ARIPITSTOP.COM – Di Jepang yang merupakan penguasa pasar motor di Indonesia, justru penjualannya sangat jauh tidak laris dibandingkan Indonesia, karena masyarakat di Jepang lebih memilih transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi. Sebagian besar masyarakat Jepang, lebih memilih transportasi umum, seperti kereta api, bus, atau bahkan taksi.

Jangan heran kenapa sangat sedikit masyarakat Jepang yang memakai motor atau memakai mobil pribadi karena jika belum punya SIM tidak akan bisa membeli kendaraan. Proses pembuatan SIM juga tidak mudah, sebenarnya prosesnya hampir sama seperti di indonesia, ada teori, praktek namun disana dipastikan pelaksanaan ujian SIM sangat ketat. Bukan hanya itu saja, biaya untuk membuat SIM itu sangat mahal banget, calon peserta ujian harus menyiapkan dana sebesar 350 ribu yen. Kalau dirupiahkan itu setara dengan Rp 46 jutaan. Bandingkan dengan di Indonesia yang cuma ratusan ribu rupiah. Dan itupun belum tentu bisa langsung lulus ujian.

Dan perlu kita ketahui kalau SIM Internasional buatan Indonesia tidak berlaku di Jepang, Kepolisian Jepang tidak mengakui SIM apapun buatan Indonesia, jadi jangan berharap biker Indonesia bisa melenggang bebas naik motor di Jepang.

Budaya di Jepang memang sangat jauh dibandingkan dengan Indonesia, mereka sangat tertib, pengalaman pribadi ketika saya ke Jepang dketika itu saya dan rombongan berada di dalam mobil menuju ke pabrik Suzuki di daerah Hamamatsu. Sepanjang perjalanan kita melihat keanehan ketika ada beberapa motor di belakang mobil kita yang tidak mau menyalip hingga lama banget padahal kondisi jalanan tidak begitu ramai, ternyata motor tersebut menunggu kondisi jalan benar2 tidak padat baru mau menyalip dan itu dilakukan oleh hampir semua motor yang lewat. Dan merasa aneh karena motor yang lewat bisa hitung dengan jari.

Lebih aneh lagi ketika berada di lampu merah, tidak ada motor yang berhenti tepat di samping mobil, tapi mereka berhenti di belakang mobil. Kalau di Indonesia, setiap lampu merah justru layaknya start balapan MotoGP.

Bisa dilihat dari video dibawah ini yang menunjukkan betapa tertibnya para biker di Jepang…

Berikut videonya, via hp klik disini

4 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda