ARIPITSTOP.COM – Bagi biker yang doyan modifikasi biasanya yang paling sering diganti2 adalah bagian filter udara, bukan hanya sekedar filternya saja namun secara keseluruhan beserta boxnya. Hati2 buat yang suka melepas box filternya karena biasanya disitu ada selang pernafasan yang tersambung ke bagian mesin. Untuk selang pernafasan mesin pada jenis motor jaman dulu kebanyakan dibiarkan saja keluar ke bawah, tapi jika kita lihat pada mesin saat ini kebanyakan selang tersebut masuk ke box filter udara.

Selang pernafasan pada mesin berfungsi agar tidak ada tekanan di ruang mesin alias agar tidak hampa udara karena suhu di dalam mesin begitu panas, jadi selang ini menjadi tempat bersirkulasinya udara didalam mesin. Dan fungsi lainnya sebagai pendingin mesin maksudnya pendingin saat udara panas dari dalam mesin keluar disalurkan ke ruang box filter.

Lobang selang pernafasan biasanya ada di tiga lokasi, yang pertama ada di atas crankcase menuju ke bawah mesin, kemudian diatas crankcase menuju box filter udara dan dari tutup keteng atau cylinder head menuju box filter udara.

Kemudian khusus untuk motor matic terdapat selang pernafasan tambahan yang ada di girboks belakang, biasanya di samping roda belakang ada selang kecil menuju box filter udara atau ke cvt.

Lalu bagaimana jika selang ini tersumbat atau justru secara tidak sengaja karena ketidak tahuan akan fungsinya justru memang sengaja disumbat. Efeknya adalah seal2 yang ada di crankcase atau mesin akan bocor, bahkan bocornya ini biasanya kompak akan bocor semua, akibat tidak kuat menahan tekanan yang terlalu kuat di ruang mesin akibat selang tersumbat.

Kemudian efek lainnya adalah suhu mesin akan cepat panas, alhasil mesin menjadi overheat dan kinerja mesin jadi terganggu.

Lalu selang pernafasan mesin ini juga sampai pecah atau bocor, bahkan malah sengaja dilepas… bahaya juga, karena jika selang ini pecah atau malah dilepas, maka air akan mudah masuk ke ruang mesin, hasilnya oli akan menjadi milky karena bercampur dengan mesin.

Hal ini juga yang terjadi di bagian girboks CVT, selang pernafasan di girboks lebih sering pecah sehingga air mudah masuk ke gisboks CVT. Efeknya oli girboks jadi milky dan suara di bagian girboks/CVT akan menjadi kasar.

10 KOMENTAR

  1. Mas Ari mau nanya dunk, kalo ganti oli sok depan Jupiter MX lama yg 2S6 di beres, harus buka tebeng depan ngga? atau cukup buka dek tengah aja? terus biayanya berapa? makasih inpohnya

Ketik Komentar Anda