ARIPITSTOP.COM – Dalam dunia sparepart ada istilah slow moving dan fast moving, slow moving artinya sparepart motor yang lama habis dipakai atau bukan termasuk sparepart yang diganti secara periodik, contohnya adalah cover body, speedometer, headlamp, dll. Sedangkan untuk fast moving adalah sparepart yang cepat habis dipakai atau yang harus diganti secara periodik, contohnya kampas rem, busi, oli, filter oli, dll.

Saat ini saya akan membahas sparepart fast moving dari motor Suzuki GSX-R150 terlebih dahulu, ketika melihat harga sparepart fast moving melalui website resmi Suzuki memang saya agak terkejut karena ternyata harga part fast movingnya lumayan murah2, apalagi ketika melihat harga filer olinya yang cuma 8ribuan saja, bandingkan dengna kompetitor yang harganya hampir 30ribuan. harga kampas rem baik depan atau belakang ternyata juga bersaing dengan harga kompetitor, lebih murah meskipun selisihnya tidak begitu banyak.

Berikut harga sparepart fast moving dari GSX-R150 per bulan September 2018 :

Yap, untuk harga filter oli dari GSX-R150 ternyata cuma Rp 8.100 saja, filter ini cukup diganti setiap 8ribu km atau 8 bulan sekali jika motor jarang dipakai. Kemudian untuk filter udara yang dibanderol 61ribu harus diganti setiap 12.000km menurut buku petunjuk servis.

Lanjut harga kampas rem depan sebesar 57ribu sedangkan untuk kampas rem belakang Rp 59.500, untuk kampas rem sendiri harus selalu kita cek ketebalanya karena tingkat keausannya tergantung dari cara kita berkendara.

Kemudian untuk komponen kampas kopling cukup murah juga, kampas kopling di GSX-R150 memakai 5 pcs dengan banderol Rp.28.500 setiap satu bijinya artinya satu paket dibanderol Rp.142.500.

Untuk bagian gear set sayangnya saya belum mendapatkan harga satu paket, disini saya ambil untuk harga eceran per itemnya yaitu gear depan 30ribu, gear belakang 82ribu dan untuk harga rantainya 260ribu.

Lalu untuk harga oli SGO untuk GSX-R150 Rp.58.500 yang kapasitasnya sudah 1,3 liter yang bisa dipakai sampai 4ribu km, namun untuk lebih aman untuk pemakaian oli mesin di semua tipe motor sich lebih baik setiap 2ribu km itu sudah diganti.

Lanjut untuk harga air radiatornya dibanderol 44ribu, jangan lupa air radiator diganti maksimal 12 ribu km, penting ini jangan sampai lupa.

9 KOMENTAR

  1. Di negara yg masyarakatnya masih byk males utk terbiasa ilmiah, riset, cari info & buktiin sendiri dari sumber kredibel,
    word of mouth, apa kata orang – dari tetangga, knalan, temen, orang di pinggiran jalan, sodara, tukang warung masih lebih kuat dari fakta.

    Buktinya sampai hari ini mayoritas masih percaya & terus sebarkan statement suzuki sparepartnya mahal2

  2. Dulu memang terkenal mahal spare part Suzuki, sekarang mereka sudah bisa bersaing koq harga spare part nya, malah sekarang menurut saya spare part yang mahal itu Honda.

    • Bukan jaman sekarang boss,,,

      Jaman masih pake Astrea Grand, spare part honda sudah mahal pake banget,,,,,temen ane yg pake New Suzuki Shogun waktu beli gear set original SGP,,,,harganya terpaut 30%

      Makanye ane murtad pake Suzuki,,,,lumayan 15 tahon buat kerja, buat kurir kirim barang, blum pernah ganti kampas kopling

      Mesin generasi Shogun kebo sampai smash Titan,,,mesin nya bagus,,,klo generasi Shooter ane blum tahu boss

Ketik Komentar Anda