk sekarang pakai saklar kaki/terminal 6, langkal awal sama seperti diatas kita putus kabel kunci kontak lalu kita sambung ke saklar pakai 2kabel di terminal yang sejajar,kemudian kita potong  kabel sepanjang dari saklar sampai klakson lalu kabel tersebut kita jamper di kabel klakson kita cari kabel (yamaha = kabel pink ,honda = kabel hijau) . Satu langkah lagi,,kita potong kabel kira 30cm lalu satu sisi kabel di sambung ke terminal saklar jalur klakson dan satu sisinya lagi kita sambung ke massa (kita jepit baut body motor).Setelah langkah2 diatas sudah selesai kemudian kita tes dl kang bro,,,, jika belum berhasil tanya ke kang ari,,,selalu siap membantu,,,berikut gambar diagramnya:

 

pizap.com13635433169051 pizap.com13635436111961

Tolong di konsultasikan ke mekanik kang bro jika ragu pasang sendiri,,,kita utamakan safety firts buat motor kita dan pada saat kita berkendara ya kang bro,,,,,maturnuwun semoga bermanfaat.

P1040747 P1040751 P1040748 P1040743

84 KOMENTAR

  1. salam kenal kang Ari, kalo melihat skema rangkaian alarm kang ari yg pakai saklar kaki 6 yang saya baca sih kalo saklar alarm aktif maka klakson gak akan pernah berbunyi. terminal negatif klakson dah oke dapat ground, tapi terminal positif klakson terputus di saklar. akan tetapi bila terminal positif klakson diambil dari setelah kunci kontak dan sebelum saklar maka bisa dipastikan bila alarm aktif dan ada yg mengaktifkan kunci kontak maka klakson akan berbunyi. bila hasil uji coba dah bener sesuai harapan, maka bisa dipastikan skema rangkaian aja yang salah. NB (maaf soalnya saya ada basic elekronik, jadi bisa membaca skema). trima kasih atas infonya…

  2. skemanya memutus kontak ya bro,, ane kasih bocoran cara menaklukkan skema ini ya…
    catatan –>>berlaku untuk motor yg tebengnya dilepas dan kelihatan soket kontaknya.
    gampang, tinggal copot saja soket kontak, pastikan semua kabel yg ke kontak terlepas.
    tinggal starter pake starter engkol, nyala tuh, silakan dipraktekkan.
    ini karena pengapian bebek terpisah dengan kelistrikan aki, terutama yg AC.
    maaf bukan ngajarin maling, cuma biar jadi penyempurnaan aje…
    menurut ane mending yg diputusin itu kabel orange dari cdi ke koil, aman, gak ngaruh ke pengapian.

    • aku y pernah gitu, motor dipinjam temen pas dibalikin kunci kontakny lupa kebawa temenku lg…trus bongkar tebeng n cabut soket kontak, dipancal nyala deh…

  3. sekali lagi, penempatan saklar di bawah jok udah terlalu mainstream, jujur nih, ada kok maling yg berusaha buka kunci jok. so pikir lagi daerah penempatan lainnya, gunakan prinsip
    “TEMPAT PERSEMBUNYIAN TERBAIK ADALAH DI SARANG LAWAN”
    tempatkan saklar di daerah yg tak terduga, seperti di…(pikir sendiri :D)

  4. @kang ari. Kalo plus nya klakson langsung ambil di aki logikanya kalo alarm diaktifkan maka dipastikan klakson langsung berbunyi tanpa ada orang yang mau mencuri. Saran saya plus nya klakson diambil kan dari setelah kunci kontak
    tapi sebelum saklar alarm. sekali lagi infonya sangat bagus…

    • @kang Ari. kalo rangkaian seperti itu sudah bener kang. tapi kalo alarm gak aktif trus motor jalan normal, klakson gak akan bisa nyala. lagian rangkaian standar klakson kan untuk semua motor jepang tombolnya mutus/nyambung kan ke ground (-).
      Jadi gak bisa kalo mutus (+) nya kecuali pake diode masbro

