ktm indonesia

ARIPITSTOP.COM – Siapa yang tidak tahu dengan motor jambret ?, sampai emak2 pun pasti tahu betapa melegendanya motor 2T yang satu ini. Yap… Yamaha RX King yang lahir di tahun 1983 atas tangan dingin 3 orang konseptor Nobuo Aoshima, Chikao Kimata, dan Motoaki Hyodo. Sayangnya, sepak terjang RX King harus berakhir tepatnya pada 2009 silam menyusul adanya regulasi larangan mesin 2T berkeliaran di jalan.

Diproduksi selama 26 tahun dan hingga kini sudah melewati masa 9 tahun setelah dihentikan produksinya. Yamaha sejak dulu selalu berkomitmen bahwa motor yang dihentikan produksinya maka akan dijamin ketersediaan sparpartnya hingga 10 tahun setelah stop produksi, artinya… ketersediaan sparepart RX King akan berakhir di tahun 2019, alias setahun lagi.

Rencana penghentian spare part tersebut diungkapkan Manager Public Relation PT YIMM, Antonius Widiantoro. Meskipun tidak dipungkiri kalau motor ini terus diburu kolektor bahkan nilai angka penjualannya mencapai angka yang fantastis bisa ratusan juta rupiah.

“Saya tahu RX King kini menjadi motor yang sangat fenomena, harga jualnya dari puluhan juta bahkan ratusan juta, hal itu jadi motivasi bagi Yamaha untuk menciptakan motor terbaik lagi seperti RX King,” tutur Anton kepada Sindonews di Yamaha Flagship Shop Jakarta.

“Yamaha hanya menyediakan komponen RX King selama 10 tahun karena tentunya Yamaha pun mengikuti aturan emisi dan perkembangan zaman. Nantinya jika sudah setop produksi onderdilnya, pengguna RX King bisa mencari dari Aftermarket atau label racing yang menyedikan onderdil RX King,” tegas Anton.

Lalu bagaimana setelah sparepart RX King mulai dihentikan produksinya ?, praktis para pemilik motor RX King hanya mengandalkan stok2 sparepart asli yang masih ada di toko2 dealer2 sparepart motor, jika stok sparepart asli sudah habis maka hanya mengnadalkan part2 kw atau part racing yang biasanya justru masih terus diproduksi meskipun memang agak susah untuk mencarinya.

Apakah akan mempengaruhi harga motor bekansya atau harga NOS ?, sudah pasti… prediksi saja justru harganya akan semakin mahal karena semakin langkanya RX King di jalanan.

3 KOMENTAR

  1. Susah sih kagak klo KW mah cuma ya itu, kualitasnya dibawah jauh yg original Japan, bahkan ama Lokal pun jauh sekali. YGP/SGP lokal masih jauh lebih baik drpd KW.

Ketik Komentar Anda