ARIPITSTOP.COM – Hari ini ketika browsing di beranda facebook, saya melihat hal yang menarik dishare di sebuah grup, disitu memperlihatkan kondisi CVT motor matic yang sudah hancur terlebih lagi melihat kondisi kampas kopling atau kampas gandanya. Melihat kondisi parahnya kampas ganda, bisa diputuskan hal itu karena efek pemakaian yang salah.

Kenapa kondisi cvt bisa rusak parah terutama bagian kampas kopling bisa hancur lebur bahkan menjadi bubur… hal itu akibat cara pemakaian motor yang salah, kondisi seperti itu akibat dari gas dan rem bekerja bersamaan artinya kita bejek gas sambil mengerem dan dilakukan terlalu sering bahkan terus menerus. Haram hukumnya menarik gas sambil menekan tuas rem di motor matic.

Kenapa handle rem haram ditekan saat jalan normal ? kampas kopling berputar sesuai putaran naik turun RPM mesin, sedangkan fungsi kampas kopling adalah mengkopel (menghubungkan) putaran v-belt (mesin ) ke roda belakang melalui rumah kopling, rumah kopling berputar karena digerakkan oleh kampas kopling, karena rumah kopling berhubungan langsung dengan roda belakang maka saat kita tekan rem maka roda belakang akan berhenti begitu juga dengan rumah kopling ikut berhenti juga.

Oleh karen aitu, ketika kita tarik gas maka putaran kampas kopling akan semakin besar sedangkan jika tekan tuas rem maka roda belakang berhenti (kec. berkurang) otomatis rumah kopling juga ikut berhenti, jika kampas kopling terus berputar sedangkan rumah kopling dipaksa berhenti maka akan terjadi gesekan berlebih dan semakin lama akan timbul panas yang berlebihan, jika panas yang timbul diluar daya tahan kampas kopling (kampas kopling berbahan babet cor yang mudah meleleh) maka kampas kopling akan cepat habis dan pasti akan hancur. V-belt juga pasti akan cepat aus dan mudah putus bahkan kampas kopling bisa meleleh menjadi bubur.

Kejadian seperti ini sering dilakukan oleh kaum hawa, kok tahu ?, pengalaman pribadi ketika mengerjakan motor seperti ini rata2 dipakai oleh ibu atau mbak2 terutama yang lagi belajar naik motor. Mereka takut motornya nyelonong, akhirnya ketika motor jalan sambil menarik tuas rem.

10 KOMENTAR

  1. wajib ganti Honda… karena Honda itu KEKUATAN DAN KEAWETAN nya diatas rata2 motor Yamaha/Suzuki/Kawasaki/Mocin. Karena kata ngepbeha sendiri, gak ganti oli 2 tahun aja motor msh bisa ngebut dan ratusan km di tempuh.

    Cuma Honda yg bisa begitu, gak percaya? tanya aja ngepbeha

  2. Jadi ada istilah gas pol rem pol itu ada nyata efeknya ya kang. Berarti ini kan hanya untuk rem belakang saja ya , untuk rem depan buat burn out misalnya ya g berlaku yak.

  3. Untung jarang pake rem Belakang …
    Tapi beda lagi kalo pake motor matic,, rata² kali pake rem depan gak se stabil motor naked / sport …

Ketik Komentar Anda