      • @rpm speed,,,sori kang mungkin krn g ada ktrengane cm gambar doang ya,,,, yg untuk kabel klakson itu di tambahin / di jamper (kabel dari saklar ke klakson,,,jd ada 2 kabel + satu ttp dr bawaan mtr yang satunya dr saklar )tidak merubah kabel bawaan motor jd pd saat motor jln klakson msh bs bunyi krn msh ada kabel bawaan motor…sori g da ktrengane

    • @kang ari.
      Kalo tetep mempertahankan rangkaian bawaan motor , (+) klakson dpt dari setelah saklar alarm. Bisa dipastikan kalo alarm gak aktif dan kunci kontak on, maka klakson akan langsung berbunyi karena (-) klakson langsung di ground kan. sedangkan tombol klakson bawaan motor kan mutus/nyambung ground !!!

    • kalo ingin memakai (+) nya klakson diputus di saklar alarm maka tombol klakson harus dirubah memutus/ nyambung (+) nya juga. (-) klakson tetep di grounding kan. sama aja gak bisa hemat kabel. cuman di saklar rahasia nya cuman 3 kabel aja. Kalo rangkaian kang ari yg pertama kan pakai 4 kabel tapi gak ngrubah saklar klakson…

      • @rpm speed,, btw buat revo,,,yg kang ari tahu klo nggak salah tombol klakson pakai + ,klo smua mtr yamaha pakai (-) klo honda revo kang ari msh ngraba2,

  5. saya sudah menerapkan pada montor jupiter z burhan sejak tahun lalu, memang lebih bermanfaat skali…teman-teman usil yg biasa usil make diam2 jadi bingung ”kok montornya nggak nyala” ? hahahaaa nice info ni buat biker2 lain…tips, taruh switch di tempat yg tersembunyi yg mnurut anda bagus !!!

    • sama seperti diatas yang buat honda kang,,,,klo mtr sport biasanya enak d taruh kolong spakbor ato d dlm jok

  6. saklar spt itu rawan karatan, dulu pernah pake dlm perjalanan dari jogja mau ke semarang, mesin motor mati, dicek sana sini mirip gejala cdi mati, akhirnya dorong cari bengkel dari sebelum samsat sleman sampae medari. Setiba dibengkel gak taunya cuma saklar rahasia yg soak. Akhirnya rencana ke semarang ditunda, soale sikile pegel2.

  7. Untuk toggle switch (saklar yang pentolannya merah) menurut saya arus beban maksimal hanya 3A.
    Apakah beban yang diumpankan pada saklar kunci kontak tidak terlalu besar?

    Kalau misal beban cuma kecil saya akan menggunakan relay PCB merk HKE kecil dengan kekuatan arus maksimal pada kontak sebesar 1A.
    Apakah bisa?
    Berapa minimal Ampere kontak yang sudah Kang Ari perhitungkan?

    • untukbesarnya arus di kontak setiap mtr berbeda ada 3 sampai 7 ampere, untuk pemutusan di kabel kontak nggak ada masalah kecuali putus kabel pengapian/koil yg arusnya besar jika pakaisaklar tersebut efek jangka panjang mtr terasa mbrebet terutama saat akslerasi

      • O..gitu ya..
        Sip deh..

        Rencananya saya akan menggunakan saklar bawaan pada Supra X Helm In dengan menambah saklar pada tebeng tapi gak tau arus maksimalnya berapa..
        Saklarnya adalah saklar sein HSX HI, lampu dim HSX HI dan saklar lampu utama pada revo.
        Berapa ampere masing2 saklar tersebut ya mas? Saya ingin tahu, dengan tau beban maksimal saklar tersebut dapat digunakan untuk pengaplikasian yang lain..

      • klo itu kang ari nggak tahu pastinya.tapi jika saklar asli pabrikan pasti aman meskipun buat aplikasi ke mtr lain

      • Mksh sarannya untuk tidak putus kabel pengapiannya… (y)

        O..gitu ya, jadi harus tetap pakai saklar menurut saya..
        Ngomong2 kunci kontak Supra X Helm In ada berapa kabel dan memutus kabel apa ya?
        Apakah sama seperti di atas yaitu memutus kabel positif? (karena motor Injeksi jadi saya tanyakan).
        Dan apakah membuat saklar rahasia seperti yang Kang Ari contohkan di atas tetapi menggunakan tombol lampu Dim (tombol tipe sama dengan yang digunakan untuk mengatur lampu jauh atau dekat) yang ditambahkan sendiri kuat atau tidak saklarnya karena tidak tertulis berapa ampere beban maksimalnya jadi yang dikhawatirkan saklar tersebut tidak bertahan lama..
        Bagaimana perkiraan Kang Ari?

