ARIPITSTOP.COM – Meski Romano Fenati sudah menyatakan dirinya akan libur dari dunia balapan hingga 5 tahun kedepan dan fokus untuk pendidikannya, namun pihak FIM punya pendapat lain. Lisensi balap internasionalnya resmi dicabut Federasi Balap Motor Internasional (FIM) pada Jumat (21/9/2018), namun ini hanya bersifat sementara berlaku sampai akhir tahun 2018 saja.

Hukuman itu dijatuhkan atas ulah berbahaya Fenati saat balapan Moto2 San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018). Dia menarik tuas rem pembalap Forward Racing, Stefano Manzi, saat balapan berlangsung. Pengawas balapan mengeluarkan bendera hitam untuk mendiskualifikasi Fenati dari balapan.

Hujatan serta berbagai hukuman terus mengalir buat Fenati, Marinelli sebagai timnya langsung memutus kontrak Fenati. Produsen motor Italia, MV Agusta, juga membatalkan kontraknya dengan Fenati yang baru dimulai pada 2019. Dan federasi balap Italia langsung mencabut lisensi balapnya dan yang terakhir pihak FIM juga sudah memberikan keputusannya.

Berikut pernyataan FIM yang diumumkan di MotoGP.com :

“Pada pertemuan dengan Fenati (di Jenewa Swis, 18 September), perwakilan FIM menegaskan perhatian mendalam Federasi pada keselamatan seluruh pembalap dan peserta lain di kompetisi balap motor. Mereka juga menegaskan pentingnya fair play di balap motor,”

“Meski mengetahui kedua pembalap, terutama yang bersaing di level tertinggi, pasti menjadi subyek tekanan di dalam dan luar lintasan, FIM tetap mengingatkan Fenati atas pengaruh atlet papan atas terhadap fans dan anak-anak muda. Mereka diminta bertanggung jawab untuk memberi contoh baik pada masa mendatang.”

“Menyusul diskusi dengan pembalap dan perwakilannya, FIM memutuskan untuk mencabut izin membalap Fenati hingga akhir musim. Lisensi baru FIM untuk 2019 bisa diberikan tergantung dengan regulasi,”.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini