ARIPITSTOP.COM – Solo Ride Jakarta Himalaya yang dilakukan oleh bro Gunadi memakai motor Viar Vortex sudah sampai di daerah Manali India, disini hanya berjarak 400 km lagi menuju Himalaya sebagai tujuan utama dari Solo Ride yang dilakukan oleh Gunadi menggunakan motor Viar Vortex. Tak mudah melakukan perjalanan touring melewati berbagai negara yang situasi dan kondisinya tidak bisa kita tebak, seperti yang terjadi kali ini, tanah longsor menyebabkan perjalanan ke Himalaya harus memutar jalan.

Gunadi yang merupakan ketua komunitas Freeriders akan melakukan perjaIanan antar negara dengn menempuh jarak 15.000 kilometer selama 70 hari yang direncanakan akan tiba di Himalaya pada peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2018. Namun jika melihat kondisinya sepertinya Gunadi akan tiba lebih awal dari jadwal karena sudah tinggal 400 km lagi sedangkan ketika tiba di Manali baru tanggal 28 September 2018. Meski begitu perjalanannya tak begitu mulus… tanah longsor akibatnya, Gunadi terpaksa harus putar balik dan mencari rute lain. Padahal, titik terakhir pemberhentiannya di Manali hanya tinggal berjarak 400 kilometer dari Himalaya.

Setelah dua hari menunggu di Manali (Kaki Pegunungan Himalaya), ternyata disaster/bencana alam di Rohtang & Keylong tak kunjung reda. Sebelumnya 3 hari lalu Manali diterjang banjir, jembatan yang menghubungkan Kallu dan Manali lumpuh total. Namun motor Indonesia masih dapat lewat karena kebaikan polisi di sana.

Suhu udara di Manali saat ini mencapai kisaran 10-15 derajat celcius, masuk musim dingin dan musim hujan. Meskipun siang hari, namun dinginnya bukan main. Setibanya di Manali, lagi-lagi longsor salju terjadi di Keylong dan Rohtang, sehingga satu-satunya jalan menuju Himalaya putus total, ditutup untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Eksodus para turis dan bikers yang akan menuju Himalaya pun terjadi dan mereka akhirnya balik kanan.

“Ada satu opsi lagi yaitu putar balik dan putar arah melalui Jammu- Srinagar dan kemudian masuk ke Himalaya (Khardungla/Leh), meskipun harus menempuh perjalanan sejauh hampir 1000 km. Padahal lokasi @thegunrider siang tadi menuju Himalaya hanya tinggal 400 km lagi, namun apa boleh buat.” ujar Gunadi.

Gunadi juga menuturkan bahwa di daerah Srinagar adalah wilayah India yang berbatasan langsung dengan Pakistan, sering terjadi blokade militer di sana, bahkan di jalanan India ini banyak juga hewan2 ternak yang melintas di jalanan yang sudah pasti perjalanan touring seperti ini harus ekstra waspada.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini