ARIPITSTOP.COM – Galang Hendra Pratama siap mengikuti seri ke-7 World Super Sport 300 (WSSP300) di Sirkuit Portimao, Portugal (14-16 September). Ini kompetisi yang dihajat bersamaan dengan World Super Bike (WSBK) 2018.

Tentu saja, semangat optimis Galang Hendra Pratama yang berusia 19 tahun menguat setelah menjalani persiapan yang matang, baik secara fisik ataupun mental. Selama liburan (musim panas Eropa), rider asal Yogyakarta tersebut mengikuti balap bergengsi Campionato Italiano Velocita (CIV) kelas Super Sport 300 (SS300) di Sirkuit Misano, Italia, Minggu (29 Juli 2018).

Galang Hendra juga semakin termotivasi untuk meraih prestasi lebih baik setelah Minggu kemarin (9 September) mendapat penghargaan sebagai Pelaku Olahraga Terbaik 2018, yaitu Olahragawan Berprestasi Balap Motor. Apresiasi ini diberikan langsung oleh Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dalam acara Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 di Ternate, Maluku Utara.

Pada bagian lain, pengalaman saat bertarung sebagai wild-card WorldSSP300 tahun lalu di trek yang sama (Portimao) juga menjadi pelajaran dan pengalaman berharga. Galang Hendra sempat berada di posisi ke-6 barisan depan sebelum mengalami kendala pada perangkat elektronik hingga tidak dapat melanjutkan race. Langkah perbaikan di beberapa sektor lintasan akan dilakukan dan terus dievaluasi hingga catatan waktunya menjadi lebih baik.

Saat ini Galang Hendra ada di peringkat ke-6 klasemen sementara WorldSSP300. Potensi untuk meningkatkan posisinya begitu besar. Mengingat gap atau jarak poin dengan peringkat ke-3 (Borja Sanchez) hanya 6 poin saja. Tentu saja, Galang Hendra masih memiliki peluang yang besar dan akan berupaya untuk menaikkan peringkatnya dan konsisten mempertahankan posisinya sebagai pembalap terbaik yang menggunakan Yamaha YZF-R3.

“Tahun kemarin saya pernah riding di Portimao saat wild card pertama kali WorldSSP300. Untuk karakter sirkuit saya sudah mengetahuinya dan saya ingin lebih cepat lagi. Persiapan fisik pun sudah saya lakukan dan saat ini lebih refresh karena telah menjalani latihan di Jogja dan bertemu keluarga juga. Persiapan motor yang lebih baik juga sudah dilakukan tim saya,” ungkap Galang Hendra Pratama.

Sirkuit Portimao memiliki panjang 4,592 km dengan banyaknya tikungan-tikungan tajam. Total tersaji 15 tikungan, masing-masing 9 tikungan ke-kanan dan 6 tikungan ke kiri. Adapun jadwal latihan bebas 1 dan 2 (FP1 & FP2) WorldSSP 300 Portimao akan berlangsung Jumat (14 september), kemudian Sabtu sesi kualifikasi dan Minggunya race sekitar pukul 18.35 WIB.

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda