ARIPITSTOP.COM – Suzuki Nex II saat ini memang menjadi motor matic paling murah dikelasnya, namun dengan harga murah tentu ada konsekuensinya yaitu soal fitur yang memang belum bisa head to head dengan kompetitornya saat ini yaitu Mio M3 dan Honda Beat. Tetapi buat para owner Suzuki Nex II jangan berkecil hati, karena motor matic ini bisa terpasang fitur2 yang sudah ada di motor matic lainnya seperti fitur Parking Brake Lock dan Side Stand Switch (SSS).

Adalah bro Mamet Rahardi via lini masa facebooknya memamerkan hasil modifikasi Suzuki nex II yang sudah terpasang dengan fitur penting bagi motor matic. Dan asiknya adalah pemasanganya cukup mudah bahkan terbilang plug and play alias PNP alias langsung pasang.

Kalau kita melihat hasil modifikasi yang ada di motor ini sebenarnya bukan hanya kedua fitur itu saja namun ada beberapa penggantian part genuen motor Suzuki lain yang terpasang seperti velg, disc brake, sok belakang juga terlihat diganti pakai KTC. Coba intip detail modifikasinya :

  1. Parking Brake Lock SGP Suzuki Address
  2. Side Stand Switch SGP Suzuki SkyWave
  3. Lampu LED SGP Suzuki Nex II
  4. Disc Brake SGP Suzuki Spin
  5. Dudukan kaliper custom
  6. Velg CW (Casting Wheel) SGP Suzuki Nex Fi
  7. Shock belakang KTC

Mari kita lihat masing2 part modifikasinya :

Yang pertama adalah Parking Brake Lock, pemasangannya PNP sangat mudah sekali karena subtitusi pakai motor Suzuki Address, bisa dipasang sendiri. Satu set harga Parking Brake Lock dengan kode part 57500-39J20-000 hanya dibanderol Rp. 72.000,-.

Kemudian lanjut ke Side Stand Switch, untuk pemasangan fitur ini memang perlu penyesuaian di bagian dudukan saklarnya. Jadi untuk memasang fitur ini kita harus beli dulu standar samping dan saklar milik Suzuki Skywave. Untuk standar sampingnya dengan kode part 42310B13H00N000 dibanderol Rp. 50.000,- kemudian untuk saklar standar sampingnya dengan kode 37840-24F00-000 dibanderol Rp. 324.600,-.

Untuk pemasangan tidak bisa langsung PNP kecuali standar sampingnya, untuk saklar standar samping perlu penyesuaian dudukannya dengan cara dilas, serta perlu penyesuaian di bagian kabel agar motor bisa mati ketika standar samping diturunkan, terserah mau mutusin kabel pengapian atau bisa juga mutusin kabel kunci kontak.

Lalu kita bisa lihat modifikasi lainnya di motor ini namun bukan merupakan fitur wajib karena hanya sebagai contoh modifikasi agar motor tampil beda saja.

14 KOMENTAR

  1. Kalo yg pertama fitur yg jarang kepake, bahkan gak ingat ada fitur itu. Yg kedua pasti kepake kalo parkir, tapi kadang malas pas mau nutup pagar harus dimatiin lagi mesinnya, akhirnya malah di standar 2 dan tambah repot (geblek😂)
    Tapi yg penting ada harusnya ada fitur netral kayak vespa corsa, lebih aman kalo misalnya tuas gas ketarik sama anak kecil.

  2. mas ari apakah aman untuk pengereman dalam waktu jangka panjang jika pemasangan PBL di motor yg tidak ada PBL nya? saya pngin sekali pasang PBL di nmax . hehe

Ketik Komentar Anda