ktm indonesia

ARIPITSTOP.COM – Motor dalam kondisi standar tanpa ada modifikasi apapun tapi knalpot nembak2 dibarengi juga dengan kondisi langsam yang tidak stabil alias mbrebet, bahkan intensitas nembaknya terlalu sering, ini yag baru saja terjadi pada motor matic saya yang masih memakai karburator.

Setiap selongsong gas diturunkan langsung deh knalpot nembak2 bahkan tak jarang mesin langsung mati. Heeeem… ada yang aneh, kemudian motor saya bongkar dan ternyata permasalahannya cuma sepele.

Selang vakum yang ada di manifol sudah sobek alias bolong, selang vakum yang bolong ini berfungsi untuk menyedot bbm yang ada di tangki agar bisa turun ke karburator. Jika terjadi kebocoran maka  manifold mengalami kebocoran vakum yang mengakibatkan proses pencampuran bahan bakar dengan udara tidak bekerja dengan baik, serta suplai bbm (campuran bahan bakar + udara) ke ruang bakar menjadi tidak normal sehingga pembakaran tidak sempurna dan terjadilah nembak2.

Selain itu jika selang vakum ini sudah bocor parah bahkan sampai putus maka bensin di tangki tidak bisa turun ke karburator dan hasilnya motor akan mogok.

Lihat penampakan selang vakum yang bocor tersebut :

Lalu bagaimana solusinya ?, ya ganti selang vakum yang baru, tapi kalau kepepet karena beli selang vakum ke bengkel ternyata habis atau lagi kepepet karena motor mogok di jalan, maka bisa dengan memotongnya jika panjang selang masih dalam toleransi. Seperti yang saya lakukan ini, untuk kondisi darurat karena mau beli selangnya tapi posisi bengkel agak jauh, jadinya saya potong dulu aja.

Kondisi selang vakum seperti ini berlaku untuk semua motor yang masih memakai karburator, baik itu matic, bebek atau sport semua sama, kondisi selang vakum tidak boleh bocor. Srlang vakum bisa bocor atau sobek karena faktor umur, semakin lama semakin getas atau faktor eksternal lain misalnya digigit tikus.

Semoga bermanfaat.

7 KOMENTAR

  1. Wah, betul ini mah, ngalamin juga saya di Jupe lawas lansiran 2003. kebetulan sudah berumur 8 tahunan selangnya alias sudah getas. akhirnya mogok ditengah jalan dan minta bantuan dorong smpe pulang kerumah.

Ketik Komentar Anda