        • kalo saklar rahasia pakai tombol dim bisa jg dan tdk masalah untuk amperenya untuk kualitas pabrikan pasti kuat dan tahan lama.
          untuk kabel positif warna merah-hitam.

  8. yah disemua kunci rahasia memang bisa memotong ground cdi atau juga memotong koneksi dari aki ke kontak dan ke cdi .

    tapi punya saya aman² aja tuh make modul dengan memotong ground cdi .. saya comot dari website dan saya kembangkan sendiri dengan sedemikian rupa sampai tahap penyempurnaan !!

    kalau pake saklar ribet harus buka jog motor atau dimanapun untuk mengaktifkan source untuk menyambungkan dengan konektivitas motor !!

  9. Kang ari ane aplikasiin sekemanya di cb150 kok gk berhasil ya..pas saklor on kontak belum di on udah bunyi duluan..??saranya dong makasih

  10. Dl sy pernah pasang di vega r dgn motong kabel massa cdi n pake saklar 3 kaki, pake klakson bs.
    Skrg pgen di mio j apa bs? Kan sistem injeksi beda.

  11. vixion nvl udah pake cara ini 2thn.tapi udah ilang tgl 2-3-15…yg pakai cara ini usahakan jgn ada tmen yg tau tmpat saklar dan jgn sampai terlihat jelas saat nyentil saklar…resikonya kalau ada yg tau ya kaya saya ini…cicilan tinggal 3x eeeee d mbat maling

  12. Kang ari. Bleh minta skema kunci rahasia dan cara pemasangan buat old vixion dan mx gak kang, karena gmbar diatas udah gak tampil kang, expired kyknya ? uda 2x di jebol nech motor tapi motornya msh syg sama saya jd gak lari dia. Hehe

    Lewat email aja kang, arifbud27@gmail.com
    Makasi kang sebelumnya

  13. Pengaman sepeda motor dengan sistem sensor, tidak merusak pengapian sepeda motor. Prinsip kerja apabila kunci kontak dalam posisi ON, kalau sensor tidak disentuh dalam waktu 2-5 detik, maka sepeda motor akan mati dan alarm akan berbunyi. HARGA PROMOSI Rp. 75.000. info lebih lanjut hub: 0813 6336 6235

  14. Nice info kang ari, untuk alarm sederhana di 2013 nya…..
    Untuk alarm sederhana di 2016 keywordnya reed switch kang atau pengaman motor dengan saklar magnetik…….
    kunci ketinggalan di motor juga ga akan bisa hidup mesin motornya
    yang penting ga di gotong ke mobil box hahahahhh……
    di rampok kasih aja kunci motornya sambil kita lari menjauh n cari bantuan……. tapi ya jangan sampe juga sih di rampok ehehehhh , cuma buat jaga2 doank koq…..
    berikut videonya kalo mau lihat cara kerjanya

        • Dri pda bingung2…mending putus kabel koil…
          Pakein dech saklar gantung…
          Bertahun2 ane pake cara ini,ga prnh ada mslh…
          Aman2 za…
          3 atau 4 bulan sekali ane ganti saklarnya…murah koq.cuma 2ribu di toko listrik.ane beli 2 buat serepnya 1.truh dibawah jok.aman koq.
          Kalo motor honda vario atau beat yg klo distandrin kaki 1,motor nya ga bisa dihidupin.putus za kabel yg ada di dkt stndr nya…pakein dech tuch saklar.honda beat ane alhamdulillah aman terkendali.maling bisa bawa motornya.asal kuat dorongnya.hahaaaa
          Skedar share pengalaman ane za nih brooooo.

  15. @Kang Ari mau tanya, untuk motor pengapian ac kalau diputus massa cdi pakai saklar yang ada di stang motor apa gak pengaruh di pengapian yaa?? Soalnya kan kabelnya panjang jadi arus mengalirnya semakin jauh

Ketik Komentar Anda