ARIPITSTOP.COM – Ketika pertama kali melihat penamakan speedometer ini sudah tidak asing lagi namun agak heran kok ini terpasang di motor bebek, akhirnya rasa penasaran hilang setelah sang pemilik motor buka suara kalau motor ini adalah hasil modifikasi speedometer Suzuki GSX-R150 dipasang di Yamaha FizR.

Unik ya… motor 2T jadul menjadi kekinian setelah memakai speedometer digital milik GSX-R150. Inilah salah satu solusi jika aparepart motor sudah tidak lagi diproduksi oleh pabrikan, karena biasanya para pabrikan hanya menjamin ketersediaan sparepart sampai 10 tahun setelah motor itu stop produksi, jadi semakin tua maka semakin langka ketersediaan sparepartnya dan kita harus pintar2 cari solusinya.

Mungkin yang menjadi solusi salah satunya adalah dengan memodifikasi memakai part motor lain, seperti yang terjadi di motor FizR ini, unikkan… dan bisa terpasang pas banget ya… pastinya harus mengakali dudukan di batok kepala agar speedometer terpasang sempurna.

Lalu apakah fungsi speedometer berjalan layaknya motor GSX-R150 ?, tidak semuanya kang bro… tapi sebagian besar akan berfungsi. Seperti fungsi dari tachometer yang ada di paling atas, bisa berfungsi karena tinggal sambungin kabel saja ke kabel spull atau koil, kemudian untuk speedometer juga bisa digunakan dengan mengakalinya, agak ribet banget sich karena di FizR pakai manual sedangkan untuk speedometer GSX-R150 memakai sensor yang tersambung ke girbok belakang. Trip A dan Trip B sudah pasti bisa jalan jika fungsi speedometer bisa berjalan begitu juga dengan indikator interval oli karena bertumpu pada fungsi speedometer.

Fungsi jam juga bisa digunakan, begitu juga dengan indikator bensin juga bisa digunakan tinggal ngakalin/seting ketinggian pelampung saja. Untuk indikator gigi agak ribet ngakalinnya, karena switch gigi yang ada di FizR hanya tersedia Netral dan Top Speed saja, biasa sich diakalin mungkin pakai switch netralnya milik Jupiter Z yang sudah komplit ada indikator dari gigi 1 sampai 4.

Nach, yang tidak akan bisa berfungsi sama sekali adalah indikator injeksi dan indikator suhu dan indikator RPM yang ada di paling kanan. Tetapi indikator suhu atau injeksi bisa digantikan untuk memfungsikan indikator oli samping, karena motor FizR punya indikator oli samping tuch…

Kayaknya trik ini ini bisa juga tuch dipakai motor bebek2 lainnya…

9 KOMENTAR

  1. Keren…… Sempet pengen pasang model gini tp bingung perkabelanya.
    Boleh tuh kang Ari bikin artikel wiring spidometer2 full digital biar yg mw modif kaya gini gk susah nyari referensi nya.

Ketik Komentar Anda